FILM INDONESIA

5 Film Indonesia Yang Sukses Diakui Dunia, Bikin Bangga!

Sabtu, 26 Maret 2022 18:39 Penulis: Editor KapanLagi.com

source: imdb.com

Kapanlagi.com - Ditulis oleh: Inas Arwina Ramadhani

Dunia perfilman Indonesia saat ini memang sudah alami kemajuan yang begitu pesat. Mulai dari pengambilan gambar, serta alur cerita yang penuh makna. Beberapa film Indonesia yang mendunia berhasil menorehkan prestasi di kancah internasional.

Bagi kamu pecinta film, tentu tak asing lagi dengan sederet film tanah air ini. Film Indonesia ini juga sudah tidak bisa dipandang sebelah mata.

Sudah penasaran apa saja film Indonesia yang telah mendunia? Yuk simak berikut ini.

1. Laskar Pelangi

Siapa tidak mengetahui film legendaris sepanjang masa, Laskar Pelangi. Film satu ini berhasil meraih berbagai apresiasi baik dari festival nasional maupun internasional.

Salah satunya adalah International Festival of Film for Children and Young Adults di Hamedan, Iran sebagai The Golden International Film. Film yang disutradarai Riri Riza ini sukses meramaikan kancah internasional dengan alur cerita yang penuh makna.

2. Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak

Sebelum ditayangkan di Indonesia, Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak telah lebih dulu ditampilkan di berbagai festival film internasional. Mulai dari Cannes Film Festival, New Zealand International Film Festival, Melbourne Film Festival, dan Toronto International Film Festival.

Berkisah mengenai Marlina, film yang disutradarai oleh Mouly Surya ini mengangkat isu perempuan. Marlina dikisahkan sebagai seorang janda yang melindungi dirinya dari ancaman pemerkosaan sekawanan perampok.

3. Sekala Niskala

Film besutan Kamila Andini ini berhasil meraih penghargaan sebagai Film Terbaik dalam Berlinale International Film Festival tahun 2018 di Berlin. Sekala Niskala tayang tahun 2017.

Film ini berhasil meraih penghargaan lainnya seperti Film Terbaik Festival Film Asia Netpac Jogja (JAFF), Film Terbaik Tokyo FilmEx, dan Film Remaja Terbaik di Asian Pasific Screen Award.

4. Kucumbu Tubuh Indahku

Film ini mengangkat isu LGBT. film yang disutradari Garin Nugroho pada tahun 2018 ini ternyata sempat menimbulkan kontroversi nih.

Namun dari kontroversi tersebut, siapa sangka bahwa film Kucumbu Tubuh Indahku justru berhasil membawa pulang penghargaan bergengsi pada Asia Pasific Screen 2018, International Cinephille Society Awards 2019, dan Guadalajara International Film Festival 2019.

5. Gundala

Film ini tayang tahun 2019. Film karya sutradara Joko Anwar satu ini berhasil tayang di Toronto International Film Festival 2019. 

Gundala merupakan film layar lebar yang diangkat dari komik buatan Harya Suraminata dan berhasil bersaing dengan film Hollywood seperti Knives Out, Joker, dan Radioactive dalam People’s Choice’s Award.


REKOMENDASI
TRENDING