FILM INTERNASIONAL

20 Rekomendasi Film Horor Terseram yang Diangkat dari Kisah Nyata, Dijamin Bikin Merinding dan Nggak Bisa Tidur

Selasa, 07 Juni 2022 17:44 Penulis: Dhia Amira

(credit: imdb.com)

Kapanlagi.com - Bagi kalian yang suka nonton film horor, maka kalian belum bisa dibilang pecinta film horor kalau belum nonton rekomendasi film horor terseram yang diangkat dari kisah nyata. Ya, nyatanya film horor bukan dibuat secara fiksi saja loh KLovers, namun ada pula yang diangkat dari kisah nyata.

rekomendasi film horor terseram yang diangkat dari kisah nyata ini bakal sukses membuat bulu kuduk kalian berdiri deh. Bahkan, beberapa rekomendasi film horor terseram yang diangkat dari kisah nyata ada yang diproduksi pada tahun 70-an. Bisa dibayangkan bagaimana mengerikannya film-film horor ini?

Dengan berbagai adegan seram yang dihadirkan, akan dibuat sepakat bahwa daftar ini layak menjadi rekomendasi film horor terbaik. Berbagai judul, baik dalam maupun luar negeri pun akan kalian temukan.

Nah, bagi kalian yang penasaran, apa saja sih rekomendasi film horor tersebut? Berikut ini rekomendasi film horor terseram yang diangkat dari kisah nyata dan bisa bikin kalian merinding hingga terbawa mimpi.

1. THE EXORCIST (1973)

Film THE EXORCIST adalah sebuah film horor Amerika Serikat yang diadaptasi dari novel tahun 1971 dengan judul yang sama karya William Peter Blatty, mengenai seorang gadis kecil yang kerasukan setan dan usaha nekat ibunya yang mencoba menyembuhkan putrinya lewat eksorsisme atau ritual pengusiran setan yang dilakukan oleh dua orang imam Katolik.

Film dan novel ini terinspirasi dari kisah nyata, dimana sebuah praktik eksorsisme yang tercatat pada tahun 1949 atas seorang bocah laki-laki berusia 14 tahun. Film ini menjadi salah satu film horor paling menguntungkan sepanjang masa di seluruh dunia. Film THE EXORCIST ini juga memperoleh sepuluh nominasi Piala Oscar.

Namun, nyatanya film THE EXORCIST ini dilarang di kota-kota individual dan negara karena alasan terlalu mengerikan atau menakutkan, dan juga karena alasan agama di beberapa negara. Tidak heran bila film THE EXORCIST ini, menjadi salah satu rekomendasi film horor terseram yang sayang banget untuk kalian lewatkan.

2. THE AMITYVILLE HOROR (1979)

Film THE AMITYVILLE HOROR tahun 1979 ini merupakan salah satu film horor klasik dan tentu saja yang terbaik di antara semua adaptasinya, baik sejumlah sekuel maupun versi pembuatan ulangnya. Ya, film yang diadaptasi dari kisah nyata ini memang beberapa kali di buat, namun THE AMITYVILLE HOROR tahun 1979 yang cukup sukses.

Gaya penuturan horor era 70'an ini setara dengan horor klasik lainnya, seperti THE EXORCIST (1973) atau THE OMEN (1976), namun disajikan dengan narasi horor yang realistis, sehingga patut dinikmati. Tidak heran bila film THE AMITYVILLE HOROR ini menjadi salah satu rekomendasi film horor terseram yang sayang banget untuk kalian lewatkan.

3. THE SHINING (1980)

Rekomendasi film horor terseram yang selanjutnya yaitu ada film berjudul THE SHINING. Film ini tayang pada tahun 1980. Film THE SHINING merupakan salah satu film horor garapan sutradara kawakan Stanley Kubrick. Diadaptasi dari novel karangan Stephen King berjudul sama, film ini berkisah mengenai Jack Torrance, yang bekerja sebagai penjaga hotel bersejarah di Colorado.

