Ichwan Persada Galang Dana Untuk Legenda Bola Indonesia

Sabtu, 29 Desember 2012 08:11 Penulis: Mahardi Eka
Ichwan Persada Galang Dana Untuk Legenda Bola Indonesia Ichwan Persada. Foto: Adi Abbas Nugroho
Kapanlagi.com - Tanggal 26 September 2012 menjadi momentum 25 tahun meninggalnya Ramang, sosok legenda sepakbola tanah air asal Makassar. Pada tanggal tersebut pula, Ichwan Persada meneguhkan semangat untuk segera mewujudkan obsesi lamanya: membuat film dokumenter tentang sang legenda.

Lelaki kelahiran Makassar ini terbang ke kampung halaman beberapa waktu lalu demi mengadakan riset untuk filmnya selama 10 hari. Beruntung, riset dijalaninya nyaris tanpa kendala. Ia mengaku telah berbicara secara intens dengan Bapak Anwar Ramang, putra Ramang, dan keluarganya. Tak hanya itu, ia juga bertemu sejumlah teman masa kecil Ramang.

Pada kesempatan tersebut, Ichwan menyempatkan diri napak tilas ke Sumpang Binangae, Barru, kota kecil sekitar 102 kilometer dari Makassar, yang menjadi saksi bagaimana Ramang kecil menempa bakatnya.

Tantangan demi tantangan harus diterima Ichwan namun hal itu tak mengendurkan semangatnya bersama tim produksinya. Terlebih lagi, Ichwan membiayai sendiri semua persiapan yang diperlukan untuk penggarapan film. "Untuk riset, saya merogoh kocek pribadi, namun untuk produksi tentu saja saya harus memutar otak bagaimana mencari dananya," katanya kepada KapanLagi.comŽ, Jumat (28/12).

Menurut Ichwan, jalan yang paling mungkin untuk menggalang dana dalam membuat film adalah dengan mengkombinasikan antara skema penggalangan dana publik (crowdfunding) dan investor. "Dana publik sebesar 300 juta rupiah akan kami gunakan sebagai biaya produksi. Ketika film sudah berbentuk rough-cut (edit kasar), maka sudah bisa dipresentasikan ke investor dan sponsor untuk menggalang dana sisanya sebesar 300 juta rupiah," tambahnya.

Produser film CERITA DARI TAPAL BATAS dan ORENJI ini optimis bisa merangkul berbagai pihak untuk membantu. "Memang tak akan mudah, tapi dengan kerja keras, insya Allah bisa. Niat baik semestinya akan selalu menemukan jalan terbaik pula," tuturnya sembari tersenyum.

CERITA DARI TAPAL BATAS, salah satu film dokumenter yang diproduseri oleh Ichwan Persada. (buset-online.com)CERITA DARI TAPAL BATAS, salah satu film dokumenter yang diproduseri oleh Ichwan Persada. (buset-online.com)

(kpl/abs/dka)

Editor:

Mahardi Eka


REKOMENDASI
TRENDING