KOREA

Cosplay Karakter Jang Ryong, Akun Instagram Ji Chang Wook Banjir Kontroversi

Rabu, 08 Juli 2020 14:24 Penulis: Wuri Anggarini

(c) Instagram/jichangwook

Kapanlagi.com - Comeback drama pertama setelah wajib militer, Ji Chang Wook memang banyak jadi perbincangan para netizen. Sayangnya, nggak semuanya berupa pujian positif, karena BACKSTREET ROOKIE, drama terbarunya yang sedang tayang di SBS itu sendiri penuh kritikan negatif dari para fans KDrama.

Setelah episode pertama yang diprotes keras netizen Korea karena menampilkan adegan ciuman anak SMA dengan orang dewasa, yang paling baru drama ini dianggap rasis karena menampilkan stereotip kulit hitam lewat salah satu karakternya, Dalshik, yang diperankan oleh Eum Moonsuk.

Ternyata, isu rasis ini nggak berhenti sampai di situ saja. Postingan video terbaru Ji Chang Wook yang cosplay karakter Jang Ryong bersama Eum Moonsuk juga ikutan mendapat kritikan pedas dari fans internasional!

Buat yang belum tahu, Jang Ryong adalah karakter mafia berambut Dora yang diperankan oleh Eum Moonsuk dalam drama THE FIERY PRIEST yang tayang di SBS tahun 2019 lalu. Drama ini disutradarai oleh PD yang juga tengah menggarap BACKSTREET ROOKIE, yaitu Lee Myeongwoo.

Lalu, seperti apa sih postingan Ji Chang Wook yang mengundang kontroversi netizen?

1. Pakai Rambut Dora dan Beraksi Capoeira

Dalam video singkat yang diposting Ji Chang Wook di akun Instagram pribadinya, tampak ia menggunakan wig ala Jang Ryong sambil masih menggunakan seragam ala swalayan 24 jam di BACKSTREET ROOKIE. Bersama Eum Moonsuk yang masih menggunakan ‘kostum’ ala karakter Dalshik, Eum Moonsuk terlihat menunjukkan gerakan capoeira khas yang sering dilakukan Jang Ryong dalam drama THE FIERY PRIEST.

Ji Chang Wook pun mencoba mengikuti gerakan tubuh yang dilakukan Eum Moonsuk dan ternyata sukses. Langsung saja ia mendapat tepuk tangan dari para kru drama yang menyaksikan cosplay ala Jang Ryong tersebut.

2. Dianggap Rasis oleh Fans Internasional

Dua video cosplay ala Jang Ryong yang diunggah oleh Ji Chang Wook di akun Instagram pribadinya langsung dibanjiri komentar pedas fans internasional. Banyak fans yang merasa kecewa dan nggak respek lagi dengan Ji Chang Wook yang dianggap rasis.

Video ini dianggap rasis karena dinilai menghina ras tertentu lewat rambut dreadlocks yang digunakan oleh Eum Moonsuk. Banyak yang menyayangkan Ji Chang Wook yang dianggap kurang sensitif dengan isu Black Lives Matter. Apalagi momen ini berdekatan dengan kontroversi episode BACKSTREET ROOKIE yang dianggap berisi stereotip kulit hitam.

3. Banyak Juga yang Membela Ji Chang Wook

Kolom komentar Ji Chang Wook nggak hanya berisi kritikan pedas dari fans berbagai penjuru dunia kok. Ternyata banyak juga fans yang membela dan mencoba meluruskan maksud dari video parodi tersebut, bahwa Ji Chang Wook dan Eum Moonsuk tidak berusaha menghina ras manapun. Mereka hanya membuat video parodi karakter Jang Ryong dalam drama THE FIERY PRIEST yang memang digambarkan punya rambut Dora yang ikonik. Jadi, video ini sama sekali nggak menyudutkan ras mana pun. Kalau menurut kamu sendiri gimana nih, KLovers?

Lepas dari kontroversi yang ada, aksi parodi Jang Ryong yang dilakukan Ji Chang Wook ini menghibur para penggemarnya, terutama yang sudah menunggu THE FIERY PRIEST season 2. Apalagi banyak yang menilai kalau biarpun pakai wig ala Dora, Ji Chang Wook tetap ganteng dan glowing. Jadi penasaran, kira-kira skincare-nya apa sih?  

(kpl/wri)

Editoraaa: Wuri Anggarini


REKOMENDASI
TRENDING