KOREA

Vicky Zhao Wei, Si Putri Huan-Zhu Cantik Yang Tak Bisa Menua

Jum'at, 15 Agustus 2014 15:01 Penulis: Arai Amelya

Vicky Zhao Wei foto via Asianinny

Kapanlagi.com - Namanya adalah Zhao Wei, tetapi orang Indonesia begitu mengenalnya sebagai Vicky Zhao. Dia adalah aktris Taiwan, penyanyi pop sekaligus sutradara yang bagi kamu besar di era 90-an, akan mengingat sosoknya sebagai sang Putri Huan-Zhu, Xiao Yanzi.

Perannya dalam serial itu langsung membuat nama Zhao menjadi aktris muda berbakat kawasan China yang sangat diperhitungkan. Popularitasnya melambung sampai dipuja di tingkat Asia. Enggan diam saja dalam dunia serial TV Taiwan, Zhao mulai melebarkan kariernya ke Hong Kong serta China dan bermain film di sana.

Memulai karier pada tahun 1990 saat masih berusia belasan tahun, kini Zhao sudah memiliki segudang pengalaman dan prestasi di dunia perfilman China. Ada satu hal yang tak pernah bisa lepas dari sosok Zhao yakni wajah cantiknya yang selalu tampak awet muda dan tidak bisa menua.

Apakah kamu termasuk fans dari si cantik Vicky Zhao Wei?

1. Sang Putri Huan-Zhu

Vicky Zhao Wei memulai pengalaman pertamanya di depan kamera pada tahun 1990 saat masih berusia 14 tahun. Zhao saat itu terpilih sebagai aktor pendukung dalam film HUA HUN yang dibintangi Gong Li. Usai lulus ujian SMA, Zhao justru melepaskan mimpinya sebagai guru TK dan memulai petualangannya di dunia akting.

Memulai kariernya dari peran pendukung, seorang penulis Taiwan, Chiung Yao tertarik pada sosok Zhao yang berpipi chubby ini. Setelah berjuang mengurangi berat badannya, Zhao akhirnya terlibat dalam drama My Fair Princess (Princess Pearl) atau kamu mengenalnya dengan Putri Huan-Zhu sebagai pemeran utama, seorang putri tomboy dan polos, Xiaoyanzi.

Aktingnya yang terlihat polos itu membuat Zhao langsung dipuja. Serial TV itu bahkan membuat namanya populer di kawasan Asia. Lagipula, siapa sih yang nggak gemas lihat kemesraan cute yang ditampilkan Zhao dengan si ganteng Alec Su alias Pangeran Yongqi?

2. Sukses di Kabut Cinta

Setelah kesuksesannya yang luar biasa dengan Putri Huan-Zhu, Zhao bermain dalam berbagai serial TV dan film lainnya seperti TREASURE VENTURE, THE DUEL yang diarahkan oleh Jeff Lau. Namun dirinya akhirnya kembali bergabung dengan rekan-rekannya di serial fenomenal Putri Huan-Zhu seperti Ruby Lin, Leo Ku dan tentunya Alec Su dalam drama berjudul Romance in the Rain atau yang di Indonesia populer dengan Kabut Cinta.

Berbeda dengan perannya sebagai Putri Huan-Zhu, kali ini Zhao menjadi Lu Yiping, seorang gadis yang berniat balas dendam kepada ayah dan kedelapan istri ayahnya yang lain. Serial ini pun sukses berat di Indonesia, kendati Zhao kali ini tidak dipasangkan dengan Alec melainkan dengan Leo.

Lagipula siapa sih yang tidak ingat dengan lagu soundtrack-nya yang sangat fenomenal dan dinyanyikan Zhao itu? Hau Siang Hau Siang..

3. Tampil Total

Menikmati popularitasnya sebagai aktris papan atas Taiwan, sepertinya tidak membuat Zhao puas. Pada tahun 2001, Zhao mencoba kemampuannya bermain dalam film komedi. Saat itu usia Zhao adalah 25 tahun dan dia digaet oleh Stephen Chow, sutradara sekaligus aktor Hong Kong untuk terlibat dalam film SHAOLIN SOCCER.

Tak ada lagi sosok Zhao si putri atau wanita cantik, tetapi dia menjadi seorang biksu gundul yang pandai bermain sepakbola. Sungguh perubahan drastis akan aktingnya dan tetap dimainkan luar biasa olehnya.

Setelah itu Zhao bermain dalam film komedi romantis, CHINESE ODYSSEY 2002 yang membuatnya meraih nominasi Aktris Pendukung Terbaik di ajang 39th Golden Horse Awards.

