Luhan Pilih Keluar Gara-Gara Bayaran di China Lebih Besar?

Kamis, 16 Oktober 2014 14:41 Penulis: Ayu Srikhandi
Luhan Pilih Keluar Gara-Gara Bayaran di China Lebih Besar? foto: luhanland.com
Kapanlagi.com - Dalam episode terbaru One Night TV Show, mereka membahas mengenai gugatan yang dilayangkan Luhan pada SM Entertainment. Demi mengetahui kasus lebih dalam, pihak SBS turut mengundang seorang pengacara dan mewawancarai seorang produser.

Pengacara Jung Yun Suk yang didatangkan mengungkapkan jika para idol yang berasal dari China memilih hengkang karena pernah ada yang melakukannya (Han Geng). Namun, dalam kasus Kris dan Luhan, bisa saja agensi yang memenangkannya, jika mereka telah mengubah isi kontrak yang memberatkan.

Seorang produser program entertainment Korea pun ikut angkat bicara. Menurutnya, para idol asal China memilih hengkang karena bayaran artis-artis mandarin lebih banyak daripada idol Korea.

Akankah Luhan dan Kris memenangkan gugatan pada SM Entertainment seperti yang dilakukan Han Geng. foto: credit as taggedAkankah Luhan dan Kris memenangkan gugatan pada SM Entertainment seperti yang dilakukan Han Geng. foto: credit as tagged

Di China ada banyak stasiun TV, berbeda dengan Korea yang hanya didominasi oleh SBS, KBS, MBC, tvN, dan JTBC. Dalam sebuah acara, bayaran minimal yang diterima oleh seorang artis mencapai 5 juta Won atau setara dengan Rp 57,8 juta.

"China memiliki ribuan stasiun TV. Dan bayaran terendah setiap artis mencapai 5 juta won. Namun masih banyak artis lain yang dibayar lebih jika tergolong artis kelas A," jelas sang produser seperti yang dilansir Allkpop.

Melihat pendapatan artis China yang lebih banyak, tak heran member boyband Korea yang berasal dari China lebih memilih untuk berkarir di negara asalnya. Pasalnya, mereka sudah memiliki kepopuleran yang menjanjikan.

Benarkah alasan para idol China keluar dikarenakan bayaran yang begitu sedikit? @allkpop.comBenarkah alasan para idol China keluar dikarenakan bayaran yang begitu sedikit? @allkpop.com

"Jika ada artis yang sudah populer dan mengatakan tak akan bekerja lagi di Korea. Mereka bisa saja sukses saat berkarir di China, Hong Kong, dan Taiwan," imbuh sang produser.

Lebih lanjut seorang narasumber mengungkapkan bahwa di tahun 2013 lalu, EXO sukses menjual albumnya sampai jutaan keping. Sayangnya, jika dihitung pendapatan secara individu, bayaran para member lebih sedikit dibanding aktor China yang baru membintangi dua buah drama.

Well... cukup miris juga ya melihat bayaran idol Korea yang begitu kecil dibandingkan artis China. Lalu apakah benar alasan para idol hengkang dikarenakan pendapatan yang terlalu sedikit?

(all/jje)

Editor:

Ayu Srikhandi


REKOMENDASI
TRENDING