Usai 'DILAN' dan 'BUMI MANUSIA' Iqbaal Hati-Hati Baca Buku, Kenapa?

Selasa, 29 Mei 2018 13:17 Penulis: Tyssa Madelina
Usai 'DILAN' dan 'BUMI MANUSIA' Iqbaal Hati-Hati Baca Buku, Kenapa? Iqbaal Ramadhan © Bintang.com/Bambang E Ros

Kapanlagi.com - Sukses dengan DILAN 1990, Iqbaal Ramadhan tengah mempersiapkan diri menjalani syuting BUMI MANUSIA. Dalam jumpa pers di Desa Wisata Gamplong, Yogyakarta, pada pekan lalu, Iqbaal Ramadhan menyadari kalau kedua film tersebut diadaptasi dari novel terkenal.

Kisah Dilan merupakan adaptasi karya Pidi Baiq yang sudah dicetak ulang belasan kali. Sementara Bumi Manusia merupakan novel kontroversial yang setahun setelah beredar dilarang terbit karena tudingan mempropagandakan komunisme.

Uniknya setelah membaca dua novel yang tenar pada masanya ini, Iqbaal ditawari memerankan tokoh utama dalam versi adaptasinya. Sambil bercanda, ke depannya ia menjadi berhati-hati dalam memilih bacaan.

"Jadi besok-besok kalau gue baca buku harus hati-hati. Karena kemarin pas baca buku Dilan gue main, terus baca buku ini (Bumi Manusia) untuk ujian sekolah malah main juga," ungkapnya.

Berbicara soal novel Bumi Manusia yang tengah dalam proses adaptasi ke medium audio visual oleh Hanung Bramantyo, Iqbaal ingin generasi milenial seperti dirinya memberi apresiasi lebih. Karena dengan terpilih sebagai pemeran Minke, cowok berusia 18 tahun ini berharap upaya itu bisa terealisasi.

"Gue bangga terpilih jadi Minke karena Bumi Manusia ini karya sastra yang epik. Gue pengin generasi sekarang lebih aware dan familiar dengan buku dan filmnya karena anak-anak di usia gue nggak ada yang tahu siapa itu Pramoedya Ananta Toer. Semoga dengan adanya film ini mereka bisa mengapresiasi gitu sih," tuntasnya.

(kpl/abs/tmd)

Reporter:

Adi Abbas Nugroho


REKOMENDASI
TRENDING