Reza Rahadian: 'HALFWORLDS 2' Lebih Banyak Porsi Fightingnya

Jum'at, 13 Januari 2017 16:52 Penulis: Fitrah Ardiyanti
Reza Rahadian: 'HALFWORLDS 2' Lebih Banyak Porsi Fightingnya Reza Rahadian/©KapanLagi.com®/Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - Halfworlds is back! Diderek sutradara asal Thailand, Ekachai Uekrongtham, serial HBO Asia Original ini akan kembali menampilkan kisah para demit dan para in-between di dunia nyata. Sayangnya, hanya dua aktor Indonesia saja yang tampil kembali di serial ini yaitu Reza Rahadian dan Arifin Putra, pemeran Tony dan Barata.

Sebagai gantinya, Halfworlds memilih beberapa aktor dari Filipina dan Thailand. Apa alasannya? "Karena mereka (HBO) punya peta di Asia, mereka udah memproject negara-negara mana yang mereka mau sasar. Base yang besar di Indonesia, khususnya di Asia Tenggara, kemudian di Thailand juga. Kenapa tidak membuat formula baru menggabungkan pemain-pemain dari seluruh Asia. Saya rasa itu formula yang menarik selain cerita," tutur Reza saat ditemui di acara Roundtable Halfwords Season 2, Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (12/1).

Masing-masing negara melakukan promosi Halfworlds sendiri. Reza kebagian untuk melakukan promo di tiga negara yaitu Indonesia, Malaysia dan Singapura. "Kemudian ada satu pemain dari Filipina itu promosi di Filipina. Thailand juga, karena kita punya range of emotion material yang ada di beberapa negara tersebut. Untuk promise, saya pikir ini hal yang bagus," jelasnya.

Reza kebagian promo di 3 negara/©KapanLagi.com®/Bayu HerdiantoReza kebagian promo di 3 negara/©KapanLagi.com®/Bayu Herdianto

Tentunya ada perbedaan antara season 1 yang diderek oleh Joko Anwar dan season 2 ini. Reza membocorkan jika season terbaru ini sangat menantang karena menampilkan 60% fighting scene dan hanya 40% drama saja. Namun, para aktornya tak punya banyak waktu berlatih koreo fightingnya, tak seperti di season pertama.

"Ada 3 big fight dan sequences yang cukup panjang untuk fighting. Tapi yang menyulitkan karena kita harus belajar fighting on the spot. Jadi semua adegan figthing itu saya lakukan di saat hari-H saya syuting, gak ada waktu latihan," jelas aktor 29 tahun itu.

Ia dan aktor lainnya wajib menghafalkan beberapa adegan fighting. "Part by part gak langsung semua part di-take. Langsung dihafal adegannya hari itu juga. Itulah kenapa saya bilang itu sulit, lumayan PR juga. Tapi menurut saya sih karena kehebatan stunt-timenya mampu membuat kami para aktor mampu beradaptasi dengan situasi yang baru," bebernya.

Reza belajar koreo fighting on the spot/©KapanLagi.com®/Bayu HerdiantoReza belajar koreo fighting on the spot/©KapanLagi.com®/Bayu Herdianto

Para kru dan tim produksi mengajarkan gerakan sedikit demi sedikit sehingga lebih gampang dicerna aktor dan membuat kameramen tidak keteteran saat harus mengambil gambar. "Saya misalnya diajarin 4 gerakan dulu. Belajar gerakan 1 sampai 4, kita ambil 4 (gerakan) baru keluarin. (Gerakan) 6 sampai 10 kita lanjutin. Jadi gitu sistemnya gak langsung 1 sampai 20 (langsung di-take)," lanjutnya.

Berapa lama waktu yang dihabiskan untuk mengerjakan adegan ribet itu? "4 hari syutingnya 40% di Bangkok, 60% di Batam," tutupnya. Wow, super kilat!

Jangan Lewatkan

(kpl/far/tch)

Reporter:

Fikri Alfi Rosyadi


REKOMENDASI
TRENDING