KOREA

Kronologi Masalah Mew Suppasit Diduga Plagiat Video Jaehyun NCT, Dapat Ancaman Pembunuhan - Minta Maaf

Jum'at, 05 Maret 2021 12:34 Penulis: Renisya Satya Putri

Mew Suppasit (credit: MSS) - Jaehyun NCT (credit: GRAZIA)

Kapanlagi.com - Mew Suppasit Jongcheveevat menjadi topik hangat di internet setelah bintang Thailand ini merilis MV Cover untuk lagu Afterglow. Pasalnya, banyak fans NCT yang menemukan banyaknya kemiripan karya Mew tersebut dengan MV Cover I Like Me Better yang dibuat Jaehyun tahun 2019 silam.

Permasalahan ini semakin memanas di media sosial, di mana netizen terpecah menjadi dua kubu. Di satu sisi, fans Jaehyun tidak terima dengan 'plagiasi' yang dilakukan oleh Mew. Di sisi lain, tak sedikit pula yang merasa tidak ada yang salah dengan video karya Mew tersebut. Buat kamu-kamu yang penasaran dengan kasus panas ini, intip detailnya berikut yuk.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1. Dugaan Plagiasi

Masalah yang melibatkan Mew Suppasit dan Jaehyun NCT ini berawal dari pertanyaan NCTzen terkait MV Cover Afterglow. Disebutkan bahwa MV Cover yang dibuat seperti travel vlog tersebut terlihat sangat mirip dengan video milik Jaehyun NCT, I Like Me Better, bahkan sejak adegan pertama.

Karena kemiripan tersebut, NCTzen meminta agar Mew segera menghapus videonya dan meminta maaf pada Jaehyun. Alhasil, video asli MV Cover Afterglow ini sekarang sudah dihapus dari peredaran.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2. Dapat Ancaman Pembunuhan

Isu plagiarisme ini semakin memanas dengan berbagai serangan yang diterima Mew dari fans fanatik yang tidak terima dengan apa yang telah dilakukan bintang Thailand tersebut. Pendukung Jaehyun NCT meramaikan tagar #saysorrytoJAEHYUN di media sosial

Tak hanya sampai di sana, berbagai tindakan yang cukup ekstrem pun dilakukan, mulai dari menggali masa lalu hingga menyinggung masalah orientasi seksualnya. Bahkan, ada juga NCTzen Thailand yang memberikan ancaman pembunuhan kepada Mew Suppasit.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3. Banjir Dukungan

Di sisi lain, Mew Suppasit juga memanen dukungan netizen yang meramaikan tagar #StayStrongWithMew. Pendukung Mew mengatakan bahwa tidak ada yang salah dengan video sang bintang, karena konsep, tema, dan ide bukan termasuk hal-hal yang bisa diklaim hak ciptanya. Bahkan, bisa saja Jaehyun sendiri juga terinspirasi dari orang lain.

Serangan bertubi-tubi tersebut dianggap sebagai tindakan orang-orang toxic yang hanya memanfaatkan kesempatan untuk menebar kebencian dan menyerang Mew. Pembelaan atas kasus plagiarisme ini juga disebut semakin lepas kendali.

 

4. Permintaan Maaf

Dengan memanasnya isu plagiarisme ini, Mew Suppasit merilis pernyataan maaf bahkan melalui sebuah konferensi pers meski pengacaranya menyatakan bahwa kasus ini bukan merupakan plagiarisme.

"Saya Mew Suppasit, CEO dari Mew Suppasit Studio ingin menyampaikan permintaan maaf kepada semua orang yang merasa terganggu dengan permasalahan ini, Saya dengan tulus ingin meminta maaf. Maafkan saya," ungkap Mew diikuti dengan gestur membungkuk yang cukup lama.

"Untuk permasalahan akhir-akhir ini, saya ingin mengatakan bahwa saya benar-benar minta maaf. Saya tidak pernah menduga bahwa (masalah) ini akan mempengaruhi banyak orang dan memberi pengaruh di masa kritis seperti ini. (Masalah) ini menyakiti para fans dan juga memberi pengaruh negatif pada orang-orang sekitar saya. Saya menyesal dan ingin meminta maaf kepada semua orang terkait insiden ini," imbuhnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

(kpl/rsp)


REKOMENDASI
TRENDING