PERSONAL

Molucass adalah grup vokal yang digawangi oleh 3 personel cantik yaitu Milly Carin Loppies atau Pita, Lea Naomi Risamasu atau Lea, dan Audry Papilaja atau Audry. Sama seperti dengan namanya, grup vokal ini berasal dari Maluku (dalam bahasa Inggris, Molucass berarti Maluku). Berbeda dengan grup vokal lain, Molucass yang terbentuk pada pertengahan tahun 90-an ini mengusung genre R&B dengan sedikit sentuhan jazz.

Molucass terbentuk di bawah tangan dingin Tantowi Yahya dengan manajemennya yaitu Cippy Production. Personel Molucass merupakan nama – nama yang telah malang melintang di jalur festival dan backing vokal. Pita adalah Juara I Cipta Pesona Bintang 1992. Sebelumya tahun 1990 dia sempat lolos ke babak final Voice of Asia yang kemudian ia teruskan ke ajang Asia Bagus tahun 1993.

Sedangkan Audry pernah mengikti ajang Asia Bagus tahun 1993 dan 1994. Kemudian dia juga menjadi vokalis grup band Batere. Audry juga sempat menyanyi di album TIFA REMA DENDANG, album yang digarap oleh salah satu personel Masnait VG. Dia juga mempunyai pengalaman bernyanyi dari panggung ke panggung bersama Ocean Park Band.

Terakhir adalah Naomi. Ia pernah bergabung dengan Galilea Choir, sebuah kelompok paduan suara yang biasa mengisi gelaran rohani. Selain sebagai penyanyi, ia juga laris sebaga model. Ia pernah membintangi iklan Fanta, Smile Up, dan menjadi model video klip ALV Band.

Namun tak berapa setelah terbentuk, salah satu personelnya yaitu Audry mengundurkan diri dari grup ini. Pengunduran diri Audry sempat diwarnai konflik yang melibatkan jalur hukum sebab Audry merasa bahwa haknya sebagai penyanyi dalam grup ini tidak dipenuhi. Saat ini, Audry bergabung dengan Bunglon Band.

Posisi Audry kemudian digantikan oleh penyanyi berkarakter vokal mezzosopran yaitu Maria da Silva.

KARIR

Molucass meluncurkan album pertama mereka yang bertajuk SE pada tahun 2001. Album ini menjadi penanda dimulainya mereka bergabung di dunia musik Indonesia.

Album kedua Molucass diluncurkan 5 tahun kemudian. Kemunculan album kedua ini berjarak cukup jauh dengan album pertama sebab setelah peluncuran album pertama, Molucass didera konflik internal yang membuat Audry harus keluar dari grup ini.

Album kedua Molucass yang US2U ini sekaligus menjadi ajang pengenalan personel baru yaitu Maria da Silva. Kehadiran Maria mampu member warna baru dalam vokal Moluccas sebab ia mempunyai karakter suara mezzosopran yang melengking tinggi. Karakter vokal ini akan terdengar sangat indah apabila disandingkan dengan suara alto yang dimiliki oleh 2 personel sebelumnya.

 

DISKOGRAFI

SE (2001)

US2U (2006)

Baca Profil Lengkap Moluccas ▼