Halle Berry Kecewa Telah Menang Oscars, Kenapa?

Senin, 02 Maret 2015 15:52 Penulis: Fitrah Ardiyanti
Halle Berry Kecewa Telah Menang Oscars, Kenapa? Halle Berry/©Splashnews
Kapanlagi.com - Halle Berry, aktris cantik dan eksotis ini, hingga kini adalah satu-satunya aktris Afro-Amerika yang mampu membawa pulang trofi Best Actress in a Leading Role Oscars atas perannya dalam MONSTER'S BALL besutan Marc Foster. Namun, bukannya bangga atas pencapaiannya itu, Halle malah kecewa. Kenapa, ya?

Dilansir The Guardian, Halle Berry saat ditemui saat mempromosikan filmnya yang sempat tertunda lama, FRANKIE And ALICE, mengutarakan fakta mengejutkan ini. Kekecewaannya disebabkan oleh performa apik para orang-orang kulit berwarna kurang dihargai oleh publik dan industri. “Jujur aku kecewa,” ungkapnya

“Aku memang sangat terinspirasi ketika aku melihat mereka (orang-orang kulit berwarna) telah melakukan hal-hal yang luar biasa di luar sana. Kualitas dan nilai kita nggak bergantung dengan sebuah penghargaan, kok. Aku ingin melihat mereka semua lebih dihargai, tapi kita harus mencari kemenangan dulu dalam pekerjaan kita. Kemenangan sesungguhnya bukan terletak pada kemampuan kita 'menjual' cerita orang-orang kulit berwarna. Namun, kita bisa masuk dalam cerita berlatar kehidupan sehari-hari. Di mana kita tak perlu repot berkata, 'Ini film untuk orang-orang kulit berwarna,'” ungkapnya panjang lebar.

Halle Berry saat memenangkan Oscars 2002 atas perannya dalam MONSTER'S BALL/©celebeat.comHalle Berry saat memenangkan Oscars 2002 atas perannya dalam MONSTER'S BALL/©celebeat.com

Halle bermaksud menunjukkan karya terbarunya, FRANKIE And ALICE yang menceritakan kisah seorang penari striptease atau stripper yang berjuang melawan Dissociative Identity Disorder dan membuatnya terlibat adu argumen dengan anak berusia 7 tahun. Ia mendambakan akan mendapatkan Oscars karena film ini, namun sayangnya FRANKIE And ALICE mengalami penundaan selama lima tahun dan baru dirilis April tahun lalu.

Halle juga menyoroti betapa sulitnya para aktris kulit hitam yang telah memenangkan Oscars untuk mendapatkan job. Mo'Nique, peraih Best Actress in a Supporting Role Oscars 2009 dalam film PRECIOUS, dihina karena dianggap tak memiliki akting yang cukup baik meski ia mengantongi piala bergengsi ini.

Namun, kemenangan dua aktris hebat ini tentunya akan memberi sedikit banyak perubahan dalam industri perfilman Hollywood yang dirasa kurang beragam. Mari berharap semoga di tahun depan Hollywood dan The Academy lebih banyak mempertimbangkan kerja keras orang-orang kulit berwarna, supaya aktor hebat seperti David Oyelowo tak luput dari radar mereka.

(the/tch)


REKOMENDASI
TRENDING