Hotel dengan nama Overlook Hotel ini ia jaga bersama dengan istrinya Wendy dan buah hatinya Danny. Seiring berjalannya waktu, Danny melihat masa lalu hotel yang mengerikan. Kondisi mental Jack juga memburuk seiring waktu karena pengaruh kekuatan gaib di hotel tersebut. THE SHINING sejatinya merupakan kisah fiksi loh KLovers.

Namun, latar belakang ceritanya terinspirasi dari salah satu hotel bersejarah, Stanley Hotel, yang juga mengilhami pembuatan novel The Shining. Dan menjadi salah satu rekomendasi film horor terseram yang sayang untuk kalian lewatkan.

4. THE EXORCISM OF EMILY ROSE (2005)

Siapa sih yang tidak kenal dengan film THE EXORCISM OF EMILY ROSE? Ya, film horor ini menjadi salah satu film horor legendaris yang layak ditonton ulang. Film besutan sutradara Scott Derrickson ini mengadaptasi kisah nyata perempuan muda asal Bavaria, Anneliese Michel, pada 1952 silam.

Film ini berkisah mengenai penyelidikan kasus kematian Emily Rose yang meninggal dunia setelah menjalani proses pengusiran setan oleh seorang pendeta. Emily menderita penyakit epilepsi. Sayang, obat-obatan yang dikonsumsinya justru membuat depresi dan memicu keinginan bunuh diri. Emily juga mulai mengalami hal-hal aneh yang membuatnya semakin kehilangan kontrol.

Kemudian orang tua Emily memanggil seorang pendeta Richard Moore untuk melakukan pengusiran setan. Namun, alih-alih berhasil, ritual pengusiran setan justru mengambil nyawa Emily dan membuat Richard Moore dituduh melakukan upaya pembunuhan. Bagi kalian pecinta film horor, pasti tahu dengan film satu ini. Dan juga menjadi rekomendasi film horor terseram sepanjang masa.

5. THE POSSESSION (2012)

Rekomendasi film horor terseram yang selanjutnya yaitu ada film berjudul THE POSSESSION. Film yang tayang pada tahun 2012 ini merupakan salah satu film horor supranatural Amerika Serikat yang disutradarai oleh Ole Bornedal. Film ini dibuat berdasarkan kisah nyata mengenai kotak Dybbuk yang diduga berhantu.

Film THE POSSESSION berkisah mengenai Emily, seorang gadis remaja yang menemukan kotak Dybbuk di rumah ayahnya, Clyde Brenek. Setelah pertemuan dengan kotak tersebut, perlahan perilaku Emily pun berubah menjadi kian janggal. Film THE POSSESSION ini terinspirasi dari sebuah laporan di salah satu surat kabar tentang keluarga yang melawan iblis yang dikenal dengan sebutan 'Dybbuk'.

Dalam cerita rakyat bangsa Yahudi, roh dalam kotak Dybbuk disebut mampu merasuki tubuh manusia dan melahap mereka. Sehingga, film ini menjadi salah satu rekomendasi film horor terseram yang yang sayang banget untuk kalian lewatkan.

6. THE CONJURING (2013 - 2021)

Film THE CONJURING menjadi salah satu rekomendasi film horor terseram selanjutnya. Ya, film THE CONJURING ini memang menjadi salah satu film yang diangkat dari banyak kisah nyata loh KLovers. Kisah film THE CONJURING ini, diambil dari kisah Ed dan Lorraine Warren yang merupakan pasangan supranatural yang mengalami hal mengerikan di sepanjang karir mereka.

Seperti film THE CONJURING yang pertama, dikisahkan Ed dan Lorraine berhadapan dengan arwah jahat bernama Bathsheba. Ia semula adalah istri tuan tanah yang kemudian menyembah setan dan membunuh anaknya sendiri untuk dijadikan persembahan. Kisah ini merupakan kisah nyata yang pernah dihadapi oleh Ed dan Lorraine Warren.

