Penulis Naskah 'Legend of The Blue Sea' Dituduh Plagiat Lagi

Rabu, 14 Desember 2016 12:45 Penulis: Ayu Srikhandi
Penulis Naskah 'Legend of The Blue Sea' Dituduh Plagiat Lagi Jun Ji Hyun - Lee Min Ho ©SBS

Kapanlagi.com - Baru-baru ini, di situs resmi The Legend of The Blue Sea, seorang penulis bernama Park mengungkapkan banyak kesamaan kisah drama Lee Min Ho dan Jun Ji Hyun itu dengan skenario yang ditulisnya 10 tahun lalu. Namun ia tak berani mengajukan gugatan pada penulis LOTBS, yakni Park Ji Eun.

Menurut penulis yang identitasnya tak diungkapkan itu, cerita yang ditulisnya mengusung kisah putri duyung dan memiliki situasi yang sama. Karyanya 10 tahun lalu itu diberi judul The Legend of Hae Wol Sea: Pearly Shells.

"Tak hanya mengisahkan putri duyug tapi situasi dalam drama dan penggambarannya juga sangat mirip," penulis ini memang mengajukan permintaan maaf, tapi ia tak mau menyebut Park Ji Eun sebagai plagiat, seperti yang dilansir Allkpop.

Dua drama karya Park Ji Eun, My Love From The Stars dan Legend of The Blue Sea sama-sama tersandung kontroversi plagiarisme. ©istimewaDua drama karya Park Ji Eun, My Love From The Stars dan Legend of The Blue Sea sama-sama tersandung kontroversi plagiarisme. ©istimewa

Ia menjelaskan, "Sekali lagi aku menegaskan kalau di sini aku tak bilang karyaku dijiplak. Kenapa? Karena aku masyarakat miskin. Bagaimana aku bisa menggugat orang-orang besar seperti Choi Soon Sil dan Cha Eun Tak? Kalau mereka mengelak dan berusaha menghancurkanku, aku bisa mati. Ini hanya analisa tentang bagian-bagian yang mirip, tapi aku tak bilang plagiat. Kudengar bisa digugat kalau sombong dan mengatakan ini adalah plagiarisme."

Kontroversi plagiat oleh penulis naskah Park Ji Eun memang bukan kali ini saja. Dalam karyanya sebelumnya, My Love From The Stars yang dibintangi Jun Ji Hyun dan Kim Soo Hyun juga pernah ada kasus yang mirip.

Saat My Love From The Stars sedang tayang, seorang pengarang webtoon mengungkapkan kalau kisah drama 2014 itu mirip sekali dengan cerita webtoonnya, bahkan detail soal kehidupan selama 400 tahun juga sama seperti webtoon yang dirilisnya sejak tahun 2008. Ia pun berani menggugat Park Ji Eun, yang kemudian gugatan ini dibatalkan setelah adanya penyelesaian damai di luar pengadilan.

(all/jje)

Editor:

Ayu Srikhandi


REKOMENDASI
TRENDING