FILM INTERNASIONAL

13 Rekomendasi Film Detektif Seru dan Menegangkan, Penuh Misteri - Bikin Penasaran

Selasa, 21 Juni 2022 11:55

Rekomendasi Film Detektif (credit: imdb)

Kapanlagi.com - Menonton film bisa jadi aktivitas yang menyenangkan. Bahkan, sebagian orang menjadikan menonton film sebagai hobi atau kegiatan favorit. Dari banyaknya jenis atau genre, film dengan tema detektif jadi salah satu yang cukup diminati oleh banyak orang. Terbukti, tak sedikit orang yang mencari rekomendasi film detektif di internet.

Ada banyak alasan mengapa film detektif bisa sangat diminati. Pasalnya, menonton film detektif memang sangatlah seru. Alur yang penuh misteri bisa membuat penonton terhanyut larut dalam setiap adegannya. Belum lagi, kebanyakan film detektif juga dibarengi dengan adegan yang sarat akan aksi laga seru dan menegangkan.

Penasaran, film apa saja yang masuk rekomendasi film detektif seru untuk ditonton? Langsung saja yuk KLovers, simak ulasannya berikut ini.

1. SHERLOC HOLMES

Bicara tentang film detektif, tentu SHERLOC HOLMES jadi salah satu judul yang tidak boleh dilewatkan. Pasalnya, film detektif yang satu ini bisa dibilang cukup melegenda dan telah diproduksi beberapa kali. Namun salah satu yang paling populer dan wajib ditonton adalah versi Robert Downey yang diproduksi 2009 lalu.

Di versi ini, detektif Sharelock Holmes berusaha menangkap penjahat bernama Lord Blackwood. Aksi Shareloc Holmes kali ini begitu menegangkan karena harus berhadapan dengan waktu. Misi Shareloc Holmes harus tuntas sebelum Lord Blackwood berhasil melancarkan aksinya yang membahayakan banyak nyawa. 

Sama seperti versi-versi lainnya, SHERLOC HOLMES versi ini juga akan mengajak penonton berpikir layaknya detektif. Penonton akan dibuat terbius untuk terus mengikuti alurnya sampai awal hingga akhir.

2. ENOLA HOLMES

Bertahun-tahun lamanya, film tentang detektif selalu menampilkan tokoh utama seorang detektif pria yang tangkas. Namun, pada 2020 lalu akhirnya muncul film ENOLA HOLMES, dengan tokoh detektif wanita yang tak kalah tangkas dan cerdas. Dikisahkan, Enola Holmes merupakan adik perempuan dari detektif terkenal, Shareloc Holmes.

Di filmnya tersebut, Enola dikisahkan masih berusia 16 tahun. Meski begitu, penonton akan dibuat takjub dengan ketangkasan gadis remaja dalam mengungkap kasus tentang hilangnya sang ibu secara tiba-tiba. Enola, sempat dipandang sebelah mata oleh kakak-kakaknya. Dengan bermodal nekat, Enola kabur dari rumah untuk mencari sang ibu.

Penasaran, apakah Enola akan berhasil menemukan sang ibu dan membuktikan kemampuannya pada para kakaknya? Langsung saja tonton kisahnya!

3. SEARCHING

SEARCHING juga menjadi salah satu rekomendasi film detektif yang tidak boleh dilewatkan. Film ini berkisah tentang perjuangan seorang ayah bernama David Kim untuk menemukan sang anak yang hilang secara misterius.

David Kim melancarkan aksinya layaknya seorang intelejen. Setiap detail bukti diamati secara mendetail dan teliti. Penyelidikan David Kim bermula dengan mencurigai teman-teman terdekat anaknya. Hingga akhirnya bukti demi bukti terkumpul, dan fakta demi fakta terungkap. 

Tak saja memberikan ketegangan dan keseruan, SEARCHING juga menunjukkan tentang betapa besar rasa cinta seorang ayah pada anaknya. Alhasil tak saja tegang, penonton juga bisa dibuat tersentuh bahkan hingga meneteskan air mata. Penasaran, seperti apa kisahnya? Langsung saja tonton SEARCHING!

4. KNIVES OUT

Saat rilis pada 2019 silam, KNIVES OUT jadi film yang cukup sering diperbincangkan. Secara garis besar, KNIVES OUT bercerita tentang misteri di balik kematian seorang novelis besar yang meninggal secara mendadak dan misterius. Misteri terbesar dari kematian sang novelis terletak pada keluarga yang terkesan saling menutupi satu sama lain.

