Jelang Oscar 2018, LA Dihebohkan dengan 3 Billboard Kontroversial

Kamis, 01 Maret 2018 18:15 Penulis: Editor KapanLagi.com
Jelang Oscar 2018, LA Dihebohkan dengan 3 Billboard Kontroversial https://i.cbc.ca/1.4556175.1519852155!/fileImage/httpImage/image.jpg_gen/derivatives/16x9_620/covered-billboards-protest.jpg

Kapanlagi.com - Tiga buah Billboard dengan tulisan yang kontroversial muncul beberapa hari sebelum digelarnya Oscar 2018. Billboard tersebut berada tak jauh dari lokasi Oscar 2018, yakni di Los Angeles.  Billboard karya seniman jalanan bernama Sabo ini terinspirasi oleh salah satu film yang masuk dalam nominasi Oscar 2018, THREE BILLBOARDS OUTSIDE EBBING, MISSOURI.

Ketiga Billboard tersebut masing-masing bertuliskan “Dan piala Oscar untuk pedofil terhebat jatuh kepada...”, “Kita semua tahu, dan tetap saja tidak ada tindakan," dan “Sebutkan namanya di atas panggung, atau tutup mulut saja,". Menurut Sabo, seniman dari Billboard ini, pesan dalam karyanya itu dimaksudkan untuk mengkritik tokoh Hollywood yang diam-diam terlibat dalam kasus pelecehan seksual.

3 buah Billboard dengan tulisan yang kontroversial muncul beberapa hari sebelum digelarnya Oscar 2018.3 buah Billboard dengan tulisan yang kontroversial muncul beberapa hari sebelum digelarnya Oscar 2018.
3 buah Billboard dengan tulisan yang kontroversial muncul beberapa hari sebelum digelarnya Oscar 2018.

Desain billboard mirip dengan papan nama yang digambarkan dalam salah satu film yang dinominasikan oleh Academy Award.Desain billboard mirip dengan papan nama yang digambarkan dalam salah satu film yang dinominasikan oleh Academy Award.

Pesan-pesan itu dicetak dengan teks hitam di atas kotak merah raksasa. Desain tersebut tampak mirip dengan papan nama yang digambarkan dalam film Martin Kaysagh yang dinominasikan oleh Academy Award, yakni film yang berkisah tentang seorang wanita yang meminta tindakan dari polisi setempat atas pembunuhan dan pembunuhan putrinya yang belum terpecahkan.

Sabo sebelumnya sudah pernah melakukan berbagai kritik, salah satunya ia pernah memodifikasi sebuah papan reklame film untuk mengejek Al Franken yang mengundurkan diri dari kursi senat AS setelah dituduh melakukan pelecehan seksual. Ia juga pernah membuat poster provokatif yang dimodifikasi mirip Meryl Streep yang pernah terlibat hubungan dengan Harvey Weinstein, seorang produser Hollywood.

THREE BILLBOARDS OUTSIDE EBBING MISSOURI yang menjadi inspirasi instalasi kritik di atas adalah salah satu kandidat kuat dalam ajang Oscar tahun ini. Dalam beberapa penghargaan film sebelumnya seperti Golden Globes, SAG Awards, dan BAFTA, film ini memborong penghargaan dalam kategori utama seperti Aktor Pendukung Terbaik, Aktris Terbaik, dan Film Terbaik.

Disadur oleh: Tantri Rahmawati

(kpl/mag)


REKOMENDASI
TRENDING