'GRAVITY' Dituntut Penulis Novel Karena Kemiripan Kisah

Sabtu, 03 Mei 2014 16:51 Penulis: Mahardi Eka
'GRAVITY' Dituntut Penulis Novel Karena Kemiripan Kisah dok. Warner Bros
Kapanlagi.com - Kesuksesan GRAVITY berbuntut sebuah tuntutan dari seorang penulis novel bernama Tess Gerritsen. Penulis satu ini mengungkap bahwa kisah dalam film GRAVITY punya kemiripan dengan novel GRAVITY yang ditulisnya tahun 1999. Atas dugaan tersebut, ia menuntut Warner Brothers ganti rugi sebesar USD 10 juta.

Lewat situs resminya, sang penulis menjabarkan inti dari tuntutannya tersebut. Untuk membuktikan keseriusannya dalam menuntut Warner Bros, ia pun menyertakan tautan kepada dokumen resmi tuntutannya di Pengadilan Negara.

Penulis satu ini mengklaim bahwa di tahun 1999 ia pernah menambahkan beberapa materi yang mirip dengan GRAVITY setelah ia menjual hak cipta filmnya ke Katja Motion Picture Corporation dan New Line Productions. 

Salah satu adegan yang ia akui sebagai kemiripan adalah adegan di mana sebuah stasiun luar angkasa internasional hancur karena dihujani puing satelit dan hanya ada seorang astronot wanita yang terombang-ambing di luar angkasa, sendirian.

Meski demikian, Tess mengaku ada sedikit kemungkinan bahwa penulis berbeda bisa punya ide cerita, setting, tokoh, dan judul yang sama. Ia mantap untuk mengajukan tuntutan tersebut saat mengetahui bahwa salah satu tokoh penting dalam proyek film GRAVITY (2014) masih ada kaitannya dengan proyek lama yang pernah ia kerjakan.

(dig/dka)

Editor:

Mahardi Eka


REKOMENDASI
TRENDING