KOREA

Makin Bersinar! 14 Kolaborasi Epik BTS dengan Musisi Internasional, Army Pasti Bangga

Senin, 11 Oktober 2021 12:15 Penulis: Editor KapanLagi.com

Credit: Instagram/@bts.bighitofficial

Kapanlagi.com - Siapa yang tidak tahu BTS? Boygroup besutan HYBE LABELS (dulu Bighit Entertainment) asal negeri gingseng ini berhasil membuat nama mereka melejit hingga kancah internasional. Hal tersebut membuat banyak musisi dari kancah Internasional tertarik untuk melakukan kolaborasi dengan BTS.

Hasil kolaborasi ini terbukti membuat popularitas kedua pihak meningkat tajam. Kolaborasi yang pertama kali dilakukan BTS dengan Steve Aoki 3 tahun silam menuai banyak respon positif. Lewat lagu-lagu hasil kolaborasi tersebut, BTS mendapat banyak prestasi yang tidak terduga.

Hingga kini, ada lebih dari 14 musisi internasional yang sudah pernah melakukan kolaborasi dengan BTS. Yuk simak daftarnya di bawah ini:

1. Mic Drop (Remix) - Feat Steve Aoki

Musisi pertama yang melakukan kolaborasi dengan BTS adalah Steve Aoki. Pertemuan mereka berawal dari keikutsertaan BTS dalam ajang penghargaan musik kelas dunia yaitu Billboard Music Award 2017. Nah, dari sinilah akhirnya terjalin kerjasama untuk me-remix lagu Mic Drop ini. Tidak hanya itu, bahkan Steve Aoki juga muncul di music video terkait.

Dalam waktu 4 tahun setelah dirilis, kini music video yang dirilis di youtube sudah mencapai 1 miliar 57 juta views. Lagu ini juga mendapat sertifikat platinum dari RIAA (The Recording Industry Association of America) karena sudah membukukan penjualan digital sebanyak 1 juta unit. Wah parah sih, baru pertama kolaborasi tapi sudah dapat banyak prestasi.

 

 

 

 

2. Waste It On Me - Feat Steve Aoki

Lagu ini menjadi kolaborasi kedua Steve Aoki setelah lagu Mic Drop. Dirilis pada 2018, lagu ini menduduki iTunes Global pada minggu pertama perilisannya. RM dan Jungkook menjadi member yang terlibat dalam lagu baru Steve Aoki dari album terbarunya NEON FUTURE ini. Lagu ini full berbahasa Inggris, tapi hebatnya dapat dinyanyikan secara baik oleh RM dan Jungkook. 

 

 

 

 

3. Old Town Road - RM Feat Lil Nas x

Dirilis pada tahun 2019, Kolaborasi ini diwakili oleh RM sebagai musisi yang membawakan rap untuk lagu yang dimiliki oleh Lil Nas X tersebut. Selain BTS, Lil Nas juga me-remix lagunya bersama Billy Ray Cyrus. Pada acara Grammy Awards 2020, seluruh member BTS membawakan lagu ini bersama Lil Nas X.

 

 

 

 

4. ON - Feat Sia

Lagu ini menjadi kejutan bagi Army karena, sebelumnya tidak pernah terjadi interaksi maupun tanda-tanda akan terjadi kolaborasi antar BTS dan Sia. Muncul di dalam album MAP OF THE SOUL: 7, lagu ini menjadi title track pada perilisan digitalnya tahun 2020 lalu.

 

 

 

 

5. Idol (Remix) - Feat Nicki Minaj

Lagu ini sangat kreatif karena diiringi alunan musik dari alat tradisional asal Korea dan dipadukan dengan rap dari Nicki Minaj. Perpaduan epik itu berhasil membuat salah satu lagu dari Album LOVE YOURSELF: ANSWER ini mencapai 1 miliar views sejak dirilis 3 tahun lalu. Tidak hanya itu loh, lagu ini menjadi lagu yang berhasil menduduki posisi 11 pada Hot Billboard 100 selama tiga minggu berturut-turut.

 

 

 

 

6. Boy With Luv - Feat Halsey

Kali ini BTS berkolaborasi dengan Halsey, ia ikut tampil dalam music video dalam lagu salah satu lagu yang menjadi single dari album MAP OF THE SOUL: PERSONA ini. Mendapat 12 penghargaan sejak dirilis hingga 2020, Boy With Luv juga mencatat sejarah sebagai lagu yang meraih 6 Juta unique listeners pada platform musik MelOn.

