Jim Nelson, Tokoh Penting di Balik 'STAR WARS' Meninggal Dunia

Senin, 23 Juni 2014 18:51 Penulis: Mahardi Eka
Jim Nelson, Tokoh Penting di Balik 'STAR WARS' Meninggal Dunia dok. Lucas Film
Kapanlagi.com - Salah satu tokoh penting terciptanya film STAR WARS, Jim Nelson meninggal dunia di usianya yang ke-81. Tokoh satu ini membantu George Lucas untuk mendirikan Industrial Light & Magic.

Nelson, yang punya nama lengkap James M Falkinburg meninggal pekan lalu. Kabar meninggalnya Nelson datang dari keluarganya sendiri lewat sebuah obituari di Los Angeles Times. Selain itu, tidak ada detil lainnya yang diberitakan kepada publik.

Sosok yang merangkap dari sound editor, produser dan juga editor pasca produksi ini telah menggarap 21 film dan juga 38 serial televisi di sepanjang karirnya. Salah satu sumbangsih terbesarnya tak lain adalah lewat perusahaan efek visual, Industrial Light & Magic, divisi Lucasfilm.

Lewat perusahaan tersebut, Jim Nelson turut berpartisipasi dalam menggarap film STAR WARS yang fenomenal (1977). Seperti yang kita tahu, film satu ini menjadi film ikonik karena efek visual yang ditampilkannya. 

Nelson juga mendirikan sebuah fasilitas pengeditan film yang bernama Edit-Rite di tahun 1965, serta James Nelson Enterprises di tahun 1972 untuk pembuatan film pribadinya.

Dari tahun 1975 sampai 1977, Nelson juga bekerja sebagai produser STAR WARS yang tak dituliskan namanya di credit. Pada saat itu ia mengurusi manajemen ILM dan mengatur pengerjaan efek untuk film STAR WARS.

Kini ia telah tiada, tapi namanya pasti akan dikenang oleh para pecinta STAR WARS karena tanpa dirinya fiolm hebat tersebut tak akan tercipta dengan sempurna.


(dig/dka)

Editor:

Mahardi Eka


REKOMENDASI
TRENDING