FILM INDONESIA

Mengaku Kesulitan Ketika Harus Berdialog Sunda di Film ‘BEFORE, NOW & THEN’, Happy Salma: Laura Basuki Lebih Bisa

Jum'at, 19 Agustus 2022 09:15

Happy Salma @KapanLagi.com/Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - Happy Salma mendapat tantangan sulit ketika harus memerankan tokoh Nana dalam film berjudul BEFORE, NOW & THEN. Film berlatar belakang tahun 60an garapan sutradara Kamila Andini ini sepenuhnya menggunakan bahasa Sunda.

Namun Happy Salma yang memang orang Sunda sendiri mengaku agak kesulitan ketika berperan dalam film ini. Pasalnya, ia menilai ternyata ada jarak yang cukup jauh mengingat film ini berlatar belakang tahun di mana transisi kepemimpinan Soekarno beralih ke Soeharto.

”Luar biasa sekali. Yang pertama karena bangga ini film bahasa Sunda kedua di Indonesia, setelah sebelumnya dibuat orang Belanda pada tahun 1932. Dan ini film pertama yang orang Indonesia sendiri yang buat," ungkap Happy Salma dalam Screening film BEFORE, NOW & THEN bersama Prime Video di XXI Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Kamis (18/8).

”Tantangannya adalah saya pikir karena saya lahir di Sukabumi ‘ah bisa’, tapi ternyata bahasa Sunda pada masa saya dan tahun 60an tuh ternyata berjarak. Saya kira bisa, tapi ternyata Laura Basuki yang bukan orang Sunda lebih bisa karena dia hapal pakem,” lanjutnya.

1. Tertantang Syuting Saat Pandemi

Selain itu, situasi pandemi Covid-19 juga jadi hambatan bagi Happy Salma ketika proses syuting berlangsung. Meski begitu, sebagai aktor Happy Salma tetap menjalankan kewajibannya dan memainkan peran dengan apik untuk film BEFORE, NOW & THEN '.

"Kedua, itu pandemi dan tetap bisa aman syuting itu menjadi kesadaran yang harus pintar-pintar kerja sama sama semua tim. Tapi malah saya sebagai aktor udah cukup belum ya dan sebagai aktor dapat tantangan luar biasa," pungkasnya.

2. Diangkat dari Sebuah Novel

Sebagai informasi, film BEFORE, NOW & THEN merupakan adaptasi novel JAIS DARGA NAMAKU karya Ahda Imran. Film ini bercerita tentang kehidupan sosok Raden Nana Sunani, ibu dari Executive Producer Jais Darga.

Film BEFORE, NOW & THEN sudah ditayangkan sejak 1 Agustus 2022 di Amazon Prime Video, yang kini sudah bisa diakses di Indonesia. Film produksi Fourcolours Films dan Titimangsa Foundation ini dibintangi oleh Happy Salma, Ibnu Jamil, Arswendy Beningswara Nasution, hingga Laura Basuki.

REKOMENDASI
TRENDING