KOREA

Nggak Hanya Modal Tampang, Ini Proses Panjang yang Harus Dilalui Peserta Streetcast Sebelum Jadi Trainee Idol K-Pop

Kamis, 03 September 2020 12:21 Penulis: Renisya Satya Putri

Jaemin NCT - Seohyun Girls Generation - Sehun EXO © istimewa

Kapanlagi.com - Ada banyak cara untuk menjadi trainee yang bakal debut sebagai seorang idol K-Pop, salah satunya adalah melalui jalur streetcast atau casting jalanan. Meski sudah banyak idol yang disebut mengawali sepak terjang mereka di dunia hiburan melalui streetcast, metode ini selalu menjadi misteri bagi penggemar K-Pop. Bagaimana bisa para idol yang 'ditemukan' karena visual mereka di jalanan ternyata sangat berbakat?

Tanda tanya besar ini terjawab setelah salah satu penggemar K-Pop asal Indonesia yang juga merupakan seorang model dan YouTuber Izzi Isman baru-baru ini ngobrol bareng mantan juri audisi SM Entertainment. Ia menjelaskan secara mendetail apa yang terjadi setelah 'calon idol' terpilih melalui streetcast.

SM Entertainment sendiri dikenal sebagai agensi yang memiliki jajaran idol paling berbakat yang 'ditemukan' oleh agen casting di jalanan Seoul berdasarkan penampilan mereka. Beberapa dari mereka termasuk Seohyun Girls Generation, Jaemin NCT, dan Sehun EXO.

1. Datang ke Kantor

Banyak yang berasumsi bahwa peserta streetcast menerima tawaran kontrak trainee berdasarkan penampilan mereka saja. Faktanya, mendapatkan kartu nama SM Entertainment hanyalah awal dari perjalanan mereka. Mantan agen casting SM Entertainment ini menjelaskan bahwa peserta streetcast harus datang ke kantor SM Entertainment setelah menerima penawaran awal mereka.

"Sebelumnya, biasanya kami meminta mereka untuk datang ke COEX SM Artium [5-21]. Ada sebuah studio di sana. Kami akan syuting di sana sebentar, lalu pergi ke Apgujeongdong 521, itu adalah bangunan terkenal di sebelah Galleria. Terkadang kami juga syuting di sana. Kemudian Samseong-dong 52-1. Anehnya mereka (SM Entertainment) suka banget sama nomor 521," ungkap mantan juri audisi SM Entertainment dilansir dari Koreaboo.

2. Cek Visual

Agensi meminta para peserta streetcast untuk datang dengan pakaian yang nyaman seperti kaus pas badan, skinny jeans, dan sepatu kets. Begitu tiba, mereka harus memperkenalkan diri di depan kamera, menyebutkan nama, usia, sekolah, dan lain sebagainya.

Proses ini kadang tidak cukup hanya dilakukan satu kali saja. Mantan agen casting itu memberi tahu bahwa peserta streetcast harus terus merekam video perkenalan mereka sampai benar-benar mahir. Tampaknya proses ini dilakukan untuk memastikan bahwa mereka terbiasa berada di depan kamera untuk ke depannya.

Selanjutnya, para peserta streetcast harus mengambil foto profil mereka dari berbagai sudut: depan, kiri, dan kanan, serta seluruh tubuh.

3. Tes Vokal

Setelah pengecekan visual selesai, sekarang saatnya pencarian bakat. Semua peserta streetcast diminta untuk menyiapkan 4 hingga 5 lagu untuk dinyanyikan saat audisi pribadi mereka. Syaratnya, lagu pilihan peserta streetcast harus bernada tinggi untuk menunjukkan jangkauan vokal mereka.

Kemudian, mereka harus menyanyikan lagu-lagu pilihan ini berulang kali sampai dianggap oke saat audisi. Agen casting kemudian memilih dan mengedit rekaman terbaik lalu mengirimkannya ke mantan CEO SM Entertainment Lee Soo Man secara pribadi untuk meminta pendapatnya.

4. Uji Kemampuan Dance

Proses audisi masih belum berakhir. Selanjutnya, para peserta streetcast harus menari. Mereka diminta untuk menyiapkan sebuah tarian terlebih dahulu ditambah lagu-lagu pilihan sutradara casting. Seperti sebelumnya, video dance peserta streetcast juga dipilih dan diedit untuk ditampilkan kepada jajaran direktur SM Entertainment dalam rapat berikutnya.

"Misalnya, jika mereka bisa dance freestyle dengan lagu hip-hop, nggak masalah jika mereka nggak hebat. Kami hanya perlu tahu bahwa mereka bisa mengikuti iramanya," tutur mantan juri audisi SM Entertainment tersebut.

5. Rekaman di Studio

Para peserta streetcast yang menunjukkan kemampuan menyanyi yang baik kemudian diminta untuk datang ke studio rekaman. Dalam tahap ini, mereka bisa merekam lagu terbaik mereka dari proses sebelumnya secara profesional.

Akhirnya, hasil rekaman ini disajikan dalam rapat dengan Lee Soo Man. Hanya ketika mantan CEO mempertimbangkan pendapatnya barulah agen casting mulai menawarkan dan menandatangani kontrak trainee.

"Meski mereka dicasting di jalanan, jika mereka benar-benar nggak bisa menyanyi, kami akan melepaskan mereka,"tutur mantan juri audisi SM Entertainment.

Dengan semua tahapan yang dilakukan untuk membuktikan bakat mereka, nggak heran para idol yang awalnya adalah peserta streetcast SM Entertainment saat ini sangat berbakat, cantik, dan tampan!


REKOMENDASI
TRENDING