Lebih Berbahaya, Jose Poernomo Ubah Mantra Panggil 'JAILANGKUNG'

Rabu, 31 Mei 2017 13:52 Penulis: Ahmat Effendi
Lebih Berbahaya, Jose Poernomo Ubah Mantra Panggil 'JAILANGKUNG' Jose Poernomo ©KapanLagi.com/Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - 16 Tahun berlalu pasca kesuksesan JELANGKUNG, Jose Poernomo dan Rizal Mantovani kembali berduet membuat film dengan tema boneka pemanggil arwah tersebut. Namun JAILANGKUNG yang dibuatnya kali ini bukan sekuel, remake atau prekuel, namun benar-benar cerita baru.

Setelah merilis teaser, poster dan trailer resmi, terungkap bila mantra pemanggilan arwahnya dibuat berbeda. Bila dulu dikenal dengan 'Datang Tak Dijemput, Pulang Tak Diantar', sekarang menjadi 'Datang Gendong, Pulang Bopong'.

Ternyata adalah alasan mistis kenapa akhirnya cara pemanggilan ini diubah. Dan menurut Jose Poernomo, apa yang dipakai sekarang efeknya benar-benar berbahaya sehingga jangan sampai ditiru.

Dalam film anyar JAILANGKUNG, Jose Poernomo menghadirkan mantra pemanggilan arwah yang lebih berbahaya. ©KapanLagi.com/Bayu HerdiantoDalam film anyar JAILANGKUNG, Jose Poernomo menghadirkan mantra pemanggilan arwah yang lebih berbahaya. ©KapanLagi.com/Bayu Herdianto

"Jadi ketika gue habis syuting JELANGKUNG, berbagai macam orang nyamperin, itu sekitar tahun 2003. Mereka orang dengan ilmu yang berbeda-beda, bahkan ada yang mengaku keluarga Padjajaran, ada yang mengaku keluarga segala macam. Mereka macam-macam lah ceritanya," kata Jose ditemui usai peluncuran trailer JAILANGKUNG di Plaza Senayan, Jakarta Pusat, Selasa malam (30/5).

Pria yang mengawali karir sebagai sutradara video musik itu kemudian melanjutkan, "Sampai akhirnya ada satu orang yang spesifik bilang bahwa mantra 'datang tak dijemput, pulang tak diantar' itu hasil revisi. Supaya kalau main jelangkung itu nggak perlu nganterin pulang. Jadi mantranya sengaja diamankan, jadi (arwah) datang, pulangnya pulang sendiri. Karena ternyata dulunya nggak begitu," ucapnya.

Jose kemudian menangkap sebuah fakta yang mengilhami pembuatan film baru dengan bintang Amanda Rawles dan Jefri Nichol ini."Dulunya mantra itu 'datang gendong, pulang bopong'. Kata dia kalau mantra itu pasti datang. Akhirnya dicoba dan saya pertama kali ngeliatin jelangkung gerak nggak kepegang. Itu masih terngiang ngiang sampai sekarang. Kata dia mantra 'datang tak dijemput, pulang tak diantar' itu masih level aman lah," pungkasnya.

(kpl/abs/sjw)

Reporter:

Adi Abbas Nugroho


REKOMENDASI
TRENDING