FILM INDONESIA

Resmi Diluncurkan, Ini Gebrakan Baru di Festival Film Indonesia 2019

Selasa, 24 September 2019 06:36 Penulis: Rezka Aulia

© KapanLagi.com/Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - Ajang bergengsi bagi insan perfilman yakni Festival Film Indonesia siap digelar kembali. Ada beberapa hal baru diumumkan untuk membuat acara tahunan ini semakin baik dan lebih baik lagi.

Bukan rahasia bila masyarakat kerap menyatakan FFI hanya fokus menilai film komersil. Pada tahun ini dibentuk Tim Seleksi untuk mengkurasi film pendek, film dokumenter serta film animasi.

"Film pendek, film dokumenter dan film animasi tidak boleh luput dari perhatian. Karena memang banyak sekali dokumenter, animasi dan film pendek di Indonesia yang sudah masuk ke banyak festival internasional, mendapat banyak penghargaan, tapi mungkin kelewat terkurasi di Festival Film Indonesia sebelumnya," kata Nia Dinata selaku Ketua Komite Penjurian dalam jumpa pers di kawasan Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Senin (23/9/2019).

Untuk film dokumenter, FFI menggandeng pihak dari Festival Film Dokumenter, In-Docs dan SoDoc. Lalu film pendek bekerja sama dengan Jogja-NETPAC Asian Film Festival, Minikino serta Organisasi Boemboe. Terakhir untuk film animasi ada pihak dari HELLOFEST dan UCIFEST.

1. Tim Seleksi Film Bioskop

Selain Tim Seleksi untuk dokumenter, animasi dan film pendek, Komite juga membentuk Tim Seleksi untuk menyeleksi ratusan film komersil yang lolos sensor dan tayang di bioskop periode 1 Oktober 2018 hingga 30 September 2019. Hasil seleksi nanti dikerucutkan menjadi 30 sampai 50 judul dan akan diberikan kepada Asosiasi Profesi sebelum divoting oleh anggota FFI.

Tim Seleksi tidak hanya pekerja film, tapi juga jurnalis dan akademisi sebut saja Lisabona Rahman, Hera Diani, Makbul Mubarak, Rangga Wisesa, Tam Notosusanto, Prima Rusdi dan Nungky Kusumastuti.

"Tahun ini ada pihak yang membantu kurasi film-film sebelum ditonton asosiasi yaitu orang berintegritas di bidangnya, bukan sembarangan," imbuh sutradara film ARISAN! tersebut.

2. Duta FFI

Pada tahun ini pula Festival Film Indonesia untuk pertama kalinya memilih para peraih Piala Citra sebagai Duta FFI. Mereka adalah Tara Basro, Chicco Jerikho, Laura Basuki dan Gading Marten.

"Saya sangat senang sekali bisa jadi wajah untuk FFI 2019. Kita bisa melihat perkembangan film Indonesia yang ke depannya semakin lebih baik," ucap Chicco ditemui di tempat yang sama.

 


REKOMENDASI
TRENDING