Angka-Angka Unik AVENGERS, Ada Yang Tahu Berat Palu Thor?

Sabtu, 28 April 2018 11:23 Penulis: Mahardi Eka
Angka-Angka Unik AVENGERS, Ada Yang Tahu Berat Palu Thor? Marvel Studios

Kapanlagi.com - Marvel Cinematic Universe (MCU) telah memasuki tahun ke-10 dalam sejarah pembuatan film mereka. Sembilan belas film, termasuk AVENGERS INFINITY WAR menjadi penanda bahwa Marvel Studios konsisten dengan karya mereka dan terus berinovasi dari film yang satu ke film yang lain. MCU telah berhasil mengembangkan kisah-kisah superhero yang sebelumnya hanya bisa dinikmati dalam media komik dan serial animasi menjadi film layar lebar dengan cast interstellar dan juga visual mewah dan mutakhir.  

Salah satu signature MCU tak lain adalah THE AVENGERS. Para superhero Marvel mulai dari Iron Man, Thor, Hulk, Captain America, Black Widow, dan lainnya berkumpul dalam satu tim untuk bekerjasama menghadapi super villain. Dalam dua film sebelum AVENGERS INFINITY WAR, Avengers menghadapi Loki dengan pasukan alien Chitaurinya serta Ultron dan pasukan robotnya. Dua film Avengers tersebut hingga saat ini menempati posisi dua dan tiga sebagai film terlaris Marvel Studio. AGE OF ULTRON berada pada posisi ketiga dengan pendapatan sekitar 6,3 triliun rupiah, sementara THE AVENGERS mencapai 8,6 triliun rupiah. Posisi pertama masih dipegang oleh BLACK PANTHER dengan pendapatan 9,4 triliun rupiah.

Tidak hanya menjadi signature, film AVENGERS juga dipakai sebagai “gong” dalam satu rangkaian film MCU. Rangkaian film ini mereka beri sebutan “fase”. AVENGERS INFINITY WAR menjadi gong untuk fase tiga film-film MCU sekaligus merayakan 10 tahun perjalanan Marvel Studios. Sebanyak 200 lebih aktor Hollywood dan internasional bergabung ke dalam MCU. Dan dalam perjalanannya yang masih panjang ini, MCU mencatatkan beberapa angka-angka unik. Let’s check it out.

Siapa yang Termuda dan Tertua dalam AVENGERS?

Apakah KLovers menebaknya Peter Parker aka Spider-Man sebagai yang termuda? Salah! Karakter termuda dalam Avengers adalah Vision (Paul Bettany). Meski memang secara fisik Vision memiliki penampilan seperti layaknya pria berusia 30-an, Vision baru lahir dalam AGE OF ULTRON. Sedikit flashback, Vision mulanya dibuat Ultron sebagai tubuh sintetisnya. Ia dibuat dari campuran jaringan sintetis dan vibranium. Ultron pun menambahkan Mind Stone di dahinya. Jadi jika menghitung dari tahun rilis AGE OF ULTRON sebagai hari lahir Vision, maka ia baru berusia tiga tahun lho. Masih balita nih.  

Lalu yang tertua? Predikat tersebut jatuh kepada Thor (Chris Hemsworth). Thor tercatat dalam beberapa sumber telah berusia 1500 tahun (confirm di infinty wars). Nggak perlu kaget, karena memang Thor bukan manusia biasa. Ia adalah Dewa Asgard yang dikenal berumur panjang hingga seribu lebih usianya. KLovers pasti berdecak kagum meski usianya belasan kali usia kakek-kakek tapi Thor punya wajah tanpa keriput dan tubuh bak binaragawan. Flawless kalau kata ibu-ibu.

Siapa yang Paling Sering ke Salon?

Menjadi satu-satunya wanita dalam sebuah tim superhero tentu bukan perkara mudah. Black Widow harus menjalani misi berat dan berbahaya di saat yang dibutuhkan. Dalam THE AVENGERS ia harus menghadapi Loki dan pasukan Chitaurinya. Tak butuh waktu lama, ia pun kembali menghadapi Winter Soldier bersama pasukan Hydra di CAPTAIN AMERICA: WINTER SOLDIER.

Capek pastinya ya, menjadi seorang Black Widow. Hampir tak ada waktu istirahat. Namunmelihat dari penampilan di keempat filmnya, kami curiga bahwa Black Widow selalu menyempatkan diri untuk ke salon. Rambutnya selalu oke dan bervariasi modelnya. Hingga AVENGERS INFINITY WAR, Black Widow tercatat ganti gaya rambut enam kali. Dalam IRON MAN 2 ia tampil dengan rambut curly, lalu berganti wavy dan pendek di THE AVENGERS. Ketika beraksi dalam WINTER SOLDIER, Black Widow memilih rambut panjang dan sleek. 

