HOME » KOREA
KOREA

China Larang Fanwars dan Voting Berbayar Untuk Dukung Idola, Demi Lingkungan Internet Bebas Fans Toxic

Selasa, 31 Agustus 2021 15:20

(Istimewa)

Kapanlagi.com - Idola itu butuh penggemar. Tapi ada kalanya penggemar juga merusak citra atau image sang idola jika mereka terlibat dengan fanwars atau terlalu toxic. Pemerintah China tampaknya paham soal ini dan mulai membatasi pergerakan para penggemar fanatik di media sosial.

Apa saja yang dilarang di China? Berikut ini beberapa peraturan yang diberikan kepada fans fanatik semua selebritis.

1. Kasus Pembelian Yoghurt Besar-Besaran Untuk Voting

Diawali pada Mei lalu, sebuah video viral di China, tentang pembelian besar-besaran yoghurt Zhenguoli, yang merupakan salah satu produk dari perusahaan susu Mengniu. Mengniu sendiri adalah brand yang men-sponsori acara YOUTH WITH YOU 3, ajang pencarian pembentukan boyband populer di China. Salah satu syarat untuk bisa memberikan banyak voting adalah dengan men-scan barcode di kemasan Zhenguoli. Oleh karena itu fans membeli produk yoghurt tersebut dalam jumlah banyak hanya untuk diambil kemasannya dan isinya dibuang ke selokan. Video viral ini membuat iQiyi, produser YOUTH WITH YOU 3 diminta menghentikan penayangan acaranya, padahal cuma tinggal babak final saja.

2. Fanwars Penggemar Zhao Liying dan Wang Yibo

Beberapa hari lalu, fanwars besar-besaran terjadi antara penggemar aktris Zhao Liying dan aktor Wang Yibo. Penyebabnya adalah rumor kalau mereka akan reuni di drama baru. Beberapa fans Zhao Liying merasa nggak bahagia jika sang idola main bareng dengan Wang Yibo lagi dan membuat kampanye untuk melakukan pemboikotan serta memulai perang antar penggemar di Weibo.

Setelah kejadian tersebut, beberapa fansite Zhao Liying di-mute oleh Weibo. Akun Weibo studio Zhao Liying juga di-mute selama 15 hari karena dianggap tidak bisa mengendalikan penggemar.

3. Selebritis Setuju Kampanye Qinglang

Dari dua kejadian tersebut, Cyberspace Administration of China menyoroti fenomena fandom culture yang dianggap sudah terlalu toxic. Mereka berencana membuat lingkungan internet yang lebih baik, dengan membuat kampanye internet bersih dari fans toxic atau disebut kampanye qinglang.

Agensi Wang Yibo dan Zhao Liying juga memberikan dukungan kampanye qinglang dan meminta penggemarnya untuk berkomunikasi secara kekeluargaan serta tidak melakukan perundungan online. Kampanye qinglang ini mendapat dukungan dari berbagai selebritis top China lainnya seperti Xiao Zhan, artis dari Jaywalk Studio, dan lainnya bahkan memberikan persetujuan dengan menandatangani pernyataan mereka.

4. iQiyi Tak Akan Buat Survival Show Lagi

Tanggal 26 Agustus 2021, iQiyi dan platform streaming lainnya mengumumkan mereka tidak akan membuat  survival show idol lagi dalam beberapa tahun ke depan. Mereka juga berjanji tidak akan mengadakan voting offline lagi, seperti scan kemasan di produk yoghurt yang terjadi sebelumnya.

5. Tolok Ukur Peraturan Buat Penggemar

Tanggal 27 Agustus 2021, Cyberspace Administration of China, mengeluarkan peraturan buat penggemar. Inilah tolok ukur untuk peraturan tersebut:

  • Membatalkan semua peringkat untuk selebritis
  • Memaksimalkan dan mengubah peraturan ranking untuk musik, drama dan film. Like, komentar, dan engagement akan diturunkan porsi kepentingannya serta lebih terfokus pada review dari profesional
  • Mengadakan kontrol yang lebih ketat kepada agensi selebritis.
  • Membuat stardadisasi untuk akun fanbase atau fansite. Tim dari fanbase harus mendapat persetujuan dari agensi. Agensi juga bertanggungjawab untuk mengawasi akun-akun tersebut.
  • Fanwars sangat dilarang.
  • Membersihkan forum yang melanggar aturan seperti melakukan donasi untuk mendukung idola, gosip, dan lainnya.
  • Tidak diperkenankan membuat ajakan untuk membeli barang berbau idola. Penjualan album, barang atau lainnya tidak boleh ditunjukkan kuantitasnya. Aktivitas lain seperti melakukan misi untuk dapat benefit atau apapun yang mengharuskan penggemar mengeluarkan uang, juga dilarang.
  • Pengawasan ketat untuk penggemar di bawah umur.
  • Akan memberikan aturan buat project dukungan dan penggalangan dana untuk idola
 

6. Weibo dan Situs Commersial Data Langsung Gerak Cepat

Setelah ada aturan baru, Weibo mengumumkan penghapusan chart untuk selebritis dan ships (pasangan yang difavoritkan) dari Super Topics mereka. Situs komersial data seperti VLinkage, Xunyi, Powerstar, dan Datawin juga mengumumkan mereka akan berhenti membuat daftar ranking selebritis.

7. Aturan Baru Pembelian Musik Digital

Tanggal 28 Agustus, platform musik QQ Music dan Netease Music memberikan peraturan baru yaitu tiap user hanya boleh membeli satu kali kopi digital. Pembelian ulang kini dilarang.

8. Aturan Penggemar Baru yang Dijelaskan CCTV News

Tanggal 28 Agustus, CCTV News menjelaskan lebih detail tentang aturan baru buat kehidupan di dunia maya yang lebih baik.

  • Anak di bawah umur dilarang ikut dalam project penggemar yang mengharuskan mengeluarkan uang. Mereka juga dilarang menjadi leader di grup penggemar
  • Penghapusan ranking untuk selebritis. Ranking untuk musik, drama atau film tetap diperbolehkan tapi tidak boleh menyebut nama individual
  • Variety show online tidak boleh mengajak penonton untuk mengeluarkan uang. Platform streaming juga dilarang untuk membuat ajakan agar penonton membeli atau menjadi member VIP agar bisa vote idolanya.
  • Fanwars dilarang. Platform tempat terjadinya perang penggemar bisa dapat hukuman berat jika mereka tidak bisa mengatur akun yang melakukan penyerangan atau memulai fanwars.
  • Peringkat untuk drama atau musik tidak diperbolehkan mengajak penggemar untuk voting. Semuanya harus fokus pada kualitas karya idolanya.
  • Grup untuk mengajak penggemar saling like komen (agar komentar bisa jadi top comment), harus dihapus. Begitu juga grup yang mengadakan penggalangan dana. Berlaku juga untuk yang menyebarkan gosip atau penyebaran data.
  • Penjualan album atau produk yang berhubungan dengan idola tidak boleh ditunjukkan jumlahnya. Pembelian individual juga tidak boleh ditunjukkan kuantitasnya.
  • Artis, agensi, fanclub yang memulai fanwar, akunnya akan ditangguhkan, dibatasi, bahkan ditutup.

9.

Gimana komentar KLovers soal ini? Setuju nggak kalau penggemar memang kadang toxic banget? Kira-kira kalau aturan ini diterapkan di Indonesia bakal bisa berjalan nggak ya?

(kpl/pit)


REKOMENDASI
TRENDING