Sutradara 'WONDER WOMAN' Peringatkan Ancaman Kepunahan Bioskop

Minggu, 18 Oktober 2020 07:27 Penulis: Editor KapanLagi.com
Sutradara 'WONDER WOMAN' Peringatkan Ancaman Kepunahan Bioskop Twitter.com/@PattyJenks, diambil pada Kamis, 15 Oktober 2020

Kapanlagi.com - Patty Jenkins, sutradara film WONDER WOMAN mengatakan bahwa bioskop sedang mengalami ancaman kepunahan. Hal ini ia katakan setelah melihat bioskop di Inggris mengalami kesulitan secara finansial karena banyaknya film yang ditunda. Dan juga protokol kesehatan yang membatasi jumlah penonton, serta sedikitnya film besar yang dapat menarik penonton untuk datang ke bioskop menambah daftar panjang derita bioskop di era pandemi sekarang ini.

Pernyataan Asosiasi Pemilik Bioskop Nasional di Amerika Serikat yang mengatakan 69% bioskop kecil dan menengah telah bangkrut atau harus tutup secara permanen, memperkuat pernyataan Patty Jenkins. Ia sangat menyayangkan hal ini karena Amerika Serikat adalah penyumbang angka penjualan film tertinggi, disusul dengen China.  “Jika terus-menerus menutup bioskop, tidak akan ada cara untuk mengembalikan kepopulerannya” ungkap Patty.

1. Bernasib Seperti Industri Musik

Kepunahan yang dimaksud adalah kebiasaan penonton yang dahulu suka datang ke bioskop akan beralih memilih streaming karena penutupan bioskop saat ini.  Secara tidak langsung hal itu akan membuat bioskop harus gulung tikar. Penutupan bioskop secara terus menerus kata Patty Jenkins juga akan membuat studio film Hollywood berhenti berinvestasi untuk membuat film di bioskop dan berubah menjadi digital.

Hal sama yang terjadi pada bidang musik. Dahulu para seniman musik berkarya dan berinvestasi dengan mengadakan konser dan menjual cd album fisik. Kini industri musik sudah beralih ke platform digital, dengan menjual album melalui platform musik digital seperti Spotify, Joox, Apple Music, dan platform video digital seperti Youtube dimana mereka bisa meluncurkan video klip serta melakukan konser online.

Industri film pun sudah memasuki era tersebut kata Patty. Banyaknya film Hollywood yang gagal tayang di bioskop tahun ini mencari cara agar tetap tayang tahun ini, dan platform digital adalah jawabannya. Film MULAN milik Disney misalnya, yang seharusnya tayang 25 Maret 2020 di bioskop akhirnya berpindah tayang melalui Disney+ pada 5 September 2020.

Wonder Woman Akan Tetap Tayang di BioskopWonder Woman Akan Tetap Tayang di Bioskop

Namun ia dapat memastikan film WONDER WOMAN 1984 akan tetap tayang di bioskop. Baginya tidak akan ada alasan untuk WONDER WOMAN 1984 tayang secara digital. Film superhero yang dibintangi Gal Gadot ini direncanakan hadir di bioskop pada 25 Desember 2020, setelah sebelumnya tertunda 6 bulan dari tanggal tayang yang ditentukan.

2. Trend ‘Menunda’ Masih Banyak Dipilih

Tidak hanya WONDER WOMAN 1984 saja yang menunda jadwal tayang, judul-judul besar pun melakukan hal yang sama. Minggu lalu, JAMES BOND: NO TIME TO DIE juga mengumumkan bahwa filmnya akan mundur tayang ke April 2021 setelah sebelumnya dijadwalkan tayang pada November 2020.

Studio film Warner Bros pun melakukan hal yang sama. Film daur-ulang DUNE dan film superhero THE BATMAN miliknya dipastikan mundur dari jadwal tayang yang telah ditentukann.

Banyaknya bioskop yang belum stabil, jumlah penonton yang dibatasi sesuai dengan protokol kesehatan, ditambah dengan banyaknya angka peretasan film secara illegal membuat  studio film Hollywood memilih untuk menunda jadwal tayang film mereka daripada terburu-buru dan menayangkannya secara online.

Penulis: Iqbal Laduni

 

 

 

(kpl/mag)


REKOMENDASI
TRENDING