Mereka bahkan mendukung produksi film ini dan pernah menerbitkan buku terbitan sendiri bertajuk House of Darkness House of Light. Bukan hanya soal keberadaan keluarga Perron yang memang ada, tetapi juga Bathsheba yang pernah menjadi tuan tanah sebelum keluarga itu. Namun tak ada bukti pasti apakah Bathsheba merupakan penyembah setan seperti pada film.

Kemudian THE CONJURING 2 juga diangkat dari kisah nyata yang dialami keluarga Hodgson di Inggris yang dikenal sebagai Enfield Poltergeist. Sejumlah adegan dalam film ini nyata terjadi, salah satunya adalah ketukan di balik dinding. Sementara itu, adegan Janet melayang di udara masih diperdebatkan, apakah itu benar terbang atau melompat.

Melalui sejumlah bukti foto, tampak seolah Janet hanya loncat dari tempat tidurnya. Namun menurut pengakuan Janet dan keluarga serta sejumlah saksi, Janet sungguh melayang di atas tempat tidurnya. Dan yang terakhir yaitu, kisah THE CONJURING 3 yang juga begitu menyeramkan.

Kasus itu sendiri sempat menjadi kehebohan di Amerika Serikat pada dekade '80-an karena untuk pertama kalinya alasan kesurupan jadi pembelaan di persidangan. Bukan hanya itu, kasus kesurupan yang dialami David Glatzel juga nyata terjadi dan ditangani oleh Ed dan Lorraine Warren. Tidak heran bila film THE CONJURING menjadi salah satu rekomendasi film horor terseram yang harus kalian tonton.

7. KELUARGA TAK KASAT MATA (2017)

Tidak hanya film barat saja, film Indonesia juga ada loh di ambil dari kisah nyata. Walaupun kebanyakan ada pula dari legenda dan cerita-cerita masyarakat. Misalnya seperti film KELUARGA TAK KASAT MATA ini, yang telah rilis sejak 2017 lalu. Disutradarai oleh Hedy Suryawan, sementara ceritanya ditulis oleh Bonaventura Genta, Lele Laila dan Evelyn Afnilia.

Cerita ini diangkat dari pengalaman mistis yang ditulis Bonaventura Genta di sebuah forum internet. Genta dan teman-temannya itu bekerja pada perusahaan yang sama di Yogyakarta. Ketika mereka pindah gedung kantor, mereka mulai merasakan hal aneh dan malam-malam mereka menjadi momen penuh ketegangan karena sosok makhluk halus.

Dan lebih mencengangkan lagi, untuk membuat kisah hantu ini. Ternyata tidak main-main loh KLovers. Ya, pembuatan film ini meminta izin terlebih dahulu kepada makhluk halus yang menunggu di kantor tersebut. Jadi, tidak heran bila film KELUARGA TAK KASAT MATA menjadi salah satu rekomendasi film horor terseram.

8. DANUR (2017 - 2019)

Dan rekomendasi film horor terseram yang terakhir yaitu ada film berjudul DANUR. Film horor Indonesia yang diadaptasi dari kisah nyata ini diangkat dari novel berjudul Gerbang Dialog Danur yang mengisahkan kejadian asli penyanyi Risa Saraswati. Ya, DANUR berkisah soal pertemuan seorang gadis indigo bernama Risa Saraswati (Prilly Latuconsina) kecil dengan tiga sahabat hantunya, Peter, William, dan Jansen.

Risa kecil memang kerap merasa kesepian sebab ayah dan ibunya sibuk bekerja. Hanya ada pembantu yang menemani dia sehari-hari. Mirisnya, setiap momen ulang tahun, bahkan ayah dan ibu Risa tidak pernah datang merayakan bersama. Ketiga teman hantunya itu muncul selepas Risa melemparkan permohonan di hari ulang tahunnya yang kedelapan.

Satu waktu, ibu Risa tengah berada di rumah dan melihat bahwa Risa berbicara sendirian, dia pun bertanya pada Risa dengan siapa dia berbicara, dan Risa mengatakan bahwa dia berbicara dengan teman-temannya. Sang ibu yang khawatir kemudian memanggil paranormal dan membuka mata batin Risa, Risa pun akhirnya sadar bahwa yang dia kerap ajak bicara adalah hantu dan sosoknya seram.

