KOREA

Fakta Menarik BTOB, Line Boygroup K-Pop Kocak Bak Komedian - 9 Tahun Berkarir Bertahan dengan 6 Member

Senin, 01 November 2021 19:55

BTOB (credit: Instagram.com/cube_official_btob/)

Kapanlagi.com - Penggemar generasi ketiga K-Pop tentu cukup familiar dengan boy group BTOB. Boygroup besutan Cube Entertainment ini sudah hampir 1 dekade berkarir di industri musik K-Pop sejak 2012 silam. Sayangnya, kini BTOB bertahan dengan 6 member setelah Ilhoon memutuskan hengkang dari group.

Nama boygroup BTOB merupakan akronim dari Born to Beat. BTOB debut pada tahun 2012 dengan album berjudul Born to Beat. Pada saat itu BTOB beranggotakan 7 orang member yakni Seo Eunkwang, Lee Minhyuk, Im Hyunsik, Jung Ilhoon, Lee Chansub, Yook Sungjae dan Peniel Shin.

Boygroup ini mencapai puncak masa karirnya sekitar tahun 2014 dan 2015 setelah peluncuran mini album keempat yakni Beep Beep, Move, The Winter's Tale, dan Complete. Kesuksesan besar mulai diperoleh BTOB sebagai bagian dari line boygroup generasi ketiga terpopuler. Apalagi saat itu persaingan begitu ketat dengan beberapa nama besar boygroup di industri K-Pop. Perjuangan para member BTOB akhirnya terbayarkan hingga kini mereka berhasil meraih kesuksesan besar.

Tak hanya itu saja, ada sejumlah fakta menarik BTOB sebagai line boygroup generasi ketiga terpopuler. Apalagi BTOB dikenal sebagai bagian dari boygroup dengan tingkah kocak membernya yang menghibur abis. Penasaran apa saja fakta BOTB? Simak ulasan berikut ini KLovers.

1. 9 Tahun Berkarir di Industri K-Pop

Perjalanan karir BTOB dimulai di tahun 2012 silam dengan lagu Insane dan Imagine. Sedangkan album berjudul Born to Beat menjadi album untuk debut pertama boygroup besutan Cube Entertainment. Pada awal debut sebenarnya BTOB beranggotakan 5 orang member yakni Seo Eunkwang, Lee Minhyuk, Im Hyunsik, Jung Ilhoon dan Lee Minwoo. Sayangnya, Lee Minwoo memutuskan keluar dari group karena masalah kesehatan.

Setelah itu, BTOB menambah 3 member baru yakni Lee Chansub, Yook Sungjae, Peniel Shin. Akhirnya BTOB resmi beranggotakan 7 orang member untuk memulai perjalanan karir di industry K-Pop. Namun beberapa album dan lagu saat awal debut bisa dibilang tak sesukses album keempat mereka di tahun 2014 dengan konsep yang berbeda. Melalui album Beep Beep inilah, BTOB mulai mencuri hati banyak penggemar hingga sukses menempati peringkat pertama di Gaon Album Chart.

Dari kesuksesan album inilah, BTOB melebarkan sayapnya ke Negeri Sakura Jepang. Beberapa album mulai diluncurkan untuk menenami perjalanan karir BTOB hingga meraih kesuksesan besar. Tahun 2015 juga bisa dibilang menjadi masa keemasan bagi BTOB. Pasalnya single berjudul It's Okay serta Way Back Home tak kalah meraih kesuksesan besar. Sejumlah penghargaan berhasil BTOB raih hingga menempatkannya sebagai salah satu line boygroup generasi ketiga terpopuler. Kini terhitung sejak tahun 2012 hingga sekarang, BTOB telah berkarir di industri K-Pop selama kurang lebih 9 tahun atau hampir 1 dekade.

