'DILAN 1990' Tak Hanya Bikin Baper Para ABG Tapi Juga Ibu-ibu, Ini Alasannya

Selasa, 10 April 2018 13:15 Penulis: Tyssa Madelina
'DILAN 1990' Tak Hanya Bikin Baper Para ABG Tapi Juga Ibu-ibu, Ini Alasannya © Instagram/dilanku - KapanLagi.com/Agus Apriyanto

Kapanlagi.com - Film DILAN 1990 memang sudah turun layar. Namun, hingga saat ini masyarakat sepertinya tidak mudah melupakan begitu saja adegan-adegan dari film karya Fajar Bustomi yang diadaptasi dari novel terlaris karya Pidi Baiq itu. Tidak hanya dialog-dialog romantis Dilan yang kini menjadi gombalan wajib tapi juga berbagai meme dan parodi yang terus bermunculan.

Sejak tayang pada 25 Januari 2018, film yang dibintangi oleh Iqbaal Ramadhan dan Vanesha Prescilla itu pun berhasil meraih 6 juta penonton lebih. Film DILAN 1990 ini benar-benar sukses bikin baper para ABG bahkan ibu-ibu juga ketagihan menonton filmnya. Hal tersebut ternyata juga dialami mama muda ini.

Wina Natalia (Istri Anji) Ketagihan Sampai Nonton Empat Kali

Wina istri Anji nonton DILAN 1990 sampai empat kali! © Instagram/winataliaWina istri Anji nonton DILAN 1990 sampai empat kali! © Instagram/winatalia

Wina Natalia, istri penyanyi Anji ini juga punya cerita lain tentang film DILAN 1990. Ibu empat orang anak ini mengaku sudah menonton film DILAN 1990 sebanyak empat kali. Bahkan ia berniat untuk menonton untuk kelima kalinya. Tapi sayangnya sudah tidak ada di bioskop. "Baru (nonton) empat kali. Hehe. Mau nonton kelima kali tapi sudah turun (layar)," ujar Wina sedikit kecewa saat dihubungi Kapanlagi.com belum lama ini.

Wina mengatakan alasannya menyukai film DILAN 1990 karena bisa membawa ibu-ibu nostalgia pada zaman 1990. Karena itulah banyak ibu-ibu yang baper bukan hanya para ABG saja. Wina juga mengaku baru kali ini menonton film Indonesia sampai bikin baper maksimal dan tidak bosan menontonnya. Ia juga sangat gemas dengan karakter Dilan dan Milea yang diperankan Iqbaal dan Vanesha.

"Soalnya filmnya bikin senyum-senyum sendiri. Film Indonesia yang bagus tuh banyak menurut aku ada beberapa lah. Tapi kayaknya belum pernah ada film Indonesia yang bikin aku nontonnya sampai senyum-senyum sendiri terus pulang masih kepikiran. Mungkin karena ini kali ya, balik lagi ke zaman muda," papar Wina.

Wina merasa gemas dengan akting ciamik Vanesha dan Iqbaal. © Instagram/dilankuWina merasa gemas dengan akting ciamik Vanesha dan Iqbaal. © Instagram/dilanku

"Malah kayaknya lebih banyak yang ibu-ibu deh atau yang lebih dewasa sih yang baper sama film ini. Ini kan settingannya tahun 1990. Lucu gitu gombalannya. Mungkin karena kita udah lama nggak lihat gombalan kayak gitu. Memang yang mainVanesha itu tuh menurut kami dapat feel-nya. Kegilaan kita tuh sampai lihatin video Iqbaal sama Vanesha. Mereka tuh lucu. Selama aku nonton film Indonesia belum pernah melihat pasangan seperti mereka," lanjutnya.

Bahkan setelah menonton film DILAN 1990 sampai empat kali, Wina juga ketagihan membaca novelnya. "Tadinya aku nonton juga nggak tahu Dilan itu apa. Nggak pernah tahu dari novel apa. Cuma pengin tahu aja. Cuma kita setiap ada film baru suka nonton. Gara-gara nonton filmya terus senang, beli novel tiga-tiganya dan itu bacanya juga berkali-kali. Lucu, gemas gitu," ungkapnya.

Saat ditanya scene favoritnya di film DILAN 1990, Wina memilih adegan saat Dilan dan Milea sedang asyik makan bakso. Lalu Dilan memberikan sebuah kerupuk dan meminta Milea membagi dua kerupuknya. Di mana potongan pertama dimakan sementara sisanya untuk makan malam. Pasangan yang gemas bukan?

"Banyak, scene favorit aku paling suka yang dia potek kerupuk yang lagi makan di warung. Mau berantem kan, terus (Milea) bilang pengin kamu (Dilan) yang menang. Itu ekspresinya (suka)," pungkas Wina seraya tertawa.

Ririn Ekawati Jadi Ingat Pacaran Ala Tahun 1990-an

Ririn teringat nostalgia masa lalu saat nonton DILAN 1990. © KapanLagi.com/Agus ApriyantoRirin teringat nostalgia masa lalu saat nonton DILAN 1990. © KapanLagi.com/Agus Apriyanto

Ririn Ekawati mengaku sudah dua kali menonton film DILAN 1990. Menurutnya film yang mengambil lokasi syuting di Bandung, Jawa Barat itu benar-benar berhasil membawanya nostalgia di zaman tahun 1990. Ia menjadi ingat masa-masa pacaran saat SMA.

