FILM INTERNASIONAL

Berkenalan dengan Enola, Adik Kandung Sherlock Holmes yang Tak Banyak Diketahui Orang

Selasa, 22 September 2020 19:15

Enola Holmes / Credit: Netflix

Kapanlagi.com - Sherlock Holmes adalah seorang detektif legendaris dari Inggris yang namanya sudah mendunia. Kisahnya sebagai sosok yang jenius dalam memecahkan misteri sudah beberapa kali diangkat ke layar lebar hingga film serial dengan pemeran yang berbeda-beda pula.

Nah tapi tahukah kalian jika ternyata Sherlock punya seorang adik perempuan bernama Enola Holmes? Fakta itu muncul dalam novel karya Nancy Springer bertajuk The Enola Holmes Mysteries yang rilis sekitar tahun 2006 silam.

 

1. Mengenal Sosok Enola

Mari kita bahas tentang Enola. Jika Sherlock pada novelnya diceritakan sebagai sosok yang kalem, maka Enola punya sifat yang berbalik 360 derajat. Ya, Enola adalah seorang gadis muda yang sangat rebel, eksentrik, mandiri, penuh semangat dan tak pernah takut untuk menentang hal yang dirasa tidak cocok untuknya.

Pada ceritanya, Enola memberanikan diri untuk kabur dari rumah di usia muda guna mencari ibunya yang hilang secara misterius. Padahal, sang kakak selalu memaksa Enola untuk fokus pada pendidikan dan belajar jadi sosok wanita yang proper.

Pasca kabur dari rumah membawa uang yang telah disiapkan sang ibunda, Enola menjadi seorang detektif untuk kasus pencarian orang hilang. Di sisi lain, sang kakak masih terus berusaha untuk mencari dan menangkap Enola agar kembali ke rumah dan melanjutkan sekolahnya.

2. Diangkat Jadi Serial Netflix

Novel The Enola Holmes Mysteries sendiri akhirnya diangkat jadi sebuah film serial yang bakal tayang secara resmi di Netflix per hari Rabu (23/9) besok. Film adaptasi ini disutradarai oleh Harry Bradbeer. Sementara itu, sederet pemeran yang terlibat antara lain Millie Bobby Brown (Enola), Henry Cavill (Sherlock), Sam Claflin (Mycroft) hingga Helena Bonham Carter (Eudoria).

Uniknya, serial adaptasi Enola sempat terlibat sebuah masalah, di mana sang author asli dari tokoh Sherlock Holmes (The Conan Doyle Estate) melayangkan gugatan pada Netflix dengan tudingan telah mengubah karakter Sherlock Holmes tanpa izin. Seperti diketahui, sejauh ini Sherlock diketahui memiliki sifat yang jenius, narsis dan arogan. Namun pada serial adaptasi Enola, sosok Sherlock yang diperankan oleh Henry Cavill malah cenderung digambarkan kalem dan berbeda dari aslinya.

3. Testimoni Kru dan Staff

Berikut adalah beberapa statement dari segenap pemeran dan kru film terkait tokohEnola sebelum kalian memantapkan hati buat ngikutin serialnya di Netflix..

"Aku ingin bermain sebagai Enola karena aku mengidolakan ketangguhan, kekuatan dan juga keberaniannya untuk pergi ke dunia nyata, di mana hal itu ternyata sangat menakutkan." - Millie Bobby Brown (Enola).

"Enola adalah spirit dari sebuah revolusi. Dia adalah spirit yang penting dari sebuah investigasi, tentang tidak hanya duduk diam dan hanya menerima dunia seperti yang diberikan padamu." - Fiona Shaw (Miss Harrison).

"Aku sungguh tak tau ada tokoh seperti Enola. Dan bagaimana dia benar-benar mirip tapi tidak mirip dengan Sherlock. Kalau saja dia benar-benar eksis hari ini, dia akan jadi sosok yang berkarisma dan eksentrik. Sementara di era Victoria, dia akan dianggap temperamental, rebel dan berbahaya." - Henry Cavill (Sherlock Holmes).

"Dia (Enola) berubah dari sosok yang innocent jadi gadis yang terjun ke sebuah dunia yang penuh dengan bahaya dan tantangan, lalu dipaksa untuk mengnubah pandangannya tentang apa sih makna dari hidupnya itu." Harry Bradbeer sang sutradara.


REKOMENDASI
TRENDING