FILM INTERNASIONAL

Kamu Penggemar 'STRANGER THINGS'? Ini Dia 5 Series Bergenre Horror Thriller Lain Untuk Menemani Penantianmu

Kamis, 14 Oktober 2021 21:56 Penulis: Editor KapanLagi.com

Dark (credit:imdb)

Kapanlagi.com - Sudah lebih dari dua bulan sejak Netflix merilis teaser terbaru untuk STRANGER THINGS SEASON 4. Teaser itu memperlihatkan latar terbaru mereka, Creel House. Namun tahukah kamu bahwa teaser pertama dari season 4 sudah rilis lebih dari 1 tahun lalu, sebuah penantian yang cukup lama.

Setuju atau tidak, serial STRANGER THINGS adalah satu-satunya serial yang bisa menegangkan, menakutkan tapi masih ringan ditonton. Tidak ada series lain yang mampu menyajikan tontonan semacam itu. Hal inilah yang membuat penantian Musim 4 terasa sangat menyiksa.

Mulai dari dimensi paralel hingga persahabatan anak-anak yang dipenuhi dengan komedi, memang tidak ada series yang bisa menyaingi STRANGER THINGS. Namun jangan galau dulu, karena kami sudah mengumpulkan series dengan premis dan ketegangan yang sama. Berikut ini 5 rekomendasi serial Netflix yang bisa menemani penantianmu.

1. Dark

Serial pertama adalah DARK yang pertama kali dirilis pada Desember 2017. Series ini sudah sampai season ke 3 yang dirilis Juni 2020 kemarin. Digarap oleh Baran bo Odar dan Jantje Friese, tontonan berbahasa Jerman ini cukup banyak disukai para penontonnya, berkat jalan ceritanya yang memutar otak.

Berkisah tentang misteri hilangnya anak-anak di sebuah kota bernama Winden, DARK memang memiliki premis yang mirip dengan serial STRANGER THINGS, tapi serial DARK punya daya tariknya sendiri. Tidak hanya itu DARK juga bercerita tentang sebuah perjalanan waktu. Dengan jalan cerita yang cukup rumit serial Netflix ini memang cukup membingungkan tapi itulah yang disukai para penonton.

 

 

2. The Haunting of Hill House

Selanjutnya adalah salah satu serial horror paling terkenal di Netflix berjudul THE HAUNTING OF HILL HOUSE. Serial televisi bergenre drama horor supernatural ini dibuat dan disutradarai oleh Mike FlanaganTHE HAUNTING OF HILL HOUSE merupakan garapan pertama dalam serial THE HAUNTING. Serial ini didasarkan pada novel tahun 1959 dengan nama yang sama karya Shirley Jackson. Ditayangkan perdana di Netflix pada 12 Oktober 2018 serial ini kemudian dilanjutkan dengan series berjudul THE HAUNTING OF BLY MANOR yang dirilis pada 9 Oktober 2020.

Pada musim panas 1992, Hugh dan Olivia Crain dan kelima anak mereka Steven, Shirley, Theodora, Luke, dan Eleanor pindah ke Hill House untuk menunggu pembangunan rumah mereka sendiri yang dirancang oleh Olivia. Mereka harus tinggal lebih lama karena perbaikan yang tidak terduga. Namun saat mereka menetap di rumah tua tersebut, perlahan-lahan Hugh, Olivia dan anak-anak mereka mulai merasakan ada yang tidak beres dengan rumah tersebut. Kejadian-kejadian mistis yang tidak bisa dijelaskan dengan akal sehat mulai terjadi. Insiden tersebut mencapai puncaknya ketika keluarga Hugh dan Olivia memutuskan untuk pergi dari rumah tersebut. 26 tahun kemudian, saudara Crain dan ayah mereka yang terasing bersatu kembali setelah tragedi lain lagi-lagi menyerang, dan mereka dipaksa untuk menghadapi waktu mereka di Hill House telah mempengaruhi mereka masing-masing.

