Film 'JAILANGKUNG' Berdasar Literatur Lama dan Konsep Mahal

Selasa, 06 Juni 2017 15:52 Penulis: Rahmi Safitri
Film 'JAILANGKUNG' Berdasar Literatur Lama dan Konsep Mahal JAILANGKUNG 2017 © Screenplay Pictures

Kapanlagi.com - Salah satu yang sedang ditunggu oleh pecinta film Indonesia saat ini adalah JAILANGKUNG. Film ini bukan lanjutan dari JELANGKUNG yang fenomenal di tahun 2001 tapi kebetulan digarap oleh orang yang sama yaitu Jose Poernomo dan Rizal Mantovani. Hampir sama dengan film pertama tapi Rizal menyebut bahwa di JAILANGKUNG, ia dan Jose menampilkan sosok arwah lain.

Trailer terbaru film Jailangkung yang dikeluarkan Screenplay films dan Legacy Pictures juga terlihat betapa production value film ini memang menawarkan visual menawan. Danau di tengah pulau, hutan lebat yang belum terlihat sebelumnya di film lain, lokasi dan set-rumah hingga penggunaan sea-plane menjadikan film Jailangkung adalah film pertama yang syuting menggunakan pesawat ini, film ini hadir sesuai konsep dua sutradaranya.

Dalam permainan jailangkung, berkomunikasi dengan arwah nampak mudah. Faktanya tidak begitu karena tak ada yang sederhana kalau sudah berkaitan dengan dunia mistis. Contohnya nyawa menjadi harga yang harus dibayar merupakan fakta yang bisa terjadi. Dan itulah yang ditampilkan dalam JAILANGKUNG. Literatur lama tentang pemanggilan arwah melalui boneka jailangkung menjadi pegangan Jose dan Rizal membuat cerita film ini. 

"Jujur, konsep yang kami bikin sejak awal tidak murah. Syuting di beberapa lokasi berbeda dengan dukungan kelengkapan syuting menjadikan film Jailangkung tampil sebagai film horor lebih grand. Kami beruntung Screenplay Films mengakomodasi konsep yang kami tawarkan,” jelas Jose.

Poster film JAILANGKUNG © Screenplay PicturesPoster film JAILANGKUNG © Screenplay Pictures

Jose mencontohkan penggunaan pesawat terbang amfibi (sea-plane) yang lumayan besar bujetnya. "Secara teknis butuh usaha lebih untuk menghasilkan visual pendaratan pesawat di danau itu,” jelas Jose. Begitu juga saat pengambilan gambar di kuburan.

Film JAILANGKUNG ini menampilkan bintang yang sama sekali berbeda dengan yang pertama. Kali ini ada Amanda Rawles, Jefri Nichol, Hannah Al Rashid, Lukman Sardi, Wulan Guritno dan Augie Fantinus. Pengalaman sedikit mistis pun dialami oleh Amanda yang berperan sebagai Bella.

"Entah sugesti atau memang nyata. Energi saat memegang boneka itu luar biasa besar. Dibanding saat berlarian di kuburan, adegan ritual memegang boneka jailangkung cukup menguras tenaga dan bikin was-was,” jelas Amanda.

Jose Poernomo sendiri juga masih mengingatkan untuk tidak mengucap mantra pengundang Jailangkung: Jailangkung… Jailangkung… Di sini ada pesta kecil – kecilan, "Datang Gendong, Pulang Bopong! Tapi silakan saja, kalau masih ingin mengucapkannya juga dalam satu ritual. Risiko tanggung sendiri!" katanya.

Penasaran seperti apa kisah seram JAILANGKUNG ini? Saksikan di bioskop terdekat mulai 25 Juni mendatang!

(kpl/pit)

Editor:

Rahmi Safitri


REKOMENDASI
TRENDING