Lukisan Karya Andy Warhol Diperkirakan Laku Senilai US$35 Juta

Selasa, 10 April 2007 19:23 Penulis: Yunita Rachmawati
Kapanlagi.com - Lukisan karya Andy Warhol yang bertajuk 'Green Car Crash' atau 'Green Car Burning I' , diperkirakan akan terjual dengan rekor harga 25 hingga 35 juta dolar untuk karya seniman itu, kata balai lelang Christie's, Senin (9/4).

Karya seni itu merupakan bagian dari seri awal 'Death and Disaster' milik Warhol yang akan dilelang pada 16 Mei mendatang, lapor DPA yang mengutip Christie's.

Hingga saat ini, harga tertinggi untuk karya Warhol adalah 17,4 juta dolar yang dibeli miliarder Hongkong, Joseph Lau, pada Nopember 2006 untuk lukisan biru 'Mao' produksi 1972.

Warhol meninggal dunia secara tak terduga pada 1987 setelah menjalani operasi kantong empedu di sebuah rumah sakit New York.

Lukisan 'The Green Car Crash' menggambarkan rongsokan mobil yang penuh asap akibat terbakar, dengan seorang pria bergantung pada sebuah tiang di dekatnya dan seorang pejalan kaki dengan tangan di dalam saku menyaksikan kejadian tersebut tanpa peduli.

Karya itu sudah menjadi koleksi pribadi selama lebih dari tiga dasawarsa dan merupakan salah satu dari tiga lukisan penting pasca-perang dunia yang akan dilelang pada musim semi ini.

Dua lukisan lainnya itu akan dilelang, yakni lukisan potret 'Paus 1962' karya Francis Bacon yang diperkirakan akan terjual 30 juta dolar dan lukisan potret 'David Rockefeller' karya Mark Rothko pada 1950 yang nilainya mencapai 40 juta dolar.

(*/boo)


REKOMENDASI
TRENDING