9. SAM WAS HERE

Rekomendasi film horor terseram selanjutnya adalah SAM WAS HERE. Film yang mengambil latar waktu tahun 1998 ini menceritakan seorang salesman bernama Sam. Dia menyusuri daerah California, bukannya menemukan seseorang atau sesuatu yang bisa diprospek, justru dirinya mengalami masalah.

Mobilnya rusak di tempat yang benar-benar sepi dan mencekam. Keadaan memburuk saat ada teror dan kemunculan orang yang ingin membunuhnya. Lalu, bagaimana nasib Sam selanjutnya? Langsung saja saksikan sendiri film ini!

10. THE AUTOPSY OF JANE DOE

Bagi kalian yang mencari rekomendasi film horor terseram dengan adegan bertaburan darah, film THE AUTOPSY OF JANE DOE adalah jawabannya. Film ini berkisah tentang keluarga yang berprofesi sebagai petugas yang membedah mayat. Tokoh ayah dan anak tersebut tentu sudah terbiasa membedah berbagai macam mayat. Namun, ada satu mayat yang membuat segalanya jadi berbeda. Mayat Jane Do adalah mayat misterius yang menghasilkan banyak kengerian. Jika sudah siap, langsung saja tonton filmnya!

Namun, kehadiran mayat misterius bernama Jane Do ini mengubah segalanya. Jika kalian sudah siap menghadapi kengerian yang disuguhkan, langsung saja tonton film ini.

11. SINISTER

SINISTER menjadi salah satu rekomendasi film horor terbaik yang juga tak boleh dilewatkan. Film yang berkisah tentang penulis ini menghadirkan banyak adegan menyeramkan. Diceritakan bahwa Ellison merupakan seorang penulis yang mengalami kemunduran karier. Untuk memacu kreativitas, dia memutuskan untuk pindah rumah.

Secara sengaja, dia pun memilih rumah bekas TKP pembunuhan yang dianggap bisa memberinya ide untuk novel. Sayangnya, kenyataan tak berjalan sesuai harapan. Latar belakang rumah yang dirahasiakan dari keluarganya itu mulai memberikan tanda-tanda aneh. Teror pun terus berdatangan.

12. PARANORMAL ACTIVITY

Ada film yang disebut sebagai fenomenal di kalangan pecinta horor. Oleh karena itu, wajar jika film berjudul PARANORMAL ACTIVITY ini masuk ke rekomendasi film horor terbaik untuk kalian tonton. Secara garis besar, film ini bercerita tentang pasangan muda yang sering diganggu oleh kekuatan supranatural saat malam hingga pagi.

Selayaknya orang yang tak percaya hantu, Katie (Katie Featherston) dan Micah (Micah Sloat) pun merasa skeptis. Memasang kamera video menjadi langkah yang mereka pilih. Akhirnya mereka bisa tahu segala ketegangan yang terjadi. Gangguan yang datang pun makin parah dan suasana tambah mencekam.

13. THE MEDIUM

Jika kalian ingin mendapatkan rekomendasi film horor terseram, cobalah untuk menonton THE MEDIUM. Film asal Thailand ini memiliki gaya penyajian seperti PARANORMAL ACTIVITY. Kalian akan melihat aktivitas perdukunan di Isan, Thailand. Kalian juga akan disuguhkan dengan jalan cerita yang unik yang dikemas seperti film dokumenter. Siap-siap merinding di sepanjang penayangan ya, KLovers!

14. A NIGHTMARE ON ELM STREET

A NIGHTMARE ON ELM STREET adalah jawaban yang tepat bagi penggemar film horor. Sejak melihat visualnya pun, kalian tentu setuju jika film ini masuk ke daftar rekomendasi film horor terseram. Sosok seram Freddy Krueger ini pertama kali muncul dalam film horor A NIGHTMARE ON ELM STREET yang disutradarai oleh Wes Craven.

