HOME » KOREA
KOREA

Sederet Film Korea Yang Pernah Masuk Nominasi Oscar, dari 'PARASITE' sampai 'JUVENILE OFFENDER'

Kamis, 29 Juli 2021 18:02 Penulis: Editor KapanLagi.com

PARASITE © IMDB

Kapanlagi.com - Selama ini, Korea dikenal luas dengan segudang kreativitasnya di dunia hiburan. Selain musik dan serial drama, para sineas asal Korea pun patut diperhitungkan lho! Sejumlah film Korea bahkan berhasil meraih penghargaan.

Ya, selain Film PARASITE ternyata Korea Selatan juga memiliki film lain yang lolos masuk ke dalam pleno penjurian untuk Foreign Language Film di ajang Academy Awards. Berikut sederet Film Korea yang berhasil masuk ke ajang bergensi Oscar.

1. JUVENILE OFFENDER

JUVENILE OFFENDER adalah film asal korea selatan yang tayang pada tahun 2012. Film ini bercerita tentang Penjahat Remaja yang disatukan kembali dengan ibunya setelah bertahun-tahun. Konflik tercipta ketika Jang Ji Goo mengulang kesalahan ibunya yang ada di masa lalu.

Film ini di sutradarai oleh Kang Yi-Kwan pada tahun 2012 dan memenangkan banyak pengharagaan internasional seperti Tokyo International Film Festival ke-25, Cinemanila International Film Festival ke-14, dan Baeksang Arts Awards ke-49, yang membuat film ini menjadi wakil dari Korea Selatan di perhelatan besar ajang Academy Awards atau oscar yang ke-86. Sayangnya hasil pleno penjurian tidak sampai meloloskan film ini untuk masuk sebagai nominasi.

2. HAEMOO

Film HAEMOO atau Sea Fog merupakan film garapan sutradara Shim Sing-Bo pada tahun 2014 yang juga menjadi wakil Korea Selatan di ajang Academy Awards ke-87. Walaupun tidak sampai masuk nominasi tetapi film yang bercerita tentang manusia dan masuknya imigran illegal ini berhasil meraih penghargaan di ajang penghargaan Film Blue Dragon, Penghargaan Grand Bell, dan Penghargaan Seni Baeksang.

3. THE THRONE

Film THE THRONE (2015) adalah film yang bercerita tentang yang mengambil latar belakang sejarah kerajaan Korea Selatan. Film ini bercerita tentang konflik kerajaan antara ayah dan anak. Film ini menceritakan bagaimana ekspektasi sang Ayah (Raja) tidak mampu dipenuhi oleh putranya yang akhirnya berakhir dengan membuat putranya frustasi karena tidak mampu memenuhi ekspektasi sang ayah.

Film dengan kisah yang luar biasa ini berhasil masuk dalam nominasi bergensi di ajang penghargaan perfilman Korea Selatan. Bahkan, film ini masuk ke dalam 10 kategori dalam Penghargaan Film Blue Dragon dan juga berhasil menjadi wakil Korea Selatan di ajang Academy Awards ke-88 dalam kategori film berbahasa asing terbaik walaupun tidak sampai masuk ke dalam list nominasi Oscar.

4. THE AGE OF THE SHADOW

THE AGE OF THE SHADOW disutradarai oleh Kim Jee-Woon pada tahun 2016. Film yang bercerita dengan mengambil latar belakang ketika Jepang melakukan pendudukan di Korea Selatan ini juga pernah menjadi wakil Korea Selatan di ajang Penghargaan Academy Awards ke-89.

Walaupun tidak keluar menjadi salah satu nominee dalam ajang tersebut tetapi film ini berhasil memenangkan penghargaan di Baeksang Awards, Grand Bell Awards, dan juga berhasil menang di ajang Penghargaan Film Asia.

5. A TAXI DRIVER

A TAXI DRIVER adalah sebuah film drama aksi sejarah Korea Selatan tahun 2017 garapan Jang Hoon, dengan Song Kang-ho membintangi peran utamanya, bersama dengan Thomas Kretschmann. Film tersebut dirilis pada 2 Agustus 2017 di Korea Selatan.

Film ini menceritakan mengenai kerusuhan di Gwanju pada tahun 1980 dimana seorang supir taksi mengantar salah satu Jurnalis Jerman untuk meliput kerusuhan tersebut dengan berbagai bahaya yang harus mereka alami. Film ini juga memenangkan penghargaan international pada Blue Dragon Film Awards dan Grand Bell Awards, juga menjadi Film yang mewakili Korea Selatan di ajang Oscar 2017.

6. BURNING

Film BURNING yang tayang pada tahun 2019 disutradari oleh Lee Chang-Dong. Film ini bercerita tentang seorang gadis yang bertemu seorang laki-laki yang memiliki hobi yang aneh bernama Ben.

Film BURNING ini sendiri juga memenangkan banyak penghargaan salah satunya dalam penghargaan Grand Bell dan berhasil menjadi Film wakil Korea Selatan di Oscar 2018. Tidak seperti film sebelumnya film Burning ini berhasil masuk ke tahap ke 2 atau short list di Academy Awards walau gagal menjadi nominee pada ajang bergensi tersebut.

7. PARASITE

Siapa yang tidak tahu dengan Film PARASITE? Film yang digarap oleh Bong Joon-Ho ini berhasil masuk ke dalam 6 nominasi korea dan berhasil membawa pulang 4 piala Oscar dan menjadi film pertama asal Korea Selatan yang membawa pulang Best Foreign Language Film di ajang bergensi tersebut. Selain memenangkan nominasi Foreign Language Film, Parasit juga memenangkan kategori Best Original Screen Play, Best Director, dan Best Picture.

8. MINARI

Film yang tayang pada tanggal 21 April 2021 (waktu Indonesia) ini juga berhasil masuk nominasi oscar seperti pendahulunya PARASITE. Film yang tayang pada tahun 2021 ini bahkan memecahkan sejarah dengan masuk ke dalam 6 nominasi Oscar sekaligus.

Dalam ajang Academy Awards ke-93, MINARI (2021) masuk ke dalam nominasi sebagai film terbaik, sutradara terbaik, skenario asli terbaik, aktor terbaik, aktris pendukung terbaik, dan skor terbaik.

Ditulis Oleh: Siti Radibah Imatufariq


REKOMENDASI
TRENDING