Namun seorang detektif Benoit Blanc, berhasil mengendus kejanggalan dalam kasus kematian misterius tersebut. Benoit Blanc perlahan tapi pasti mengurai fakta-fakta yang selama ini menjadi misteri. Gaya penyajian film yang disajikan dalam format wawancara, membuat penonton seolah terlibat langsung di dalamnya. Langsung saja tonton dan rasakan atmosfernya!

5. MEMETO

Rekomendasi film detektif selanjutnya adalah MEMENTO. Film ini merupakan film Christopher Nolan yang bergenre neo-noir dan mystery. Secara garis besar, MEMENTO bercerita tentang kehidupan Leonard Shely yang berusaha mengungkap siapa dalang dari pembunuhan sang istri dengan keterbatasan yang dia miliki.

Leonard Shely mempunyai penyakit amnesia yang membuatnya sulit untuk mengingat kejadian jangka pendek yang telah dia alami. Alur MEMENTO penuh dengan misteri. Pengungkapan misteri MEMENTO dilakukan secara perlahan lewat detail-detail yang ditampilkan. Jadi, pastikan untuk menonton film ini secara lebih seksama.

6. EXTREME JOB

Jika kalian ingin menonton rekomendasi film detektif yang lebih menghibur, EXTREME JOB bisa jadi jawabannya. Karena berbeda dengan film detektif sebelumnya, yang menegangkan, EXTREME JOB justru menghadirkan jalan cerita yang lucu. 

EXTREME JOB berkisah tentang sekelompok detektif yang bertugas untuk menangkap mafia narkoba. Untuk menjalankan misinya, para detektif tersebut menyamar dengan membuka restoran ayam goreng di dekat markas sang target, komplotan mafia narkoba.

Namun tak disangka, restoran tersebut ternyata laris pelanggan. Hal ini kemudian jadi tantangan tersendiri untuk mereka fokus dalam menjalankan tugas utamanya sebagai detektif. Kendati terdengar lucu, EXTREME JOB tak saja menampilkan kelucuan belaka. Terdapat beberapa adegan yang juga cukup menegangkan dan seru untuk ditonton.

7. ZODIAC

Rekomendasi film detektif yang lainnya yaitu ada film berjudul ZODIAC. Film ZODIAC dirilis tahun 2007 silam yang menyajikan kisah seru di balik kasus pembunuhan. Lebih menegangkan lagi ternyata film ZODIAC diadaptasi dari kisah nyata pembunuhan di San Francisco tahun 1960 hingga 1970 silam.

Film ZODIAC berkisah mengenai pengungkapan misteri kasus pembunuhan oleh seorang pelaku yang menyebut dirinya dengan Zodiac. Setiap aksi pembunuhan yang dilakukan, Zodiac ini seringkali mengirimkan kode-kode misterius sebagai petunjuk kebrutalan aksinya.

Robert Graysmith seorang seniman ini melihat kode rahasia yang dikirim oleh pembunuh Zodiac melalui surat kabar. Dirinya kemudian tertarik untuk mengungkap kasus pembunuhan tersebut bersama Paul Avery, seorang reporter. Dengan berbekal kode-kode rahasia yang dikirimkan pelaku, keduanya berusaha memecahkan kasus tersebut untuk mengungkap identitas asli Zodiac.

8. DEATH ON THE NILE

DEATH ON THE NILE menjadi rekomendasi film detektif yang populer cukup pada tahun 2022 ini. Film ini memiliki genre crime, drama dan misteri yang bikin penasaran dan sulit di tebak. Film DEATH ON THE NILE ternyata juga diadaptasi dari novel populer dengan judul yang sama karya Agatha Christie.

Berawal dari kisah Simon Doyle dan Jacqueline de Bellefort yang bertunangan serta memutuskan memulai hidup baru. Namun hubungan mereka berubah ketika Simon Doyle berselingkuh degan Linnet Ridgeway, teman Bellefort. Keduanya kemudian meninggalkan Bellefort dan pergi bulan madu dengan kapal pesiar yang menyusuri sungai Nil.

Bersama teman dan kerabat Ridgeway yang penuh rahasia keduanya memulai perjalanan bulan madu mereka. Namun di perjalanan tersebut mereka mengalami kejadian tidak terduga ketika terjadi pembunuhan misterius di kapal. Seorang detektif bernama Hercule Poirot berusaha mengungkap pelaku di balik pembunuhan tersebut.

Semua penumpang mungkin saja dicurigai sebagai pelaku hingga membuat bulan madu pasangan Simon Doyle dan Linnet Ridgeway penuh dengan kejadian tidak terduga. Dan menjadi salah satu rekomendasi film detektif yang populer dan wajib banget kalian tonton.

