FILM INTERNASIONAL

'FANTASTIC BEASTS 2' Berlokasi di Paris, Seperti Apa Sih Dunia Sihir di Perancis?

Rabu, 07 November 2018 22:52 Penulis: Sanjaya Ferryanto

Fantastic Beasts © Digital Spy

Kapanlagi.com - FANTASTIC BEASTS: THE CRIMES OF GRINDELWALD akan diputar untuk pertama kalinya pada tanggal 8 November 2018 besok. Negara yang menjadi tempat diputarnya film ini pertama kali adalah Perancis, tepatnya di kota Paris.

Pilihan lokasi pemutaran perdana tidak sekadar pilih saja. Seperti yang KLovers x Potterheads ketahui dari teaser dan trailer, Paris Perancis menjadi salah satu setting utama bertemunya kubu Dumbledore, Kementerian Sihir, dan kubu Grindelwald. Lebih jauh lagi, ternyata dunia sihir ciptaan JK Rowling tidak terbatas di Inggris saja lho.

Kalau di seri Harry Potter kita hanya mengintip sedikit tentang dunia sihir Perancis lewat sosok Fleur Delacour dan Akademi Beaubatons, maka tidak halnya dalam THE CRIMES OF GRINDELWALD. Dunia sihir di Perancis akan mendapat sorotan lebih.

Seperti apa sih lokasi-lokasi di Paris yang muncul dalam film ini? Dan apa saja hal-hal tentang sihir yang ada di perancis? Simak di sini.

1. Kenapa Paris?

Kamu mungkin berpikir alasan apa yang membawa Newt dan para tokoh lainnya sampai ke Paris. J.K. Rowling sendiri mengatakan jika alasan utama Newt berada di Paris adalah Credence Barebone.

Ya, Credence sepertinya memang memegang peranan kunci dalam film kedua ini. Seperti diketahui, dalam film pertama disebutkan jika dirinya adalah seorang Obscurial yang mampu sembunyikan kekuatannya.

Sayangnya, kekuatannya justru berubah menjadi hitam dan sempat mengacaukan New York. Lantas, apakah kekuatan tersebut juga akan memporak porandakan Paris? Well, yang ini sepertinya hanya bisa terjawab melalui filmnya.

Lantas, seperti apa sejarah sihir di Prancis?

2. Sejarah Sihir di Prancis

Buku Witch Hunts in the Western World (Perburuan Penyihir di Dunia Barat) sedikit banyak membahas tentang fenomena yang terjadi beberapa ratus tahun yang lalu ini. Buku yang ditulis oleh Brian A. Pavlac ini salah satunya berbicara mengenai ketakutan akan ilmu sihir pada zaman dahulu kala.

Tak hanya Perancis, namun fenomena ini menyebar di beberapa negara di Eropa, seperti Italia, Jerman, Swiss serta Belanda dan Belgia. Puluhan ribu orang ditangkap dan dituduh sebagai seorang penyihir.

Penyebab ketakutan ini terjadi karena pengaruh dari Dewan Pengadilan Katolik yang dibentuk oleh Gereja Katolik Roma pada abad ke-13. Dewan Pengadilan Katolik ini berperan layaknya polisi, yaitu untuk menobatkan orang yang murtad, serta mencegah yang lainnya agar tak terpengaruh.

Bisa ditebak, perburuan penyihir pun mulai merebak di Eropa. 70% tertuduhnya adalah wanita dengan posisi yang lemah, seperti orang miskin dan lansia. Bahkan seorang tabib juga bisa dijadikan tertuduh jika pengobatannya gagal.

Musée de la Magie

Mungkin kamu belum mengetahui jika Paris memiliki museum sihir. Ya, namanya adalah Musée de la Magie, atau biasa dikenal dengan Musée de la Curiosité et de la Magie dan juga Académie de la Magie.

Pada dasarnya, ini adalah museum pribadi yang terletak di 4th arrondissement at 11, rue saint Paul, Paris, Prancis. Museum ini hanya dibuka beberapa kali saja dalam satu minggu, dan dikenakan biaya untuk masuk.

Yang unik, museum ini sendiri menempati bagian bawah rumah Marquis de Sade dari abad ke-16. Marquis de Sade sendiri adalah seorang penulis dan filosofer yang lahir pada tahun 1740 silam.

