FILM INTERNASIONAL

Alasan Captain America Bisa Mengangkat dan Menggunakan Mjolnir Palu Thor

Rabu, 08 Mei 2019 17:45 Penulis: Guntur Merdekawan

© Marvel Cinematic Universe

Kapanlagi.com - Warning: Artikel ini mengandung spoiler dari AVENGERS: ENDGAME. Read at your own risk.

Tak bisa dipungkiri jika Thor adalah salah satu anggota AVENGERS terkuat dalam Marvel Cinematic Universe (MCU). Palu andalannya, Mjolnir sejauh ini cuma bisa diangkat, dikendalikan dan digunakan olehnya seorang.

Berkaca pada fakta tersebut, ada satu scene di AVENGERS: ENDGAME yang paling bikin para penonton tercengang, yakni ketika Steve Rodger (Captain America) bisa mengendalikan Mjolnir milik Thor. Palu itu digunakannya untuk menyelamatkan Thor yang hampir dibunuh oleh Thanos.

Tak cuma sampai situ saja, Captain America bahkan bisa mengeluarkan kekuatan petir mjolnir dan menggunakannya untuk melawan Thanos beserta antek-anteknya. Sungguh sebuah scene yang bikin merinding disko di tengah-tengah ketegangan.

Yang jadi tanda tanya besar: Bagaimana bisa Captain America mengangkat dan menggunakan kekuatan dari Mjolnir? Simak ulasannya berikut..

 

1. Mantra Odin

Jawaban dari pertanyaan tersebut sebenarnya bakal kalian temukan jika sudah nonton film pertama Thor (2011). Pemilk asli dari Mjolnir adalah Odin, ayah Thor. Namun Ia mewarsikan kemampuan tersebut kepada sang buah hati yang memang bakal jadi raja baru untuk menggantikannya.

Thor lantas membuat sang ayah marah besar karena tindakan cerobohnya. Ia harus rela diusir dari Asgard ke bumi, semua kekuatannya pun diambil. Setelahnya, Odin memberikan mantra kepada Palu Mjolnir, sebelum melemparkannya juga ke bumi.

Mantra tersebut berbunyi: "Siapapun yang memegang palu ini, jika dia layak, akan memiliki kekuatan mjolnir".

2. Captain America Layak

Mantra Odin itu menandakan jika Mjolnir bukanlah milik Thor seorang, namun siapa saja yang memang layak akan kekuatannya. Beberapa kriteria dari kelayakan tersebut adalah hati yang suci dan juga sikap rela berkorban demi kepentingan orang lain.

Dan seperti yang kita tahu, Captain America memang sosok yang memiliki 2 kriteria tersebut. Ia merupakan seorang pemimpin yang selalu menolong dan lebih mengutamakan orang lain ketimbang dirinya sendiri.

3. Layak Sejak Lama

Pada salah satu scene AVENGERS: AGE OF ULTRON, Thor menantang para Avengers untuk mengangkat mjolnir. Jangankan Hawkeye, Tony Stark/Iron Man saja tak bisa menggerakkannya sedikitpun meski sudah menggunakan bantuan tangan roket.

Kala itu, cuma Captain America yang bisa menggerakkannya sedikit. Thor pun sempat kaget. Namun pada akhirnya, Cap tak bisa mengangkatnya meski sudah mencoba.

Menurut The Russo Brothers (sutradara), Captain America sejatinya sudah bisa mengangkat mjolnir saat itu, namun memilih untuk tidak pamer di hadapan para Avengers lainnya, terutama Thor. Captain America tak ingin membuat malu Thor yang diketahui memiliki ego cukup besar.

4. Gunakan Stormbreaker

Tak cuma Mjolnir, Captain America juga bisa mengangkat Stormbreaker, senjata baru dari Thor yang berbentuk kapak. Seperti diketahui, senjata ini diciptakan menggunakan material yang sama dengan mjolnir oleh seorang dwarf bernama Eitri di Nidavellir.

Pada scene pertempuran The Avengers melawan Thanos dan pasukannya, Captain America sempat bertukar senjata dengan Thor, yakni antara Mjolnir dan juga Stormbreaker.

5. Bukan Satu-Satunya

Selain Thor, ada satu member Avengers lain yang juga bisa mengangkat mjolnir, yakni Vision. Pada AVENGERS: AGE OF ULTRON, Vision dengan santai memberikan mjolnir pada Thor yang lantas membuat para Avengers shock bukan main.

Vision sendiri juga dianggap layak memegang mjolnir karena kemurnian dalam dirinya. Ia diciptakan untuk melawan ultron yang jahat. Vision juga baru lahir sehingga masih belum memiliki dosa sama sekali. Terakhir, Vision juga diciptakan lewat bantuan petir Mjolnir, sehingga komponen mjolnir juga ikut tergabung dalam dirinya.


REKOMENDASI
TRENDING