KOREA

Nggak Redup, 4 Group K-Pop Ini Masih Eksis Berkarya Meski Sudah Memasuki Tahun Ke-7

Minggu, 27 November 2022 15:20 Penulis: Gloria Trivena May Ary

Credit: instagram.com/twicetagram & official_monsta_x

Kapanlagi.com - Buat penyuka K-pop, pasti sudah nggak asing lagi dengan kutukan 7 tahun, bukan? Yup, istilah ini sering kali digunakan oleh para penggemar untuk sejumlah grup K-pop yang bubar setelah 7 tahun menandatangani kontrak mereka dengan agensi. Anehnya, hal tersebut memang benar adanya dan banyak terjadi pada industri ini.

Di tahun 2022, ada pula beberapa grup yang mulai memasuki tahun ke-7 setelah masa debut mereka di tahun 2015. Sebagian dari mereka bahkan terkena kutukan ini dan bubar atau hengkang dari agensi. Salah satunya ialah CLC, girl group dari Cube Entertainment. Meski begitu, banyak juga dari generasi tersebut yang masih bertahan dan bahkan aktif mengeluarkan album. Lalu, siapa saja ya para grup tersebut?

1. MONSTA X

Mengawali karir dengan album bertajuk ‘TRESPASS’, Monsta X kini semakin dikenal dan memiliki banyak penggemar. Meskipun grup ini debut pada tahun 2015, namun nyatanya mereka masih eksis dan aktif berkarir di industri musik Korea Selatan. Bahkan, belum lama ini, MONSTA X juga merayakan anniversarynya yang ke-7 pada tanggal 14 Mei lalu.

Walaupun formasi anggotanya sudah nggak lengkap, namun ada beberapa member dari MONSTA X yang memperpanjang kontraknya bersama dengan agensi. Di antaranya adalah Shownu, Kihyun, dan Hyungwon. Sementara sisa member, diketahui masih berdiskusi untuk melanjutkan kontrak mereka atau nggak.

2. SEVENTEEN

Memasuki tahun yang ke-7, nggak serta merta membuat grup SEVENTEEN bubar dan keluar dari agensinya. Di bawah naungan Pledis Entertainment, member grup tersebut tetap melanjutkan kontrak mereka dan bertahan menjadi boy group popular hingga sekarang. Keputusan yang diambil tentu berasal dari rasa percaya yang dimiliki oleh setiap member.

Lewat salah satu fansign yang dilakukan secara online, Seungkwan memberitahukan bahwa masing-masing anggota telah memperperpanjang kontrak selama 5 tahun ke depan dengan agensi mereka. Hal tersebut tentu saja disambut rasa syukur oleh para CARAT, sebutan khusus bagi fans SEVENTEEN.

3. iKON

Meski telah kehilangan leadernya, tetapi iKON tetap bertahan bersama sisa anggota lainnya di bawah YG Entertainment. Boy group yang debut pada 7 tahun silam ini diketahui masih belum ada pembahasan mengenai kontrak mereka dengan agensi. Namun, salah satu anggota yang bernama Jinhwan mengkonfirmasi bahwa iKON akan tetap berkarya dan mengeluarkan berbagai album untuk ke depannya.

Di tahun 2022 ini, mereka juga melakukan comeback dengan mini album berjudul ‘FLASHBACK’. Lagu utama dalam album ini yang bertajuk ‘But You’ nyatanya laku keras pula dan trending di sejumlah negara, termasuk Indonesia. Walaupun kabar kontrak mereka masih simpang siur, namun banyak penggemar yang berharap agar iKON bisa tetap lanjut di industri K-pop.

4. Twice

Grup terakhir yang masih tetap eksis meski sudah di tahun ke-7 nya adalah Twice. Girl group yang terbentuk berkat ajang survival ini terus mengembangkan karir mereka di dunia musik Korea Selatan, salah satunya dengan melakukan comeback. Walaupun begitu, ada banyak Once (panggilan untuk penggemar Twice) yang merasa khawatir bila grup idola mereka nggak melanjutkan kontrak bersama agensi.

Pasti sudah banyak yang tahu bahwa sebentar lagi kontrak yang dilakukan para member Twice dan JYP Entertainment akan segera berakhir. Namun, hingga saat ini, baik dari Twice maupun agensi masih belum memberikan kabar apapun terkait kontrak Twice.

Itulah beberapa grup K-pop yang masih berjalan hingga saat ini. Adakah salah satu favoritmu di list tersebut?

(kpl/glo)

Now that you are AWAKE, it's time for you to wake right now!

Awake
REKOMENDASI
TRENDING