Fenomena ini baru berhenti pada abad ke-17. Saat itu, banyak orang mulai berpikir dengan akal sehat, serta para dokter dengan ilmu kedokteran yang mulai maju akhirnya menemukan bahwa beberapa penyakit yang mewabah memang diakibatkan oleh masalah kesehatan, bukan pengaruh dari roh jahat.

Sihir pun rupanya berkembang hingga ada sekolahnya!

3. Beauxbatons Academy of Magic

Beauxbatons adalah sekolah sihir yang terletak di Istana Beauxbatons dekat kota Cannes di Perancis Selatan. Sejarahnya berawal dari zaman Perancis kuno, tepatnya zaman para Druid dari Galia yang menggunakan sihir.

Komunitas penyihir ini akhirnya memutuskan untuk mendirikan akademi sihir di luar Paris. Akademi tersebut terus berkembang selama Abad Kegelapan, Abad Pertengahan, dan Renaissance.

Beauxbatons didirikan oleh tiga penyihir yaitu Adora Rourie, Boden Sournois & Jocelin Cossu. Rouerie sangat mementingkan kecerdasan layaknya Ravenclaw di Hogwarts. Sournois mementingkan darah murni dan berhati hitam layaknya Slytherin di Hogwarts, dan Cossu lebih kepada berfikir kreatif.

Akademi ini telah bertahan selama lebih dari 700 tahun.

4. Wizarding World in Paris Pt. 1

Desainer grafis Miraphora Mina dan Eduardo Lima baru-baru ini merilis “practical map of the Wizarding World in Paris,” yang berisi beberapa detail tentang tempat-tempat sihir di Paris yang muncul di film kedua ini.

Peta ini mengidentifikasi 8 lokasi utama di film ini. Apa saja sih tempat-tempat tersebut? Simak deh.

1. Paysage Parisean Emblématique

Ini adalah lokasi dimana tempat-tempat ikonik Paris berada, seperti menara Eiffel.

2. Quartier De Nicolas Flamel

Tempat ini adalah area dimana Nicolas Flamel tinggal. Seperti diketahui, Newt akan mencari rumah Flamel atas permintaan dari Dumbledore, dan menggunakannya sebagai safe house. Lokasi ini juga terdapat laboratorium milik Flamel dan Philosopher's Stone, yang mampu mengubah metal menjadi emas.

Ada kemungkinan akan terjadi suatu pertemuan tak diduga di tempat ini, karena seperti kita tahu, Grindeiwald juga sangat menginginkan Philosopher's Stone.

3. Montmartre Place Cachée

Tak ada banyak informasi yang didapat mengenai tempat ini. Namun dilihar dari namanya (Bahasa Inggris: Montmartre Hidden Square) sepertinya tempat ini menyimpan sesuatu yang dibutuhkan Newt (atau Grindelwald?)

4. Rue Girardon Circus Arcanus

Dimiliki oleh sosok kejam bernama Skender, sirkus ini adalah tempat tinggal Credence Barebone dimana dirinya bergabung saat pergi ke Paris. Di sirkus inilah dirinya berkenalan dengan Nagini.

5. Wizarding World in Paris Pt. 2

5. Place Furstenberg Entrée Du Ministere Des Affaires Magique

Le Point Pop mengonfirmasi jika pintu masuk ke tempat ini berada di belakang patung wanita bergerak seperti yang terlihat dalam trailer. Untuk masuk ke dalam tempat ini dibutuhkan 3 kata sihir. Apakah ketiga kata tersebut adalah moto dari kedutaan Perancis, “Liberty, Equality, Fraternity”?

6. Pont Alexandre III Zouwu Bridge

Dalam trailer terlihat jika tempat ini adalah lokasi dimana Newt menangkap Zouwu setelah kabur dari Circus Arcanus. Kerusakan yang ditimbulkan dari lepasnya Zouwu ini masih belum diketahui.

7. Cimitière Du Père Lachaise

bahasa Inggrisnya adalah Cemeteries of Father Lachaise. Dalam trailer, pemakaman ini terlihat dikunjungi oleh Newt dan saudaranya, Theseus. Walaupun masih belum diketahui apa yang mereka lakukan, kemungkinan keduanya mencari informasi tentang silsilah keluarga Credence.

8. Boulevard Haussmann Les Grand Magasins De Paris

Ini adalah tempat dimana Grindelwaald terlihat berjalan di dalam trailer. Karena hanya muncul sedikit dalam trailer, masih belum diketahui akan terjadi situasi seperti apa dalam tempat ini.

(kpl/frs)


REKOMENDASI
TRENDING