HOLLYWOOD

Karl Malden Tutup Usia

Kamis, 02 Juli 2009 10:15 | 

Michael Jackson






Kapanlagi.com - Baru saja Hollywood berduka karena kehilangan dua seniman hebatnya, Michael Jackson dan Farrah Fawcett, kini kabar duka kembali harus dikumandangkan. Aktor gaek peraih Oscar Karl Malden akhirnya menghembuskan nafas terakhirnya pada usia 97 tahun.

Karl Malden yang terkenal karena hidungnya yang berbeda dan berperan sebagai lawan Marlon Brando di dalam A STREETCAR NAMED DESIRE dan ON THE WATERFRONT diumumkan telah meninggal hari Rabu (01/07) kemarin.

Meninggalnya Malden diumumkan oleh Academy of Motion Pictures Arts and Sciences (AMPAS), tempat ia menjadi presidennya dari 1989 sampai 1992.

Satu pernyataan yang dikeluarkan oleh Academy tersebut menyatakan aktor itu meninggal di rumahnya dan dikelilingi oleh anggota keluarganya. Tak ada keterangan mengenai penyebab kematiannya.

Aktor yang dilahirkan dengan nama Malden Sekulovich di Chicago pada 1912 dari ayah berkebangsaan Serbia dan ibu Cheska itu adalah anak tertua dari tiga bersaudara dan tumbuh di Gray, Indiana.

Ia kian mencintai dunia akting setelah tampil secara rutin di dalam drama sekolah dan produksi yang dilakukan oleh ayahnya di satu gereja setempat.

Malden bekerja di pabrik baja Gary selama tiga tahun dari 1931 sampai 1934, sebelum menerima beasiswa di Goodman Theater, Chicago.

Seorang mahasiswa lain peraih beasiswa, Mona Greenberg, menjadi istrinya pada 1938. Pasangan tersebut merayakan ulang tahun perkawinan mereka yang ke-70 tahun lalu.

Setelah menikah, Malden menekuni karir gemilang di Broadway, dan tampil di berbagai produksi kenamaan seperti karya Arthur Miller, ALL MY SONS, dan karya Tennessee William, A STREETCAR NAMED DESIRE.

Selama masa itu, ia mengembangkan kerja sama kerja dan persahabatan seumur hidup dengan sutradara Elia Kazan serta sesama bintang Marlon Brando.

Penampilan Malden sebagai Mithc di dalam STREETCAR membuat dia meraih Academy Award untuk Aktor Pendukung Terbaik pada 1951, dan ia meraih penghargaan lain untuk kategori yang sama karena berperan sebagai Pendeta John di ON THE WATERFRONT.

Setelah pindah ke Los Angeles pada 1959 untuk meniti karir di dunia film, Malden bermain dalam beberapa film termasuk ONE-EYED JACKS, THE CINCINNATI KID, BIRDMAN OF ALCATRAZ, dan PATRON.

Pada 1970-an, Malden beralih ke televisi, dan membintangi serial populer THE STREETS IN SAN FRANCISCO, yang memperkenalkan Michael Douglas.

Douglas memuji Malden sebagai mentornya sejak itu.

"Saya orang yang gila kerja," Malden pernah berkata.

"Saya mencintai setiap film yang saya perankan, bahkan film yang jelek, karena saya mencintai pekerjaan saya. Itu lah yang membuat saya terus bergerak," katanya.    (kpl/npy)


Nama :
Email :
Komentar :
Komentar yang tidak sopan akan dihapus.

Komentar Pembaca (0)


Lihat Arsip Hollywood

- - -