KOREA

Drama 'Kingdom' Netflix, Janjikan Zombie Berbeda Dari Era Joseon

Senin, 19 November 2018 14:45 Penulis: Rahmi Safitri

Kingdom © Netflix

Kapanlagi.com - Drama Korea selalu punya ide terbatu buat jalan ceritanya. Entah itu yang tayang di televisi maupun yang tayang di Netflix. Buat yang terakhir ada satu nih yang wajib untuk ditonton. Judulnya Kingdom, dengan tema sageuk plus zombie serta dibintangi sederet bintang papan atas seperti Bae Doo Na, Ryu Seung Ryong, dan Joo Ji Hoon.

Beberapa waktu lalu, Kim Eun Hee, penulis dari Kingdom menceritakan tentang drama yang dibuatnya ini. Ia membagi kisah tentang dari mana mendapat inspirasi dan kenapa memilih era Joseon sebagai setting waktu dari drama ini.

"Aku pernah membaca buku kuno tentang dinasti Korea yang di dalamnya menyebutkan pernah ada wabah tanpa nama yang membunuh banyak orang saat itu. Dari situ, aku membayangkan wabah apa, penyakit apa yang menjangkiti orang-orang saat itu. Bisa saja wabah tersebut menjadikan orang seperti zombie seperti dalam serial KINGDOM ini. Dari situ imajinasiku berasal," kata sang penulis.

"Era Joseon aku pikir sangat pas menggambarkan masa-masa yang berat dan penuh kesusahan. Aku rasa itu bisa menjadi setting yang sempurna untuk kisah tentang wabah ini," lanjutnya.

1. Serupa Tapi Beda

Sudah banyak dibuat film atau serial tentang zombie, baik di Hollywood maupun Asia. Kim Eun Hee mengaku dia pun mengaku dia tak ada referensi khusus tentang karakter zombie dalam serial Kingdom ini. Meski begitu dia membuat zombie versinya berbeda dari segi asal usul.

"Bicara referensi, kita hanya memakai karakteristik dasar dari zombie pada umumnya. Zombie di sini sangat universal. Mereka menggigit atau makan daging manusia. Lalu manusia yang tergigit akan terinfeksi juga. Terlepas dari banyaknya versi penyebab awal zombie, kami di sini meletakkan rasa lapar sebagai penyebab mulanya. Karena rasa lapar tersebutlah mereka mencari manusia untuk digigit. Tonton saja nanti, penyebab zombie kami unik dan berbeda," jelasnya.

2. Terkendala Budget

Sama seperti negara lainnya, Korea pastinya juga punya dongeng rakyat yang melegenda. Sayangnya untuk kali ini, Kim Eun Hee tak bisa memasukkan unsur cerita rakyat untuk kisahnya karena suatu alasan. Tapi karena drama Kingdom mengambil setting era Joseon, tentunya akan ada tradisi dari zaman tersebut di drama ini.

"Sebetulnya aku ingin sekali menambahkan banyak sekali aspek dari kisah rakyat Korea di situ, tapi budget dan juga demi keseluruhan cerita, kami urung melakukannya. Tapi nanti bisa terlihat dari cara tabib menyembuhkan atau ritualnya, atau ada tradisi untuk meletakkan tanah liat putih di pintu demi menolak bala, dari situ kami menyelipkan tradisi Korea dalam cerita," pungkasnya.

(kpl/pit)

Editor: Rahmi Safitri


REKOMENDASI
TRENDING