Gagal Jadi Lukisan Termahal, Lukisan Andy Warhol Laku US$71,7 Juta

Kamis, 17 Mei 2007 20:12 Penulis: Yunita Rachmawati
Kapanlagi.com - Sebuah lukisan karya artis pop Amerika, Andy Warhol, terjual dengan harga 71,7 juta dolar atau sekitar Rp640 miliar pada lelang di New York, Rabu (16/5) jelang tengah malam.

Harga tersebut dengan mudah menumbangkan rekor harga karya Warhol sebelumnya. Warhol selama ini dikenal sebagai artis Amerika yang menjadi tokoh sentral dalam gerakan yang dikenal sebagai seni pop.

Lukisan tahun 1963 itu, Green Car Crash (Green Burning Car I), gagal menciptakan rekor sebagai karya pasca-perang termahal yang pernah terjual dalam pelelangan, menyusul rekor harga yang tercipta Selasa (15/5), ketika sebuah lukisan karya Mark Rothko terjual dengan nilai 72,8 juta dolar.

Karya Warhol ini, berupa lukisan sebuah mobil terbakar dalam keadaan terbalik, berasal dari seri Death and Disater. Sebelumnya lukisan ini diperkirakan hanya akan laku antara 25 juta hingga 35 juta dolar saja.

Lukisan ini, yang telah berada dalam koleksi yang sama selama 30 tahun terakhir, mengungguli rekor karya Warhol yang tercipta tahun lalu di New York, saat lukisannya yang bertajuk Mao dibeli seorang miliarder Hongkong dengan harga 17,4 juta dolar.

(*/boo)


REKOMENDASI
TRENDING