Bukan Remake Versi 2002, Begini Proses di Balik Pembuatan Film 'KAFIR'

Jum'at, 27 Juli 2018 10:00 Penulis: Rezka Aulia
Bukan Remake Versi 2002, Begini Proses di Balik Pembuatan Film 'KAFIR' Karya terbaru Upi bukanlah remake film KAFIR 2002. (instagram.com/upirocks)

Kapanlagi.com - Upi menjadi produser kreatif serta penulis skenario film KAFIR yang disutradarai oleh Azhar Kinoi Lubis. Meski memiliki judul serta memakai bintang yang sama yakni Sujiwo Tejo, versi 2018 bukan remake atau prekuel film yang dirilis tahun 2002 silam.

Awalnya produser Chand Parwez meminta kepada Upi untuk menulis skrip remake film KAFIR. Namun wanita berusia 46 tahun ini menolak lantaran ia tak mau membuat karya remake. Lantaran terus dipaksa, Upi bersedia asal membuat cerita yang baru.

"Awalnya Pak Parwez emang minta saya nulis remake KAFIR. Tapi saya kan orangnya bosenan, saya nggak kepengin aja bikin remake. Tapi karena saya suka film horor, saya bilang akan bikinin skripnya tapi cuma ambil benang merah tentang seorang dukun. Cuma itu aja, sisanya kita ubah," cerita Upi ditemui di kawasan Rasuna Said, Jakarta Selatan, Kamis (26/7/2018).

Upi mengaku tak ada urgensi untuk membuat remake versi 2002. (KapanLagi.com/Bayu Herdianto)Upi mengaku tak ada urgensi untuk membuat remake versi 2002. (KapanLagi.com/Bayu Herdianto)

Mengingat membuat naskah baru, Upi tak perlu repot-repot menonton film aslinya. "Sebenarnya saya nggak tahu bedanya sama versi lama karena saya cuma nonton lima menit doang. Cuma yang pasti cerita dukunnya nggak sebanyak di film yang dulu," sambungnya.

Upi lantas menjelaskan alasan krusial mengapa ia enggan me-remake film KAFIR yang disutradarai oleh Mardaly Sjarif. Ia merasa rentang tahunnya terlalu dekat untuk sebuah remake dan tidak memiliki urgensi di balik proses buat ulang itu.

"Kan sekarang udah banyak film remake-remake, nah, saya nggak mau aja. Film KAFIR jaraknya masih terlalu dekat gitu lho, 2002 kan belum terlalu lama. Ngapain saya remake film yang rilisnya terlalu dekat," tandasnya.

(kpl/abs/rna)

Reporter:

Adi Abbas Nugroho


REKOMENDASI
TRENDING