"Karena menurut aku filmnya sendiri alur ceritanya bagus, dimainkan dengan karakter yang pas dan seperti nostalgia gitu. Karena aku lulus tahun 1990-an. Jadi aku kayak ngerasain lagi masa-masa waktu SMA," ujar Ririn saat dihubungi lewat sambungan telepon oleh Kapan lagi.com belum lama ini.

"Jadi kayak flashback seperti yang ada di film. Karena ada beberapa yang pernah terjadi sama aku. Jadinya kayak seru aja nontonnya, gombal-gombalannya, dari telpon umumnya dan zamannya aku SMA tuh kayak gitu. Nelpon dari telepon umum, cowok nyamperin ke rumah izin sama orangtua yang kayak gitu-gitu dan menurut aku mereka berhasil membawa kita ke masa-masa tahun 90-an," lanjutnya.

Ririn mengagumi setiap scene DILAN yang membawanya kembali ke zaman dulu. © Instagram/dilankuRirin mengagumi setiap scene DILAN yang membawanya kembali ke zaman dulu. © Instagram/dilanku

Tidak salah jika memang film ini berhasil membuat para ibu-ibu nostalgia sekaligus baper dengan alur ceritanya. Karena hal itu juga yang dirasakan Ririn yang sudah memiliki dua anak itu. "Iya sampai ada ibu-ibu yang pakai baju sekolah datang ke bioskop nonton Dilan. Mungkin film itu berhasil membawa kita ke masa-masa tahun 90-an. Jadi kayak benar-benar merewind segala sesuatu yang kita pernah jalanin. Nah kebetulan mungkin ibu-ibu yang pada masa itu ada, pengin tahu film itu kayak apa. Setelah mereka nonton saya baca reviewnya ada yang sampai sembilan kali. Karena film itu berhasil bernostalgia. Orang yang nonton itu nostalgia pada tahun itu tuh kayak gitu," cerita Ririn.

Sementara untuk karakter Dilan dan Milea yang diperankan oleh Iqbaal dan Vanesha itu juga mendapat respon yang baik dari masyarakat. Walau awalnya sempat terjadi pro kontra dengan pemilihan Iqbaal sebagai Dilan. Tapi, menurut Ririn, Iqbaal sangat pantas memerankan tokoh Dilan. Apalagi dengan prestasi dia di bidang pendidikan yang membuat para penggemarnya semakin terkesan.

"Masing-masing karakter ini tuh memainkan dengan baik banget. Pas dalam porsinya. Kayak Iqbaal yang jujur saya belum pernah nonton film-film dia sebelumnya. Saya baru nonton baru kali ini dan menurut aku dia sangat berhasil memainkan karakter Dilan itu dengan bagus. Karena waktu zaman SMA pun cowok-cowok tuh kebanyakan kayak dia yang cungkring badannya, gayanya begitu bandel-bandelnya yang gentle. Aku suka Dilan karakternya tuh kayak cowok yang aku taksir di zaman tahun 90-an," papar Ririn.

Akting Iqbaal sebagai Dilan membuat Ririn kagum! © Instagram/dilankuAkting Iqbaal sebagai Dilan membuat Ririn kagum! © Instagram/dilanku

"Tapi setelah nonton film Dilan aku jadi cari tahu si Iqbaal ini dengan segala prestasinya dia, anaknya pintar, nyanyinya bagus dan rajin sholat, dapat beasiswa ke luar negeri. Jadinya karakternya keren," kata artis kelahiran 11 November 1982 itu.

Begitu juga dengan karaketer Milea yang diperankan oleh Vanesha. Walau belakangan ini banyak fans yang kecewa dengan Vanesha. Karena setelah bermain dengan Iqbaal di DILAN 1990, Vanesha langsung bermain film TEMAN TAPI MENIKAH dengan Adipati Dolken. Sehingga banyak fans yang tidak rela jika chemistry Dilan dan Milea akan memudar. Namun, Ririn yakin hal tersebut tidak banyak berpengaruh untuk film DILAN 1991 nanti. Ia bahkan yakin akting Vanesha semakin matang kedepannya dan chemistry dengan Iqbaal tetap terjaga.

"Kala aku pribadi sebagai pecinta film ngerti banget seorang aktris harus seperti apa, sebenarnya itu nggak ngaruh. Cuma kita nggak tahu orang awam yang nggak ngerti akting. Mereka kan melihat apa yang mereka lihat. Aku rasa Vanesha akan main lebih bagus (di Dilan 1991)," kata kakak dari pesinetron Rini Yulianti ini.

"Karena jujur aku nonton film dia yang Teman Tapi Menikah, kalau bisa dibandingin Vanesha bermain lebih bagus di TTM. Kelihatan proses akting dia dengan belajar. Malah lebih bagus dan dia bisa switch karakter Milea dan Ayu ini dengan berhasil. Aku rasa dia bisa balik lagi ke Milea kalau mainnya dalam ya. Aku melihatnya karakter Vanesha bisa jadi aktris besar karena zaman sekarang untuk aktris umur seperti dia, aktingnya seperti dia belum ada lagi," pungkasnya.

(kpl/rhm/tmd)

Reporter:

Nuzulur Rakhmah


REKOMENDASI
TRENDING