KOREA

Komentar Orang Korut Soal 'Crash Landing on You', Tak Ada Tentara Korea Utara yang Seganteng Hyun Bin

Rabu, 12 Februari 2020 08:01 Penulis: Rahmi Safitri

Hyun Bin © tvN

Kapanlagi.com - Apa drama Korea yang paling ngehits saat ini? Jawabannya bisa dibilang adalah Crash Landing on You. Kisah cinta tentara Korea Utara dengan putri konglomerat Korea Selatan ini memang bikin gemas penonton.

Drama ini sempat dapat protes karena dianggap mengglamorisasi Korea Utara. Tapi apakah benar Crash Landing on You benar-benar menggambarkan Korut dengan baik?

Sports Seoul mewawancarai pembelot Korea Utara yang kini menjadi warga Korea Selatan yang selanjutnya kita sebut dengan A. Ia ditanya apakah benar seperti itu kehidupan di Korea Utara?

1. Kereta Memang Berhenti Karena Listrik Mati

Menurut A, drama ini punya detail yang bagus dan dianggap karya terbaik dalam menggambarkan Korea Utara. Style ibu-ibu di perbatasan disebut sama seperti istri-istri tentara Korea Utara. Rambut mereka yang tertata rapi memang benar karena rambut panjang dan keriting dilarang di sana. A lalu cerita salah satu adegan di mana kereta harus berhenti berjam-jam karena gangguan listrik.

"Pernah listrik mati, kereta akan berhenti, nggak ada pemanas dan kami harus membakar kayu. Terbelakang dibanding dengan Korsel. Aku nggak menyebut drama ini mengglamorisasi Korea Utara karena mereka menunjukkan apa adanya. Ini adalah drama yang dibuat untuk menghibur jadi orang harusnya melihatnya seperti itu saja, sebuah drama," kata A.

2. Tak Ada yang Seganteng Hyun Bin

A lalu cerita soal soju dan menyebut orang Korea Utara membuat sendiri alkohol. Ia lalu cerita, menonton hal-hal berbau Korea Selatan sangat dilarang dan membuat orang bisa dihukum. Kemudian ada pemeriksaan atau inspeksi mendadak akan dilakukan jika ada laporan kalau orang menonton drama Korea. Satu hal yang bagi A tidak relate dengan fakta adalah soal tentara ganteng.

"Ini yang paling konyol. Nggak ada tentara seganteng dia (Hyun Bin) di Korut. Di sana, pria yang punya pipi chubby kayak Jun Hyun Moo dianggap ganteng. Tapi di kalangan anak muda, mereka lebih memilih tipe seperti Lee Min Ho, Hyun Bin dan Kwon Sang Woo," pungkas A.


REKOMENDASI
TRENDING