KOREA

Kenapa Fans K-Pop di Korea Sulit Menerima Ketika Idolanya Umumkan Pernikahan? Ini Penjelasannya!

Kamis, 16 Januari 2020 10:25 Penulis: Rahmi Safitri

Chen EXO dan Lee Sungmin © Istimewa

Kapanlagi.com - Ketika Chen EXO menulis surat untuk mengumumkan pernikahan dan sedang menunggu kelahiran anak pertamanya, fans K-Pop langsung heboh. Chen sebelumnya tak pernah menunjukkan hubungan, walaupun sudah banyak fans yang curiga dengan hubungannya.

Secara garis besar, fans EXO di luar Korea, memberikan dukungan luar biasa dan mengucapkan selamat bahkan kagum dengan keputusan Chen, berani bertanggung jawab di kala karirnya sebagai idola K-Pop sedang berada di puncak. Tapi hal itu tidak terjadi sepenuhnya di Korea. Sebagian fans EXO di Korea kecewa bahkan meminta pria bernama asli Kim Jongdae itu untuk keluar dari grup.

Hal ini mengingatkan kepada Lee Sungmin dari Super Junior. Ketika ia memutuskan untuk menikahi sang kekasih Kim Sa Eun, fans Suju di Korea tak terima yang kini akhirnya berimbas pada vakumnya Sungmin dari semua kegiatan grup sampai saat ini.

Sebenarnya apa sih yang membuat banyak fans Korea tak bisa menerima ketika idolanya menikah? Artikel ini buat penggemar di luar Korea yang tak bisa menerima logika dari K-Fans. Dan perlu diketahui, Kapanlagi.com hanya memberi penjelasan bukan untuk memihak siapapun.

 

 

 

 

1. Fandom Culture di Korea

Sebelum memulai perlu diketahui pola pikir penggemar di Korea itu beda. Fandom culture di sana dimulai sejak tahun 90-an, dimulai dengan Seo Taiji and the Boys dan berlanjut semakin menjadi-jadi ketika H.O.T mencapai puncak kejayaan. Image idol dibentuk memang sebagai 'pacar khayalan' yang membuat para penggemarnya merasa ikut memiliki dan punya hubungan spesial dengan sosok yang dikaguminya.

Bagi orang-orang Korea, idol itu ada dan bisa sukses banget karena penggemar. Oleh karena itu, apa yang dilakukan dan yang ditunjukkan harus bisa membuat fans-nya merasa bahagia. Seorang idola harus sering-sering mengatakan cinta dan terima kasih kepada penggemar.

Mindset inilah yang tidak diterima oleh penggemar di luar negeri yang sudah terbiasa melihat selebritis gonta-ganti pacar, baik di Indonesia, AS, atau negara lainnya.

2. Bisa Menjaga Image Sebagai Idola

Satu lagi permintaan penggemar kepada idolanya adalah bisa menjaga image mereka sebagai seorang bintang K-Pop yang diketahui banyak orang. Salah satunya adalah dengan tidak pacaran yang diumumkan secara publik. Karena jika ketahuan atau mengaku pacaran, maka image-nya sebagai idola akan hilang dan tak lagi memiliki nilai jual.

Tentu saja selain tidak pacaran secara terang-terangan, seorang idola harus menjaga sopan santun di manapun berada agar tidak membuat banyak orang kecewa.

3. Soal Pacaran Diam-Diam

Banyak penggemar di Korea mengaku mereka marah bukan karena idolanya menikah, tapi karena sang idola tak bisa menjaga image mereka yang dianggap bisa merusak karir individu maupun grup. Fans Korea bilang mereka tak masalah idolanya pacaran, asalkan secara diam-diam.

Fans Chen dan Sungmin mengaku sudah tahu lama kalau idolanya pacaran. tapi mereka berusaha menutupi agar image Chen dan EXO tidak rusak.

Bagi fans EXO, Chen sendiri dianggap sama sekali tidak ada usaha untuk menutupi hubungan ini dan dianggap lebih memilih mendahulukan kehidupan pribadinya sebagai Kim Jongdae. Oleh karena itu beberapa penggemar di Korea merasa untuk apa mereka melindungi Chen, kalau Jongdae sendiri tidak peduli dengan image-nya sebagai Chen sang idola?

4. Alasan Diminta Keluar

Menurut netizens, seorang idola yang masih aktif bahkan berada di puncak popularitas, tidak seharusnya mengumumkan hubungan apalagi menikah karena pasangan hamil lebih dulu. Image mereka sebagai suami orang dan ayah akan merusak citra sebagai idola.

Itulah yang membuat banyak fans EXO yang meminta Chen untuk keluar dari grup. Mereka tak mau EXO dikenal dan dicemooh sebagai grup dengan anggotanya sebagai ayah. Mereka lalu meminta Chen untuk fokus sebagai penyanyi solo atau hidup seperti yang diinginkannya sendiri. Penyanyi solo di Korea dianggap tidak punya hubungan sentimental dengan fans, beda dengan idola K-Pop.

5. Fansite Close Down

Fansite adalah sebutan untuk para fans yang mengambil video dan foto serta mengikuti ke manapun saat idolanya melakukan aktivitas resmi, baik di Korea maupun di luar negeri. Biasanya ketika mendengar idolanya pacaran atau menikah, mereka ada yang kecewa hingga menutup situs.

Alasan fansite menutup situs karena kekecewaan ini karena merasa mereka lah yang paling banyak mengeluarkan uang buat sang idola. Mulai dari biaya ke luar negeri hingga membuat project ulang tahun yang tidak murah demi idola. Oleh karena itu, ketika idolanya dianggap tidak bisa lagi menjaga image-nya, fansite ini banyak yang merasa dikhianati dan memilih untuk tidak mendukung mereka lagi.

6. Kapan Semua Ini Berakhir?

Untuk sekarang, kapan mindset ini akan berakhir, rasanya menunggu ketika para penggemar sudah lebih dewasa, atau ketika mereka sendiri sudah punya pasangan sehingga tidak terlalu lagi mengikuti karir idolanya. Atau dari awal mereka menganggap fans sebagai teman atau keluarga.

Kim Heechul dari dulu bilang kalau tidak usah terlalu banyak berharap padanya. D.O. EXO juga menyatakan baginya fans itu seperti teman. D.O. juga dengan tegas bilang tidak, saat seorang penggemar bercanda mengajaknya menikah.

Well semoga saja mindset ini segera berubah dan mereka lebih bisa menerima kalau idolanya juga manusia biasa!


REKOMENDASI
TRENDING