Diceritakan bahwa semasa hidupnya, Freddy Krueger adalah pembunuh anak-anak. Pria bertopi ini pun meninggal karena dibakar hidup-hidup oleh masyarakat. Namun ternyata, sosok menakutkan itu masih sering memburu dan menghantui anak-anak di dalam mimpi.

15. THE HUSH

Film THE HUSH bercerita tentang seorang penulis tuli yang pindah ke dalam hutan. Dia sengaja menyendiri dan berjuang untuk hidup. Namun, suatu hari ada pembunuh bertopeng yang muncul di jendela rumah secara misterius. Karena jauh dari pemukiman, dia pun harus melawan psikopat itu sendirian. Situasi menegangkan tersebut masih ditambah adegan jump scare yang dijamin bikin kalian terlonjak ketakutan. Wajar jika akhirnya film ini masuk ke dalam daftar rekomendasi film horor terseram yang perlu kalian tonton.

16. THE RING

Tak hanya layak masuk ke rekomendasi film horor terbaik, film ini juga bisa dikatakan sebagai horor terseram. Kalian jelas akan tegang saat melihat adegan hantu Sadako yang keluar dari dalam sumur dan bisa mendatangi orang yang sedang menontonnya di televisi. Adegan ikonik ini dijamin akan melekat di kepala setiap penontonnya. Saking fenomenal dan seramnya, film horor campuran asal Jepang ini pun dibuat versi Hollywood-nya pada tahun 2002, dan ada pula The Ring Two (2005) dan Rings (2017).

17. PEREMPUAN TANAH JAHANAM

Bicara soal rekomendasi film horor terbaik dan terseram, tentu tak boleh melupakan para sineas tanah air. Kalian bisa menonton film PEREMPUAN TANAH JAHANAM yang akan bikin kalian tegang. Secara garis besar, film ini berkisah tentang dua gadis kota yang pulang ke kampung halamannya. Mereka pulang karena ingin mendapatkan warisan. Namun, siapa sangka mereka justru menghadapi banyak adegan mistis yang terus mengintai.

18. SUZZANNA: BERNAPAS DALAM KUBUR

Siapa yang tak kenal sosok Suzzanna? Dia adalah bintang film horor Indonesia yang sudah menghasilkan banyak karya. Bahkan, setelah meninggal, film yang sempat dia bintangi pun dibuat remake dengan riasan aktris yang mirip dengan wajahnya. Oleh karena itu, film SUZZANNA: BERNAPAS DALAM KUBUR jelas harus masuk ke dalam daftar rekomendasi film horor terbaik yang tak boleh dilewatkan.

19. ASIH

Kalian sudah menonton film DANUR? Nah, film ASIH merupakan spin off dari film DANUR. Ceritanya diambil dari latar waktu 37 tahun sebelum cerita Danur dimulai. Dikisahkan bahwa Ita, ada seorang istri yang terpaksa melahirkan bayi perempuan lebih awal dari perkiraan. Bidan pun memperingatkan Ita untuk waspada terhadap makhluk gaib selama 40 hari ke depan. Pada saat itu, santer terdengar kabar bahwa arwah Asih yang tak tenang mengincar bayi-bayi baru lahir untuk mengganti anaknya. Bagaimana, tertarik untuk menontonnya?

20. PENGABDI SETAN

Rekomendasi film horor terseram selanjutnya adalah PENGABDI SETAN. Film ini berhasil memenangkan banyak piala dalam FFI 2017. Secara garis besar, cerita di dalamnya mengisahkan seorang anak bernama Rini untuk membuat sang ibu sembuh dari sakit.

Sayangnya, Rini malah menemukan sang ibu meninggal dunia. Dan kematian itu malah menjadi awal mula teror yang menghantui keluarganya. Mereka didatangi sosok yang menyerupai mendiang ibunya dan masih banyak kejadian menyeramkan yang akan disuguhkan.

Itulah beberapa rekomendasi film horor terseram terbaik yang bisa kalian tonton. Bukan hanya bisa membuat kalian merinding, film ini juga bisa memicu jantung kalian. Selamat menonton.


REKOMENDASI
TRENDING