4. Berani Seksi

Dengan usianya yang sudah semakin dewasa, Zhao pun mulai meninggalkan peran-peran tipikal gadis tomboy yang periang atau gadis baik-baik. Pada tahun 2002, bersama Shu Qi dan Karen Mok dia terlibat dalam film SO CLOSE. Dalam film itu Zhao menjadi seorang pembunuh bernama Sue.

Menjadi sosok pembunuh bernama Sue, Zhao semakin dipuji karena akting dan penampilannya yang berbeda. Dia bahkan tak segan-segan terlihat seksi yang begitu mempesona. Zhao sepertinya semakin ingin melepas imej gadis baik-baik yang selama ini begitu melekat pada dirinya.

5. Main Film Besar

Kecantikan Zhao Wei sepertinya memang begitu mempesona siapa saja. Bahkan pada tahun 2006, Zhao yang saat itu berusia 30 tahun masuk dalam daftar Majalah People sebagai 100 Wanita Tercantik di dunia. Di tahun yang sama itu pula, Zhao mengikuti ujian sebagai sutradara di Akademi Film Beijing.

Menjadi salah satu aktris termahal di Taiwan, Zhao bahkan dibayar CNY 100 ribu (Rp 189 jutaan) setiap episode. Hingga akhirnya sutradara papan atas China yang kaliber Oscar, John Woo, menggaetnya dalam film epik kolosal bertabur bintang China, RED CLIFF.

Menjadi Sun Shangxiang, publik seakan teringat pada sosok Zhao muda yang sukses menjadi Putri Huan-Zhu. Karakter Shangxiang digambarkan sebagai seorang wanita yang juga tomboy dan tertarik pada kungfu. Dalam film itu, Zhao bermain dengan nama-nama besar seperti Tony Leung, Chang Chen, Lin Chiling dan si ganteng Takeshi Kaneshiro.

6. Menikah!

Sebagai aktris China papan atas yang berparas sangatlah cantik, tentu publik begitu bertanya-tanya siapakah pria yang beruntung mendapatkan hatinya. Sebelumnya Zhao yang seorang vegetarian ini sempat dikabarkan berpacaran dengan Wang Yu tetapi putus pada tahun 2004.

Namun akhirnya terungkap bahwa pria yang beruntung menjadi pendamping hidupnya itu adalah seorang pebisnis China bernama Huang Youlong. Zhao yang termasuk jarang terbuka soal kehidupan pribadinya ini akhirnya menikah pada tahun 2008 di Singapura. Pernikahannya ini juga memupuskan harapan fans RED CLIFF yang begitu berharap Zhao bisa menjalin kasih dengan Kaneshiro.

Usai menikah, dua tahun kemudian Zhao melahirkan seorang putri cantik pada 11 April 2010.

7. Pasangan Favoritnya...

Zhao Wei memang sudah menikah dengan Huang Youlong dan memiliki seorang putri cantik. Namun publik tak bisa melupakan chemistry yang dia bangun bersama Alec Su dalam Putri Huan-Zhu. Tak sedikit pihak yang benar-benar berharap mereka berdua bisa berpasangan kembali. Melihat Zhao dan Alec, fans begitu gemas pada kesan cute mereka berdua.

Keinginan itu terjawab pada November 2013. Di mana Zhao akhirnya melakukan comeback di dunia TV dengan menjadi juri dalam musim kelima ajang pencarian bakat China's Got Talent. Kembalinya Zhao dan Alec dalam satu layar ini membuat semua orang merasakan nostalgia yang luar biasa.

Hmm, apakah Alec memang pasangan yang sangat cocok bagi Zhao?

8. Sudah 38 Tahun

Kini 17 tahun sudah berlalu semenjak nama Vicky Zhao Wei menjadi pujaan banyak orang di kawasan Asia. Zhao pun sudah mengukuhkan dirinya sebagai aktris China papan atas yang sangat populer di dunia. Berbagai drama dan film sudah dia mainkan dengan begitu apik. Tak terhitung sudah iklan atau cover majalah yang menggaet Zhao.

Usia Zhao saat ini memang sudah tidak muda lagi. Dia sudah menginjak 38 tahun pada 12 Maret silam. Namun wajahnya seakan tidak pernah menunjukkan bahwa dia menua. Publik akan selalu mengenangnya sebagai Putri Huan-Zhu yang tak hanya cantik tetapi juga imut dan baik hatinya.

Hmm, mungkin lain waktu Zhao harus memberitahu fans bagaimana caranya awet muda ya.

(kpl/aia)

Editor: Arai Amelya

Now that you are AWAKE, it's time for you to wake right now!

Awake
REKOMENDASI
TRENDING