Pilihan Black Widow kembali jatuh pada rambut wavy pendek dalam AGE OF ULTRON yang kemudian tidak ia ubah hanya dipanjangkan dalam CIVIL WAR. Perubahan drastis lebih terlihat dalam INFINITY WAR di mana Black Widow mewarnai rambutnya dengan warna pirang.

Siapa yang Paling Sering Muncul?

Iron Man dan Captain America memang boleh jumawa ketika tampil paling banyak, yakni dalam 9 film, dibanding superhero Marvel lainnya. Tapi ketika harus berkompetisi dengan sosok satu ini, pencapaian mereka hanya setengahnya. Ya, Stan Lee lah yang lebih sering muncul dalam film superhero Marvel. Ia muncul dalam semua film superhero Marvel. Tanpa menyertakan INFINITY WAR, Stan Lee telah muncul sebagai cameo sebanyak 18 kali.

Beberapa cameonya yang mencuri perhatian antara lain ketika ia menjadi astronot yang berbincang dengan The Watcher dalam GUARDIAN OF THE GALAXY 2. Dalam film tersebut, ia juga dibuatkan post credit scene tersendiri lho. Dalam THOR RAGNAROK ia menjadi tukang potong rambut yang berhasil membuat Thor merengek-rengek. Apa yang menjadi favorit kalian KLovers? Yang pasti semua sedang menantikan seperti apa kemunculan Stan Lee dalam INFINITY WAR nanti.

Ultah Seabad

Captain America bakal bertempur melawan Thanos di Wakanda dalam INFINITY WAR. Sangat disayangkan memang karena Cap seharunya merayakan usianya yang sudah mencapai 100 di tahun ini. Steve Rogers aka Captain America tercatat lahir di tahun 1918. Ia kemudian tidur panjang dalam balok es hingga ditemukan oleh S.H.I.E.L.D dan Nick Fury untuk diajak bergabung dengan The Avengers. Rekan Captain America, Bucky bahkan setahun lebih tua darinya. Duo ganteng yang usianya sudah pantas jadi kakek buyut nih, KLovers. 

Berat Palu Thor, Mjolnir

Meski palu Thor kini sudah hancur di tangan Hela, Dewi Kematian Asgard, tapi keberadaan palu ini selalu menarik perhatian. Bukan karena daya hancurnya, tapi karena palu ini hanya bisa diangkat oleh Thor dan beberapa orang saja. Sementara yang lain, hanya akan meringis karena tak kuat mengangkatnya. Jangankan mengangkat, menggerakkan semilimeter saja tak bisa. Usut punya usut, berat palu Thor tersebut setara berat 300 miliar gajah. Ya jangan terlalu pusing membayangkannya karena berat satu gajah saja sudah cukup untuk membuat tangan manusia biasa putus urat dan otot.


Total Budget AVENGERS INFINITY WAR

Film terbaru dalam MCU ini disebut telah menghabiskan dana produksi hingga mencapai 13,8 triliun rupiah. Dana produksi yang jika dibandingkan bisa untuk membuat film seperti LA LA LAND sebanyak 33 buah. Alokasi penggunaan dana tersebut diperkirakan antara lain untuk membuat dua part INFINITY WAR, pemolesan efek visual filmnya, biaya promosi ke banyak negara, dan juga biaya aktornya yang tidak sedikit.

Dari trailer yang sudah beredar saja, efek visual yang dihadirkan sangat mewah. Ambil contoh untuk efek menghadirkan Thanos dalam filmnya serta adegan peperangan di Wakanda. Itu dari pemolesan visualnya saja. Lalu ada upaya promosi di banyak negara seperti Singapura, Shanghai, Hongkong, dan London yang menghadirkan para pemain AVENGERS INFINITY WAR. Coba kalian hitung sendiri berapa besarnya biaya tersebut. Terakhir, salah satu rumor yang beredar, gaji Robert Downey Jr untuk tampil di dua film AVENGERS INFINITY WAR menjadi yang paling tinggi di antara yang lain. 

Nah Klovers,  masih penasaran dengan angka-angka unik di semua film MCU? Coba tebak, berapa banyak superhero yang 'malu-malu' dan menyembunyikan wajah rupawan mereka di balik topeng? Losing count? Yuk cek di bawah!

AVENGERS in NUmbers. Marvel StudiosAVENGERS in NUmbers. Marvel Studios



(kpl/dka)

Editor:

Mahardi Eka


REKOMENDASI
TRENDING