Om Telolet Om, Ini Sensasi Caper ke Supir Bus Hingga Artis Dunia

Rabu, 21 Desember 2016 15:58 Penulis: Ahmat Effendi
Om Telolet Om, Ini Sensasi Caper ke Supir Bus Hingga Artis Dunia Om Telolet Om ©Istimewa

Kapanlagi.com - Bunyi klakson telolet memang unik, suaranya yang keras bisa jadi sangat mengagetkan. Namun sensasi rasa kaget dan lucunya suara telolet membuat banyak orang tertawa ketika mendengarnya. Hal itu memicu menjamurnya para pemburu telolet dari bus-bus besar yang melintas.

Klakson telolet sendiri awalnya berasal dari negara Arab, dan biasanya dipasang untuk mengusir hewan terutama unta yang tengah melintas di jalan. Kini klakson tersebut banyak terpasang di bus besar yang ada di Indonesia.

Sekitar bulan Mei 2016, beredar pemberitaan tentang anak-anak kecil pemburu klakson telolet. Mereka berdiri di tepi jalan dan biasanya sambil membawa smartphone untuk merekam bus yang diminta membunyikan klakson bersuara lantang tersebut.

Ternyata di akhir tahun 2016 ini tagline om telolet om berkembang dengan jauh lebih viral. Para pemburu telolet ternyata bukan hanya anak-anak, namun juga orang-orang dewasa di pinggir jalan. Tagline seru tersebut lantas dibawa netizen Indonesia ke seluruh dunia.

Lantas mengapa tagline Om Telolet Om ini bisa begitu viral? Jika ditelisik hal ini karena inti dari kata 'Om Telolet Om!' adalah meminta perhatian. Para pemburu telolet yang berada di pinggir jalan begitu mengharapkan bus yang melintas melihat mereka dan membunyikan klakson telolet.

Ketika permintaan itu dikabulkan oleh supir bus, suara telolet yang begitu keras dan lucu membuat mereka gembira. Hal yang sama juga berlaku di sosial media, netizen Indonesia menunjukkan kekompakan mereka untuk di-notice oleh selebriti dunia.

Akun sosial media dari nama-nama terkenal dunia mulai dari DJ internasional, bintang hollywood, bintang bollywood, selebriti Korea, hingga atlet olahraga dibanjiri dengan komentar 'Om Telolet Om'. Ketika akhirnya komentar itu dinotice, sama seperti efek dari klakson telolet, hal itu menghadirkan euforia dari netizen.

BUN UP THE TELOLET

A video posted by Dillon Francis (@dillonfrancis) on Dec 20, 2016 at 5:30pm PST

Beberapa selebriti dunia yang akhirnya menuruti netizen ada Zedd, DJ Snake, Dillon Francis, Marshmello, 5 Seconds of Summer, Oliver Heldens, hingga Firebeatz. Dengan viralnya komentar Om Telolet Om, mereka sempat membahas hal yang sama di sosial media.

Om Telolet Om artis dunia. Š istimewaOm Telolet Om artis dunia. Š istimewa

Tak hanya itu, Firebeatz, Dillon Francis dan Skrillex bahkan membuatkan lagu singkat tentang Om Telolet Om dan dishare melalui sosial media mereka. Sementara 5 Seconds of Summer menshare video editan dari netizen ketika mereka seolah meminta telolet di pinggir jalan.

Ketika ditelusuri kembali sebenarnya kekompakan netizen untuk mendapatkan 'telolet' dari bintang dunia ini terjadi hampir di semua sosial media. Mulai dari instagram Taylor Swift, Selena GomezKim Kardashian, Zayn Malik, Shahrukh Khan, Song Hye Gyo, Kiko Mizuhara, G Dragon dan banyak nama terkenal lain juga dibanjiri komentar yang sama.

Nama terkenal yang tidak berasal dari dunia hiburan misalnya pesepakbola Cristiano Ronaldo, Presiden Donald Trump, hingga klub sepakbola seperti Juventus dan Real Madrid juga kebanjiran komentar Om Telolet Om. Meski tak semua akun merespon dan ada juga yang jengkel seperti DJ Alesso, yang tak disangka adalah ternyata Om Telolet Om bisa jadi kata yang powerful untuk mendapatkan perhatian bintang dunia. Well, dari supir bus hingga bintang dunia, OM TELOLET OM!

(kpl/sjw)

Editor:

Ahmat Effendi

REKOMENDASI
TRENDING