KOREA

Jung Joon Young Tanpa Sadar 'Bantu' Polisi Bongkar Kasus Grup Chat Mesum

Jum'at, 12 April 2019 13:02 Penulis: Gogor Subyakto

Jung Joon Young. Credit: XSportNews

Kapanlagi.com - Kasus grup chat mesum Jung Joon Young sampai sekarang memang masih terus diselidiki oleh pihak kepolisian. Musisi tersebut sendiri kini tengah berada di tahanan dan dalam proses persidangan.

Skandal penyebaran foto dan video yang diambil secara tersembunyi ini memang begitu ramai jadi perbincangan. Selain itu, banyak pula yang bertanya bagaimana cara polisi bongkar kasus tersebut.

Seorang pengacara sempat memberikan penjelasan saat dirinya tampil di sebuah acara televisi. Ia mengungkapkan bahwa tanpa sadar Jung Joon Young telah membantu pihak kepolisian.

1. Chat Mesum JJY

Dalam program Lee Kyu Yeon Spotlight yang disiarkan oleh JTBC, seorang pengacara bernama Bang Jung Hyun sempat hadir sebagai bintang tamu. Kala itu, pria tersebut membahas soal kasus grup chat mesum Jung Joon Young.

Pertama, ia mengungkapkan kalau punya bukti percakapan kurang dari delapan bulan. "Jika ada 10 korban dalam waktu tersebut, lantas pasti banyak lagi dalam kurun tiga tahun (2016-2019, bukti yang tak dimiliki). Masa tiga tahun benar-benar sudah tak ada. Itu menghilang dari investigasi," ungkapnya.

2. Keluar & Hapus Chat

Lebih lanjut lagi, pengacara tersebut menjelaskan kalau para pelaku sering menghapus dan membuat grup chat baru untuk menghilangkan jejak tindakan ilegal mereka. Hal itu sering kali diusulkan oleh Seungri Big Bang yang ikut terlibat kasus itu.

"Setiap dua bulan sekali, Seungri akan memberi tahu para member chat untuk keluar dan menghapus grup tersebut. Jadi mereka memiliki cukup banyak grup chat," sambung Bang Jung Hyun.

3. Rekaman Chat

Ketika ditanya soal apakah kalau sudah keluar grup semua rekaman percakapan akan menghilang, seorang ahli IT bernama Kim Ho Kwang memberikan penjelasan. Pria tersebut menyebutkan kalau rekaman akan tersimpan dalam jangka waktu tertentu.

"Namun bayangkan ukuran-nya (grup chat mesum JJY)," ujarnya. "Itu sangat besar. Dan tidak ada back up. Jadi kalau kamu ingin menemukan percakapan dari seminggu atau sebulan yang lalu, sering kali kamu tak akan menemukan apa-apa," lanjutnya.

4. 'Bantu' Polisi

Namun, Jung Joon Young tak melakukan apa yang Seungri perintahkan yakni keluar dari grup chat. Bang Jung Hyun mengungkapkan kalau hal tersebut yang mempermudah polisi bongkar kasus tersebut.

"Itulah mengapa semua ini terjadi. Tidak ada jejak kalau Jung Joon Young pernah meninggalkan deretan grup chat yang mereka buat. Dia hanya berada di saja," ungkapnya.

"Jika semua orang keluar dan grup itu dihapus, itu akan susah menemukan rekaman percakapan. Ironis-nya, Jung Joon Young tak keluar dari grup jadi bantuan untuk semua hal muncul ke permukaan," pungkas Bang Jung Hyun.


REKOMENDASI
TRENDING