 

 

3. The Order

Kamu suka dengan dunia sihir dan segala keajaibannya? Mungkin nama HARRY POTTER sudah tidak asing lagi di telingamu? Tidak mau ketinggalan, Netflix juga punya series mereka sendiri berjudul THE ORDER. Ditulis oleh Dennis Heaton dan Shelley Eriksen season 1 dari serial ini sudah ditayangkan pada 7 Maret 2019 lalu dan season 2 pada 18 Juni 2020.

THE ORDER mengisahkan Jack Morton, seorang siswa yang masuk ke Belgrave University. Dia bergabung dengan THE ORDER, sebuah perkumpulan rahasia yang mengajarkan dan mempraktikkan sihir. Dalam perjalanannya ia ingin menguak lebih banyak tentang misteri keluarganya. Namun, semua itu justru membawanya kepada dunia sihir gelap dan pertempuran bawah tanah antara manusia serigala dan pelaku sihir hitam.

 

 

4. Marianne

Tidak kalah dengan THE HAUNTING OF HILL HOUSE, serial besutan sutradara muda Samuel Bodin dan Quoc Dang Tran ini merupakan series bergenre horror yang cocok untuk kamu yang suka aspek horror dari STRANGER THINGS. Bedanya serial Netflix Original berbahasa Prancis ini bisa dibilang lebih menakutkan dan mengerikan dari STRANGER THINGS. Salah satu yang menarik perhatian dalam series yang rilis pada September 2019 lalu ini adalah premisnya yang menarik.

Series ini mengisahkan tentang Emma Larsimon, seorang penulis seri novel horor berjudul Lizzie Larck, yang terinspirasi dari penyihir jahat dalam mimpinya saat masih remaja. Setelah berhasil mendulang kesuksesan besar di Prancis, Emma memutuskan untuk mengakhiri kisah petualangan Lizzie agar bisa menulis judul baru. Namun, semenjak itulah penyihir jahat yang dia beri nama Marianne kembali menghantuinya dalam mimpi. Marianne meminta Emma untuk tidak berhenti menulis bukunya itu. Sampai suatu hari ia mendapat kabar bahwa ibunda temannya, Caroline mengaku bahwa dirinya adalah Marianne. Emma yang skeptis akhirnya menuju ke Elden untuk mengungkap keberadaan Marianne yang sebenarnya.

 

 

5. Mindhunter

Serial psikologi thriller MINDHUNTER diadaptasi dari kisah nyata dua agen FBI yang menjadi pelopor metode criminal profiling. Kasus-kasus yang digambarkan dalam serial ini adalah kasus-kasus nyata yang diambil dari buku non-fiksi berjudul Mind Hunter: Inside the FBI's Elite Serial Crime yang ditulis oleh John E. Douglas dan Mark Olshaker. Buku itu menggambarkan proses terbentuknya unit paling elit dalam FBI bernama Behavioral Analysis Unit.

Season 1 MINDHUNTER berlangsung pada tahun 1977-1980. Menceritakan agen FBI Holden Ford dan Bill Tench bersama psikolog Wendy Carr yang merintis Unit Ilmu Perilaku di Divisi Pelatihan Akademi FBI di Quantico, Virginia. Mereka mewawancarai beberapa pembunuh berantai yang dipenjara untuk memahami cara pikir mereka. Pengetahuan mereka akhirnya dapat diterapkan untuk menyelesaikan kasus yang sedang berlangsung.

Season 2 berlangsung antara 1980 dan 1981, menceritakan tentang penyelidikan pembunuhan Atlanta tahun 1979-1981, yang mencakup 28 kematian. Peristiwa ini didasarkan pada kasus nyata Wayne Williams, yang didakwa dan dihukum karena pembunuhan dua pria dewasa tetapi tidak pernah diadili untuk pembunuhan anak-anak dan remaja, menyebabkan kemarahan massal.

Penulis: Evan Reinaldo

 

 


REKOMENDASI
TRENDING