2. Line Boygroup Generasi Ketiga Terpopuler

Seperti ulasan sebelumnya tentang perjalanan karir BTOB hampir 1 dekade di industri K-Pop termasuk boygroup generasi ketiga terpopuler. Bahkan BTOB berhasil debut di Jepang dan sempat menggelar konser di sejumlah negara termasuk Indonesia di tahun 2018 silam. Kesuksesan boygroup BTOB bukan hanya karena bakat dan kemampuan member yang luar biasa, melainkan juga mereka cukup eksis di sejumlah program televisi, drama ataupun film.

Sebut saja seperti Yook Sungjae, member BTOB ini bukan hanya dikenal sebagai idol melainkan juga seorang aktor. Ada sejumlah drama berhasil ia perankan hingga mendulang kesuksesan. Selain itu, disebut-sebut juga bahwa BTOB cukup populer di negara Thailand. Meski begitu beberapa sumber juga menyebutkan jika boygroup yang digawangi Eunkwang sebagai leader ini sangat populer di Korea Selatan.

3. Raih Banyak Penghargaan

Hampir satu dekade berkarir di Industri K-Pop ada banyak penghargaan yang berhasil BTOB raih. Ya, menemani perjalanan karirnya hingga kini, terhitung sudah ada 20 penghargaan untuk kategori menang dan 81 masuk nominasi. Banyaknya penghargaan tersebut tak hanya diraih dalam kancah nasional melainkan juga internasional. Salah satunya seperti penghargaan Japan Gold Disc Award yang mana BTOB berhasil menang dengan penghargaan Best 3 New Artists (Asia) di tahun 2018. Selain itu ada juga beberapa penghargaan secara global yang cukup populer dan bergengsi berhasil BTOB dapatkan seperti Global V LIVE Awards, Best OST Award, ataupun Asia Trend Star Award, dan seterusnya.

4. Bertahan dengan 6 Member

Perjalanan karir BTOB sebagai boygroup terpopuler memang tak selalu mulus. Setelah bertahan kurang lebih selama 9 tahun dengan 7 orang member. Pada tahun ke-9 pula BTOB dan penggemar harus rela menerima kenyataan bahwa salah satu membernya harus keluar dari group. Ya, akhir tahun 2020, salah satu anggota BTOB yakni Jung Ilhoon memutuskan keluar dari group.

Ini terjadi karena kasus hukum yang menjerat Ilhoon terkait penyalahgunaan barang haram. Dengan berat hati, dirinya akhirnya memutuskan untuk keluar agar tak merugikan group serta bikin penggemar BTOB kecewa. Meski berat, baik member atau penggemar merelakan keputusan terbaik ini. Akhirnya kini BTOB berjalan hanya dengan 6 member yang ada yakni Seo Eunkwang, Lee Minhyuk, Im Hyunsik, Lee Chansub, Yook Sungjae dan Peniel Shin. Apalagi kini dua member BTOB tengah menjalankan wajib militer sehingga group hanya menampilkan 4 member yang ada.

5. Boygroup K-Pop Rasa Komedian

Bukan hal baru lagi apabila BTOB dikenal sebagai salah satu line boygroup terlucu, terkocak dan terlawak. Ya, seperti diketahui hampir sebagian besar member BTOB memiliki tingkah lucu dan mengundang tawa. Sejumlah penampilan BTOB di beberapa kesempatan menunjukkan tingkah lucu, absurd, kocak. Penggemar tentu ingat betul bagaimana tingkah dan pose lucu member BTOB ketika hadir di sejumlah acara besar baik saat manggung ataupun di red carpet.

Boygroup ini  bisa dibilang anti jaim dan nggak ragu menunjukkan pose jelek bahkan aneh mereka saat di depan kamera. Nggak heran kalau BTOB jadi salah satu line boygroup K-Pop terlucu rasa komedian. Pasalnya hampir semua member BTOB seolah cocok jika bertransformasi jadi seorang pelawak. Gimana menurut kalian KLovers?

Itulah fakta menarik BTOB line boygroup K-Pop terlawak bak komedian. Kita nantikan karya terbaru dari BTOB.

Yuk Baca Artikel Lainnya


REKOMENDASI
TRENDING