Film Laris Tidak Ikut FFI 2008

Rabu, 10 Desember 2008 06:34 Penulis: Darmadi Sasongko
Kapanlagi.com - Festival Film Indonesia (FFI) 2008 yang akan digelar di Kota Bandung, 12 Desember 2008 mendatang, tidak akan menyertakan film-film laris seperti LASKAR PELANGI dan AYAT-AYAT CINTA. Sebanyak 50 film panjang, 31 film dokumenter, dan 33 film pendek akan menjadi peserta dalam gelaran FFI 2008 ini.

Lima film bioskop yang masuk nominasi adalah 3 DOA 3 CINTA, CLAUDIA/JASMINE, FIKSI, MAY dan UNDER THE TREE.

Lokasi acara dipusatkan tepat di Jalan Diponegoro Bandung, antara Gedung Sate dan Lapangan Gasibu, di ruas jalan umum.

Ketua (Bidang Umum dan Dana) Panitia Pelaksana Lokal (PPL) FFI 2008, Askary Wiranataatmadja, di Bandung, Selasa (09/12) mengatakan, Kota Bandung dipilih sebagai tuan rumah penyerahan Piala Citra FFI 2008 karena memiliki beberapa latar belakang sejarah perfilman Indonesia.

Namun Askary yang juga menjabat Kadisbudpar Kota Bandung itu mengakui, pelaksanaan FFI 2008 ini minim sponsor. Pemkot Bandung sendiri hanya mengalokasikan dana anggaran yang tidak terlalu besar. Meski Askary tidak menyebutkan nilai anggaran tersebut.

Sementara itu seniman Bandung, Eka Gandra, yang juga sebagai Ketua Bidang Acara PPL-FFI 2008, menilai, ada kesan acara ini mendadak diadakan di Bandung.

"Sejak awal tidak ada kepastian bahwa pelaksanaan FFI 2008 digelar di Kota Bandung. Kontribusi untuk Bandung hanya dilihat sebagai daerah wisata saja," paparnya.

Ketua Bidang Apresiasi PPL-FFI 2008, Eddy D Iskandar menyayangkan keberadaan komposisi dewan juri yang dinilai tidak ada yang baru dengan tidak mengakomodir kalangan sineas muda.

"Saya melihat dalam gelaran FFI kali ini, dewan juri masih berasal dari muka-muka lama. Dari kalangan seniman dan budayawan. Seharusnya sineas muda diikutkan dalam posisi sebagai dewan juri," paparnya.

Sementara, Sekretaris FFI 2008, Edison Nainggolan berpendapat, komposisi dewan juri kali ini sudah dirasakan cukup memadai.

"Dewan juri adalah orang-orang yang sudah matang di bidangnya. Pelaksanaan FFI 2008 di Bandung ini bukan sebagai tempat pelarian, pasca penolakan hasil FFI 2007 di Pekanbaru," tegasnya.

Terkait tidak masuknya film-film yang sukses seperti LASKAR PELANGI dan AYAT-AYAT CINTA, Edison menyebutkan, peserta film dalam FFI adalah mereka yang mendaftarkan langsung ke panitia FFI. "Mereka yang tidak mendaftarkan karya mereka ke FFI, tentu tidak akan disertakan dalam FFI 2008," tandas Edison.

Untuk diketahui, absennya film laris seperti LASKAR PELANGI dan AYAT-AYAT CINTA dalam FFI kali ini, lantaran dua sineas muda, Riri Riza (LASKAR PELANGI) dan Hanung Bramantyo (AYAT-AYAT CINTA), tahun lalu menyatakan memisahkan diri dari FFI dan membentuk Masyarakat Film Indonesia (MFI) sebagai protes terhadap ketidakberesan kinerja dewan juri FFI. 

(kpl/dar)


REKOMENDASI
TRENDING