FILM INDONESIA

Rilis Film Keluarga Bertabur Ketegangan 'PARANOIA', Mira Lesmana dan Riri Riza Terinspirasi Pandemi Covid-19

Selasa, 15 Juni 2021 17:31 Penulis: Tantri Dwi Rahmawati

PARANOIA (Credit: instagram.com/milesfilms)

Kapanlagi.com - Masa Pandemi Covid-19 ternyata tak melulu jadi masa terpuruk, tapi juga jadi momen produktif. Ya, di masa itu lah Mira Lesmana dan Riri Riza terpikir untuk membuat sebuah film. Lahir lah PARANOIA yang diproduksi di tengah masa pandemi November 2020 lalu.

Pandemi menorehkan emosi takut sekaligus cemas di hati banyak orang. Seperti yang KLovers tahu, momen seperti ini bukan lah momen yang kerap terjadi. Emosi itu lah yang lantas diolah oleh Riri Riza dan Mira Lesmana dalam sebuah film.

 

 

 

1. Rasa Takut dan Cemas

“Ide membuat film PARANOIA bermula pada masa-masa awal pandemi. Saat itu ada berbagai emosi yang sama-sama kita rasakan, terutama rasa takut dan cemas. Saya dan Riri lalu berdiskusi tentang bagaimana menyalurkan semua rasa dan emosi tersebut ke dalam sebuah karya. Lalu, kami mendesain sebuah cerita dengan pemikiran bahwa produksinya akan dilakukan dalam kondisi pandemi, dan lahirlah PARANOIA,” ujar Mira Lesmana baru-baru ini.

2. Tayang Perdana di BIFAN 2021

Dibuat dalam situasi pandemi, tentu protokol kesehatan yang ketat juga diberlakukan selama syuting berlangsung. Semua kru dan pemain film PARANOIA dikarantina, di mana tidak ada seorang pun yang diperbolehkan keluar atau masuk lokasi karantina.

Yang menarik, PARANOIA tayang perdana dalam World Premiere di 25th Bucheon International Fantastic Film Festival (BIFAN) 2021. BIFAN adalah sebuah festival film internasional tahunan di Korea Selatan yang didedikasikan bagi pecinta film horor, thriller, misteri, fantasi, dan fiksi ilmiah. Selama lebih dari 2 dekade, BIFAN yang dikenal sebagai salah satu festival bergengsi untuk film-film genre ini, melahirkan program-program yang populer, kreatif dan progresif.

3. Film Drama Thriller Pertama

Menurut Riri Riza, sang sutradara, PARANOIA adalah film drama thriller pertama yang ia bikin. Film ini begitu berbeda dari film-film Miles Films sebelumnya.

PARANOIA adalah film pertama saya dengan genre drama thriller. Rasanya ini adalah waktu yang tepat untuk menceritakan sebuah drama dengan warna ketegangan sebagai bentuk respon terhadap kondisi saat ini. Dan saya sangat senang karena kesempatan ini sekaligus menjadi satu tahap bagi Miles Films untuk melahirkan karya dengan warna yang baru, yang berbeda dengan film-film yang kami buat sebelumnya,” ujar Riri Riza.

Sejumlah aktor dan aktris papan atas turut membintangi PARANOIA. Ada Nirina Zubir, Nicholas Saputra, Lukman Sardi, hingga Caitlin North-Lewis. Wah, jadi nggak sabar ya untuk segera nonton filmnya. Yuk, nantikan di bioskop kesayanganmu ya!


REKOMENDASI
TRENDING