FILM INDONESIA

Potret Jakarta Moderen, Riri Riza Bangga 'BEBAS' Jadi Film Pertama Syuting di MRT

Sabtu, 11 Mei 2019 06:12 Penulis: Rezka Aulia

Riri Riza mendapat izin syuting di MRT. © KapanLagi.com/Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Presiden Joko Widodo meresmikan transportasi umum Moda Raya Terpadu atau MRT pada tanggal 24 Maret lalu. Hal ini disambut antusias oleh masyarakat Jakarta karena untuk pertama kali mereka menyaksikan lahirnya sebuah peradaban baru.

Tak lama berselang, Riri Riza menjadi sutradara pertama yang melakukan syuting film di MRT. Hal ini tentu jadi kebanggaan tersendiri karena karyanya bisa memotret perkembangan zaman.

"Kami bangga BEBAS menjadi film pertama yang syuting di MRT. Film itu bisa menjadi semacam dokumentasi zaman, saya yakin mungkin 20 atau 30 tahun lagi saat kita melihat BEBAS, akan menjadi ingatan karena Jakarta sekarang adalah Indonesia yang moderen, maju, yang punya banyak pengalaman," jelas Riri dalam jumpa pers di kawasan Pangeran Antasari, Jakarta Selatan, Jumat (10/5/2019).

1. Sempat Tak Diizinkan

Meski pada akhirnya bisa syuting di MRT, Riri Riza akui sempat tidak mendapat izin dari pihak terkait. Dimungkinkan karena pada saat itu kondisinya belum siap.

"Waktu itu udah kirim surat ke pihak MRT, jawaban pertama yang didapat intinya kita nggak bisa pakai. Mungkin karena saat itu masih belum benar-benar selesai. Jadi kita balik ke plan awal pakai commuter line. Tapi beberapa saat sebelum jalan syuting, saya bilang lagi sama Mbak Mira dan tim produksi 'Bisa nggak sih kita coba meminta lagi?', dan mungkin karena MRT-nya udah siap, kita dapat jawaban positif," jelas pria berkacamata ini.

2. Bukan Disengaja

Penggunaan MRT sebagai lokasi cerita diakui Riri Riza bukan hal yang diada-adakan agar terlihat keren. Karena dalam versi film aslinya yang bertajuk SUNNY, memang ada adegan menggunakan kereta api.

"Sebenarnya waktu dalam masa persiapan skenario, memang ada satu scene di kereta. Waktu itu udah kepikiran pasti keren kalau bisa syuting di MRT, karena jadi sesuatu yang baru di Jakarta. Kebetulan film ini bercerita tentang Jakarta hari ini dan Jakarta tahun 90-an," tandas Riri.

BEBAS merupakan adaptasi resmi dari film Korea Selatan yang rilis tahun 2011. Berkisah tentang pertemanan enam anak SMA yang berakhir dengan sebuah tragedi. Bila tak ada aral melintang, drama komedi produksi Miles Films ini akan rilis di bioskop pada Oktober 2019.

(kpl/abs/rna)

Reporter: Adi Abbas Nugroho


REKOMENDASI
TRENDING