FILM INDONESIA

Terlibat Animasi 'RIKI RHINO', Hamish Daud Ulang Proses Dubbing Karena Suara AC Ikut Terekam

Selasa, 25 Februari 2020 11:15 Penulis: Galuh Esti Nugraini

Hamish Daud (Credit: Batavia Pictures)

Kapanlagi.com - Hamish Daud terlibat film animasi bertajuk RIKI RHINO. Ia didapuk mengisi suara karakter badak bernama Riki yang kehilangan culanya karena diambil oleh pemburu.

Mengisi suara dalam sajian animasi menjadi hal baru bagi Hamish. Namun ia setuju terlibat selain untuk menambah pengalaman, juga karena cerita yang ditawarkan begitu penting.

"Pembuatan film ini bertujuan memberi tahu generasi sekarang tentang spesies hewan di Indonesia. Memang ngomongin soal konservasi topik yang berat dan semua anak nggak bakal tertarik, cuma karena dibentuk jadi animasi rasanya akan menarik mereka belajar tentang hewan yang terancam punah," kata Hamish Daud ditemui di Epicentrum XXI, kawasan Rasuna Said, Jakarta Selatan, Senin (24/2/2020).

1. Karena Suara AC

Proses dubbing atau mengisi suara bisa memakan waktu berhari-hari. Namun khusus untuk Hamish harus mengulang proses dari awal karena waktu take pertama ada suara AC ikut terekam.

"Suara badak itu ternyata kecil ya, nggak sebesar badannya. Dan untuk film ini saya bikin suara badak ala Hamish. Waktu rekaman suara itu fun, cuma saya sempat ngulang karena ada yang lupa matiin AC jadi suaranya masuk ha ha ha," kenang suami Raisa tersebut.

2. Kehabisan Suara

Kendala Hamish Daud tidak berhenti hanya dari masuknya suara dengung AC saja. Tapi juga suara yang habis setelah digunakan terus menerus selama beberapa jam.

"Tantangan berat itu jaga suara. Pernah dipakai tiga jam tahu-tahu suaraku habis terus minum air hangat. Setelah itu emang ada lagi, cuma setelah proses dubbing suaraku beneran habis, pulang ke rumah udah nggak kedengeran suaranya," tutup ayah satu anak ini.


REKOMENDASI
TRENDING