Film Terbaik 'SITI' Ternyata Sempat Tak Daftar FFI 2015, Kenapa?

Selasa, 24 November 2015 14:52 Penulis: Fitrah Ardiyanti
Film Terbaik 'SITI' Ternyata Sempat Tak Daftar FFI 2015, Kenapa? Eddie Cahyono - Ifa Isfansyah/©KapanLagi.com®/
Kapanlagi.com - SITI, film drama yang menyoroti kehidupan seorang perempuan yang menghidupi keluarganya siang malam ini sukses menyingkirkan empat nominator dan menjadi Film Terbaik tahun ini. Namun, sang sutradara, Eddie Cahyono, mengungkapkan fakta bahwa SITI sebenarnya sempat tak diikutkan FFI.

"Sebenarnya kita nggak daftar karena SITI terbentur dengan sensor. Lalu pihak panitia menelepon Mas Ifa (Ifa Isfansyah, produser), biar mereka mengurus izinnya," jelas Eddie saat ditemui usai FFI 2015 di ICE, Tangerang, Jawa Barat, Selasa dini hari (24/11).

Eddie menampik bahwa dirinya bukan tak bermaksud untuk tak ikut ajang penghargaan tertinggi bagi insan perfilman Indonesia ini. "Bukannya nggak tertarik. Kita udah daftarin ke LSF dan belum ada jawaban sama sekali saat itu," terangnya.

SITI sempat tak ikut FFI karena belum lolos sensor/©fourcoloursfilm.comSITI sempat tak ikut FFI karena belum lolos sensor/©fourcoloursfilm.com

SITI dan A COPY OF MY MIND adalah salah dua di antara lima nominator Film Terbaik yang belum diedarkan di Indonesia. Padahal SITI sudah melanglang buana di 20 festival film Internasional. 

"Sudah ada perbincangan dengan 21 (Twenty One). Mereka rencana ngasih slot (rilis) Januari tapi belum tahu juga," ungkap Eddie.

Setelah sabet tiga penghargaan di FFI 2015 yaitu Film Terbaik, Penata Musik Terbaik dan Penulis Skenario Asli Terbaik, akankah Eddie dan Ifa masih akan mengikutkan SITI ke festival film lagi? "Hmmm... cukup," tutup Eddie dengan singkat. Congrats, Mas Eddie dan Ifa!

(kpl/abs/tch)

Reporter:

Adi Abbas Nugroho


REKOMENDASI
TRENDING