9. SALVATION

SALVATION juga masuk ke dalam salah satu rekomendasi film detektif yang wajib ditonton. Film ini dirilis tahun 2021 lalu yang diperankan oleh sejumlah bintang ternama di Korea Selatan. Film SALVATION berkisah mengenai seorang detektif yang berusaha mengungkap kasus bunuh diri seorang bernama Jin Sook.

Choi Seokjae, seorang detektif merasakan ada kejanggalan di balik kematian Jin Sook yang disebut karena bunuh diri. Mayatnya kala itu ditemukan di danau. Karena itulah sang detektif berusaha menemukan fakta di balik kematian Jin Sook.

Namun suatu malan dirinya mengalami kecelakaan dan ketika bangun tiba-tiba terkejut sudah berada di aula dengan ritual aneh. Choi Seokjae kemudian menemukan fakta lagi untuk mengungkap kematian wanita yang ia selidiki termasuk mengenai ritual misterius yang digelar oleh sejumlah orang.

10. BADLA

Selain dari Barat dan Korea Selatan, ada pula rekomendasi film detektif dari India berjudul BADLA. Film BADLA ini menceritakan tentang pembunuhan misterius yang belum terpecahkan dari seorang pria. Pengusaha wanita yang ternyata merupakan selingkuhannya dituding sebagai pembunuhnya.

Ia pun menyewa pengacara terkenal bernama Badal Gupta untuk menyelesaikan kasusnya. Badal Gupta pun menemukan fakta lain soal hilangnya pemuda bersamaan dengan kematian misterius pria sebelumnya. Film ini akan menjadi salah satu film dengan banyak misteri dan plot twist yang tidak akan pernah kalian bayangkan sebelumnya.

11. TALAASH

Film ini dibuka dengan adegan seorang aktor terkenal bernama Armaan Kapoor yang tewas akibat kecelakaan. Beberapa waktu kemudian, Inspektur Polisi senior, Surjan Singh, bersama asistennya, Devrath Kulkarni langsung ditugaskan untuk melakukan investigasi atas kejadian tersebut.

Akan tetapi, Surjan ternyata sedang berada dalam kondisi yang tidak baik karena anaknya baru saja meninggal. Karena kondisi itu, Surjan terbebani dengan rasa bersalahnya terhadap istrinya. Hingga dalam penyelidikannya ia mulai berhalusinasi tidak bisa membedakan antara kenyataan dan ilusi. Hingga membuat film ini begitu menegangkan dan memiliki sebuah plot di luar dugaan.

12. SPOTLIGHT

Film SPOTLIGHT dirilis tahun 2015 silam dengan genre drama, biografi dan crime. Film ini berkisah mengenai sebuah investigasi yang dilakukan oleh sejumlah tim jurnalis bernama Spotlight. Berawal dari kasus pelecehan seksual terhadap anak di sebuah gereja yang terkesan tidak ingin diungkap ke publik dan media.

Pasalnya kasus tersebut ternyata dilakukan oleh seorang pastur bernama John Geoghan. Hal ini membuat tim Spotlight berusaha menyelidiki kasus tersebut meskipun harus menghadapi banyak kejadian tidak terduga. Penyelidikan dilakukan yang ternyata menemukan banyak fakta kejahatan yang baru terungkap.

13. KAHAANI

Sebuah serangan gas beracun secara tiba-tiba menyerang kereta metro Kolkata, dan membunuh penumpang yang ada di dalamnya. Dua tahun setelah kejadian itu, seorang insinyur bernama Vidya Bagchi tiba di Kolkata setelah berjalan cukup panjang dari Kota London. Di kota tersebut ia berusaha mencari suaminya, Arnab Bagchi, yang menghilang tanpa kabar.

Dalam pencariannya, ia dibantu oleh seorang polisi bernama Satyoki Rana Sinha. Keduanya lalu pergi ke kantor Pusat Data Nasional (NDC) untuk mencari dokumen-dokumen berisikan latar belakang Arnab. Namun, mereka lalu dikejar-kejar oleh seorang pembunuh bayaran, Bob Biswas, yang ditugaskan untuk mencuri informasi tentang Arnab Bagchi.

Dalam kisah ini kalian akan ditunjukkan bagaimana perjuangan sang perempuan yang sedang hamil untuk menemukan suaminya. Namun, ada banyak plot twist yang ada di film ini ya KLovers. Sehingga kalian akan terkejut dengan berbagai ending yang dimiliki oleh film KAHAANI ini. Film ini juga memberikan banyak kegiatan otentik masyarakat India yang menjadi point untuk dalam film tersebut.

Itulah di antaranya beberapa rekomendasi film detektif yang seru untuk ditonton. Selamat menonton!


REKOMENDASI
TRENDING