KOREA

Titik Balik Kesuksesan BTS Diungkap Para Direktur Agensi K-Pop, 6 Hal Ini Jadi Kunci Utamanya

Jum'at, 16 April 2021 19:45 Penulis: Iwan Tantomi

credit via Big Hit Music/HYBE & YouTube/AYO

Kapanlagi.com - Popularitas BTS terus menyita banyak pasang mata. Bukan saja dari kalangan media internasional, tetapi beberapa pelaku industri di Korea juga menganalisa, bagaimana idol K-Pop yang digawangi oleh RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V dan BTS ini meraih sukses besar.

Para direktur agensi K-Pop yang diwakili oleh Yoon Seon Mi dan Yoon Ho Joon pun membeberkan rahasia di balik kesuksesan BTS di akun YouTube AYO. Keduanya diketahui merupakan direktur bisnis di FirstOne Entertainment. Agensi yang berdiri pada 2019 itu menangani artis solo seperti Kisum, serta sebuah grup di Filipina bernama 1st.One.

credit: YouTube/AYOcredit: YouTube/AYO

Sebelum itu, mereka berdua pernah bekerja di JYP Entertainment selama beberapa tahun, dan menangani idol K-Pop terkenal seperti Wonder Girls, 2PM dan Miss A. Lantas, bagaimana pandangan Seon Mi dan Ho Joon akan kesuksesan BTS?

1. BTS Bukan Berasal dari 3 Agensi Besar

Cerita perjuangan BTS sedak debut pada 2013 silam cukup terkenal di Korea. Hal ini seiring dengan kesuksesan idol K-Pop tersebut, hingga dianggap berulang kali membanggakan Negeri Ginseng.

Menurut para direktor agensi K-Pop tersebut, BTS tak berasal dari 3 agensi besar, seperti JYP Entertainment, SM Entertainment maupun YG Entertainment. Sebaliknya BTS merupakan idol K-Pop debutan Big Hit Entertainment yang saat itu sangat kecil dan terkenal, sebelum akhirnya kini menjadi raksasa hiburan Korea dan berubah nama menjadi HYBE.

2. BTS Tak Muncul di TV

Menurut Yoon Ho Joon, ketika BTS debut, mereka hampir tak pernah muncul di TV. "Ketika BTS debut pertama kali, mereka jarang bahkan nyaris tak pernah muncul di TV," ungkapnya.

Padahal di masa itu menurut Ho Joon, cara utama untuk mempromosikan sebuah album adalah dengan tampil di acara musik, seperti M Countdown dan Music Bank.

"Stasiun TV saat itu tak menginginkan grup yang tak terkenal seperti BTS untuk tampil (karena alasan rating)," imbuh Ho Joon. 

3. Dapat Slot Sisa-Sisa Tampil di Acara Musik

Lebih lanjut, Hoo Jon mengungkapkan, "BTS harusnya pergi ke berbagai acara musik, tetapi bisa jadi ditolak stasiun TV untuk tampil."

Faktanya, sebagai diketahui oleh banyak ARMY veteran, satu-satunya penampilan BTS di acara musik saat debut hanya di M Countdown. Itu pun dapat slot sisa-sisa setelah ada grup yang memutuskan untuk mundur di menit-menit terakhir.

4. Pilih Media Sosial untuk Promosi

Sulitnya promosi album waktu debut di stasiun TV, akhirnya membuat BTS memilih promosi lewat media sosial. Langkah itu pun dinilai sebagai eksperimen yang tak pasti efektif atau tidak di masa itu.

"Komunikasi apalagi promosi lewat media sosial saat itu bukanlah hal yang umum dilakukan saat itu," ungkap Ho Joon menanggapi pilihan BTS yang dilakukan akibat terdesak keadaan.

Hanya belakangan ini saja, media sosial seperti Twitter dan Instagram aktif digunakan sebagai media untuk promosi para idol K-Pop.

5. BTS Buka Akun Twitter pada 2012

Beratnya proses di awal-awal debut, tak membuat BTS berhenti berjuang begitu saja. BTS diketahui resmi membuka akun Twitter pada 2012, beberapa bulan sebelum debut.

Menariknya, strategi tersebut terbilang sukses untuk menjaring para penggemar. "Memilih gebrakan baru, BTS coba berkomunikasi dengan para penggemar untuk pertama kalinya, bukan hanya dalam bahasa Korea, tetapi bahasa Inggris juga di Twitter," kata Seon Mi.

6. BTS Cepat Mengikuti Tren

Seon Mi juga menjelaskan setelah membuka media sosial, BTS bukan saja aktif membangun komunikasi dengan penggemar, tetapi juga cepat beradaptasi dan mengikuti tren.

"Jika saya boleh berkata jujur, BTS sangat cepat beradaptasi dan mengikuti tren yang ada lewat media sosial," ungkap Seon Mi.

Ia menambahkan jika BTS bahkan mampu membangun personal branding hingga konsep bermusik yang sesuai dengan perkembangan zaman. "BTS juga sangat mampu membangun persona hingga musik yang benar-benar diminati pasar sesuai zamannya," pungkasnya.

Baik Yoon Ho Joon maupun Yoon Seon Mi pun sepakat jika semangat juang yang tinggi ditambah dedikasi penuh kepada fans, membuat BTS akhirnya sukses dan besar seperti sekarang.

Kalau menurut kamu gimana KLovers?

(kly/tmi)

Reporter: Iwan Tantomi


REKOMENDASI
TRENDING