KOREA

Dari Red Velvet 'QUEENDOM' Sampai NCT Dream 'HOT SAUCE', Deretan Album K-pop Ini Punya Design Unik Yang Nggak Biasa!

Selasa, 07 September 2021 21:10 Penulis: Editor KapanLagi.com

RED VELVET (Credit: Instagram.com/@redvelvet.smtown), NCT DREAM (Credit: Instagram.com/@nct_dream)

Kapanlagi.com - Jika KLovers termasuk penggemar K-pop pasti suka kan membeli merchandise yang berhubungan sama artis atau grup kesukaan kalian? Nah, salah satunya adalah album. Album menjadi satu merchandise yang paling menyenangkan buat di unboxing, betul tidak?

Berbeda dari album musik pada umumnya, album K-pop biasanya datang dengan berbagai macam barang seperti photobook, photocards, stiker dan yang lainnya sebagai bonus. Jadi, selain bisa menikmati musik sang artis, para penggemar juga dimanjakan dengan potret visual menawan dari idola mereka.

Nah, dari banyak album yang pernah dirilis, ada beberapa album yang lebih outstanding dari lainnya. Sudah tahu belum album-album berikut punya design konsep dan kemasan nggak biasa?

1. RED VELVET

Setelah sekian lama absen comeback, girl band RED VELVET meluncurkan album dengan konsep ceria. Terakhir comeback album dengan title track Psycho, mereka baru saja comeback Agustus 2021 lalu dengan album QUEENDOM.

Terkenal dengan konsep yang tak biasa, SM Entertainment juga membuat cover album QUEENDOM lucu nan istimewa. Versi "Girls" dari album ini menggunakan konsep serba pink. Layaknya dimodel seperti kemasan Barbie tahun 90an, designnya cocok banget dengan tema potret teaser mereka.

 

 

 

2. DPR LIVE

Bicara hal-hal unik, memang nggak bisa lepas dari DPR. Album IS ANYBODY OUT THERE? milik DPR LIVE nggak boleh dilewatkan.

Dikemas dengan bahan plastik alumunium berwarna silver yang divakum, LIVE resmi merilis album pertamanya itu. Karena divakum, jadi kamu harus menggunting bagian bawah packaging dan mengeluarkan CD yang ada di dalamnya. Simple but cool, isn’t it?

Eh, tapi jangan berharap banyak ya buat dapat photocard ya. IS ANYBODY OUT THERE? hanya memuat CD dan flash disk aja. Jangan salah, walaupun CDnya hanya berisi 10 lagu, kamu bisa dapet bonus lagu To Anybody Out There yang ada pada flash disknya.

 

 

3. G-DRAGON

Legenda K-pop ini melakukan hal unik pada album terakhir, KWON JI YONG, miliknya. Kalau album K-pop biasanya berbentuk CD, beda banget sama album GD satu ini. Album tahun 2017 lalu ini dirilis dalam bentuk flash disk.

Lebih uniknya lagi, para fans yang beli albumnya bisa mengunduh lagu dari situs resmi dengan nomor seri yang ada di flash disk, tersebut.

Sayangnya meskipun penjualannya membludak dan bahkan berhasil menggeser posisi Ed Sheeran dari puncak chart iTunes, KMCIA—asosiasi industri musik Korea, tak mengakui sebagai album fisik karena formatnya yang tak biasa. Wah, keunikannya certified ya KLovers!

 

 

4. RED VELVET WENDY

Sebelum comeback grup lewat QUEENDOM, Wendy Red Velvet lebih dulu menyapa para fans lewat debut solonya. Pada April 2021 lalu, Wendy merilis mini album pertamanya—LIKE WATER.

Ditunggu debut solonya, LIKE WATER hanya dicetak sebanyak 300 eksemplar hingga disebut-sebut sebagai album Limited Edition di dunia. Tahu apa yang istimewa sampai para penggemar pengen banget punya album ini?

Selain menggunakan konsep warna biru yang mana “warna” dari Wendy, dalam bagian depan casing album ini ada lusinan bunga asli yang disusun indah. Cantik banget kan?

 

 

5. DPR IAN

Setelah album packaging alumunium milik LIVE, sepertinya DPR tetap ingin mempertahankan pride design album unik pada mereka. Berbeda dari rekan satu gengnya—LIVE, DPR IAN memilih konsep design yang lebih normal akan tetapi tetap terkesan eksklusif. MITO atau Moodswings In The Order resmi rilis pada Maret 2021 lalu.

Album milik IAN merupakan satu album simple. Keunikannya terletak pada kemasannya. Jika kemasan album ini dibakar, maka akan berubah dan terlihat tulisan MITO di sana. Selain itu, kalian juga akan menemui cermin pecah ada dalam album satu ini. Keren banget nggak sih?

 

 

6. PENTAGON

Comeback dalam waktu yang bersamaan dengan DPR IAN, boy group dari Cube Entertainment yaitu PENTAGON juga mengeluarkan album yang luar biasa. LOVE OR TAKE milik PENTAGON memang hanya berbentuk layaknya album biasa, akan tetapi album tersebut layak dinobatkan sebagai salah satu album dengan design paling apik tahun ini.

Mau tahu kenapa? Album LOVE OR TAKE dirancang agar terlihat layaknya volume manga di setiap versinya. Terlebih lagi, mereka juga melengkapinya dengan menggambar ilustrasi gaya anime untuk setiap anggota grup. Totalitas benar kan?

 

 

7. NCT DREAM

Album HOT SAUCE versi Jewel Case ini terlihat menggiurkan jika dilihat sekilas. Bagaimana tidak, lihatlah kemasannya yang rame dan colorful! Bukankah itu tampak seperti bungkus jajan ciki?

Eitss, tapi jangan salah. Meskipun dirancang seperti bungkus ciki, track list yang ada di dalamnya nggak main-main bagusnya. Kamu pun bisa lihat daftarnya di belakang dalam bentuk panel informasi nutrisi.

Jadi, setelah lihat album-album unik tersebut… mana yang menurut KLovers paling unik dan berkesan sampai-sampai pengen banget kalian punya?

Artikel ini ditulis oleh: Salafi Mufida Hasna

 

(kpl/mag)


REKOMENDASI
TRENDING