FILM INDONESIA

Daftar Serial Adaptasi Novel Wattpad Populer, Dari 'DEAR NATHAN' sampai 'KISAH UNTUK GERI'

Selasa, 09 Maret 2021 11:15 Penulis: Luthfia Miranda Putri

Serial adaptasi novel Wattpad © Istimewa

Kapanlagi.com - Beberapa tahun terakhir industri buku di Indonesia diramaikan oleh kehadiran novel-novel beragam genre yang diambil dari platform kepenulisan Wattpad. Kepopuleran novel itu dibaca jutaan kali berimbas pada lakunya penjualan buku dalam bentuk fisik.

Kini ketika pandemi melanda, banyak novel Wattpad diadaptasi menjadi serial untuk saluran streaming. Beberapa sudah tayang, lainnya masih dalam tahap produksi. Berikut rangkumannya yang bisa disimak.

1. DEAR NATHAN THE SERIES [2017]

Dear Nathan merupakan novel karya Erisca Febriani yang dibukukan setelah mendapat popularitas di platform kepenulisan Wattpad. Kisah cinta Nathan dan Salma ini menjadi novel Wattpad pertama yang diadaptasi ke layar lebar dan tergolong cukup berhasil terbukti dari meroketnya karir Jefri Nichol dan Amanda Rawles di industri perfilman pasca terlibat.

Menyusul kesuksesan filmnya, pihak Rapi Films memutuskan membuat versi serial yang hadir setiap hari di RCTI dengan bintang Syifa Hadju serta Zikri Daulay. Serial ini membukukan sebanyak 24 episode dan mendapatkan beragam respon penggemar novelnya.

2. ASYA STORY [2020]

Asya Story merupakan novel laris karya Sabrina Febrianti yang menceritakan kehidupan anak SMA bernama Asya setelah menjadi korban pemerkosaan hingga hamil. Novel ini menjadi adaptasi Wattpad pertama yang dibuatkan serial dan tayang di saluran streaming.

Berbeda dari serial pada umumnya, Ichwan Persada selaku sutradara dan penulis skenario membuatnya menjadi 24 episode dengan jatah tayang masing-masing enam episode per musim.

ASYA STORY sendiri dibintangi oleh Brigitta Cynthia memerakan tokoh utama bernama Asya. Selain eks personel Cherry Belle tersebut, serial ini turut dibintangi para pendatang baru sebut saja Firsan Abdullah, Sani Fahreza dan Alzio.

3. FRIENDSHIT [2020]

Menyusul kesuksesan ASYA STORY, Ichwan Persada gerak cepat membuat serial lain. Masih bersumber novel Wattpad laris, kali ini dari karya penulis Queen Nakey bertajuk FRIENDSHIT.

Serial ini dibintangi banyak pendatang baru hasil audisi yang diharapkan bisa memunculkan bibit unggul calon bintang masa depan.

Konsep FRIENDSHIT sama dengan produksi Ichwan sebelumnya di bawah bendera Indonesia Sinema Persada. Yakni dirilis enam episode per tahun dari jumlah total 24 episode. Enam episode ini durasinya berbeda-beda namun tak sampai lebih dari dua puluh menit.

4. TURN ON [2021]

TURN ON merupakan tajuk dari original series milik saluran streaming Vidio yang diproduksi oleh Screenplay Productions. Berbeda dengan DEAR NATHAN, ASYA STORY dan FRIENDSHIT, novel Wattpad karya Tiara Wales ini belum dibukukan walau sudah dibaca sebanyak 16,5 juta kali.

Serial sepanjang delapan episode ini dibintangi Giorgino Abraham dan Clara Bernadeth. Menyorot kehidupan Andreas, seorang pengusaha yang alat kejantanannya alami gangguan karena trauma. Pertemuan dengan gadis bernama Maria memberinya harapan untuk sembuh.

5. KISAH UNTUK GERI [2021]

Serial KISAH UNTUK GERI baru saja tayang di saluran straming We TV sejak pekan lalu (5/3/2021) dan direncanakan hadir sebanyak sembilan episode. Serial ini menjadi ajang reuni Angga Aldi Yunanda dan Syifa Hadju setelah beberapa tahun lalu terlibat sinetron bersama.

KISAH UNTUK GERI diadaptasi dari novel Erisca Ferbriani. Awalnya MD Pictures selaku pihak rumah produksi berencana menjadikannya film layar lebar, namun karena pandemi akhirnya diubah menjadi serial.


REKOMENDASI
TRENDING