 

 

 

 

7. Chicken Noodle Soup - J-Hope BTS Feat Becky G

Lagu ini berhasil memperoleh 300 juta views pada 30 september, setelah merayakan 2 tahun perilisan. Lagu ini termasuk lagu lawas yang dinyanyikan kembali oleh J-Hope dengan menggandeng Becky G serta membayar kredit kepada penciptanya, Bianca Bonnie. Dia rela merogoh kocek sebesar 2,7 Juta USD atau setara Rp. 38,4 miliar demi lagu tersebut.

 

 

 

 

8. Make it Right - Feat Lauv

Rilis pada 18 Oktober 2019 lalu, lagu yang liriknya yang digarap oleh Ed Sheraan itu sudah meraih 157 juta views di youtube untuk saat ini. Lagu ini memiliki genre R&B dan berhasil menempati posisi pertama di iTunes US saat pertama kali dirilis.

 

 

 

 

9. Who - Lauv Feat BTS

2 member BTS yakni Jungkook dan Jimin turut andil dalam lagu yang dimiliki Lauv dari albumnya yang berjudul HOW I'M FEELING ini. Lagu ini menceritakan tentang wanita yang tidak mengenali orang yang dicintainya. Hingga kini, lagu ini telah mencapai 53 juta views di Youtube.

 

 

 

 

10. A Brand New Day - Feat Zara Larsson

Lagu ini termasuk dalam salah satu single dari album sebuah soundtrack dari mobile game BTS WORLD: ORIGINAL SOUNDTRACK. Game yang dimaksud yaitu game BTS WORLD yang dibuat oleh Netmarble sebagai bentuk kerjasama dengan HYBE LABELS. Dalam album tersebut, terdapat 14 lagu yang diluncurkan pada tahun 2019 lalu. 

 

 

 

 

11. Dream Glow - Feat Charli XCX

Lagu ini juga merupakan salah satu dari 14 lagu yang menjadi soundtrack mobile game BTS WORLD. Dengan menggandeng Charli XCX, lagu ini dikemas dalam bahasa Inggris dan Korea. Mengutip dari beberapa sumber, army sangat menyayangkan lagu ini menjadi ost sebuah game dan bukan single dari album resmi. Mereka berpendapat bahwa lagu-lagu yang terdapat dalam ost game BTS WORLD terlalu bagus untuk sebuah game.

 

 

 

 

12. BTS (Remix) - Savage Love (Jason Derulo)

Savage Love menjadi lagu yang kian populer setelah di remix oleh BTS. Hal itu dibuktikan dengan jumlah penayangan di Youtube BTS memiliki views yang lebih banyak dibanding music video yang dimiliki Jason sendiri. 

 

 

 

 

13. All Night - Feat Juice WRLD

Seperti halnya Brand New Day dan Dream Glow, lagu ini juga hasil kolaborasi dengan musisi internasional yang menjadi single di album soundtrack game BTS WORLD. Para army dan pendengar kpop rupanya juga menyayangkan dengan dijadikannya lagu ini sebagai pengiring game. Dari beberapa komentar mengatakan bahwa, semua single di album tersebut terlalu bagus jika hanya digunakan sebagai pengiring game. 

 

 

 

 

14. My Universe - BTS X Coldplay

Kolaborasi BTS paling epik dengan musisi mancanegara tahun ini jatuh kepada My Universe. Kenapa bisa begitu? Ya, dalam waktu 1 minggu lagu ini sudah berhasil menyabet semua posisi 1 dibeberapa chart global seperti Hot Billboard 100, Rolling Stone Chart, Billboard Chart 200 serta Billboard Global Excl. Tidak hanya itu, music video yang dikemas dalam motion yang unik dan futuristik juga menambah daya tarik lagu ini.

 

 

 

 

15. Produksi Lirik (Best Of Me, Louder Than Bombs, Make it Right)

Selain musisi-musisi yang telah disebutkan di atas, ada beberapa musisi yang juga berkolaborasi membantu dalam pembuatan lirik dari beberapa lagu BTS. Pertama yaitu, The chainsmoker yang menjalin kolaborasi dengan menciptakan lirik dari single BTS berjudul Best Of Me. Selanjutnya, ada Ed Sheeran yang membantu dalam pembuatan lirik single Make It Right serta Troye Sivan yang juga andil dalam pembuatan lirik dari single Louder Than Bombs.

 

Artikel ini ditulis oleh: Ardha Ulya Ma'rifah

 

 


REKOMENDASI
TRENDING